8 Hal Ini Berpengaruh Terhadap Besar Kecilnya Payudara Wanita

0 117

Setiap makhluk memiliki karakteristik masing-masing yang beraneka ragam. Salah satu karakteristik tersebut di antaranya adalah payudara pada hewan mamalia dan manusia. Payudara adalah organ tubuh bagian atas pada mamalia. Terbentuk dari lemak, jaringan ikat, dan kelenjar air susu pada mamalia betina.

Kelenjar Air susu berfungsi untuk memompa air susu, terdapat pula lobus, lobulus, saluran ASI, dan kelenjar getah bening. Kelenjar susu juga berfungsi untuk menghasilkan air susu sebagai nutrisi bagi bayi. Lobus merupakan bagian yang dapat memproduksi ASI yang terdiri dari beberapa lobulus, setiap lobus terdiri dari 15-20 bagian.

Jaringan payudara terbentuk sejak awal kehidupan janin, yaitu minggu ke 4 yang berkembang bersamaan dengan dua saluran susu yang berawal dari ketiak serta mengalami perkembangan pesat pada saat pubertas. Selain itu pada payudara terdapat pembuluh darah bersama arteri dan kapiler mengalirkan darah yang berisi oksigen dan nutrisi pada jaringan payudara. Jaringan ikat dan ligamen yang terdapat pada payudara memnendukung berat dan bentuk payudara, sedangkan lemak menentukan ukuran payudara. Terdapat pula saraf yang berfungsi memberikan sensasi pada payudara.

Payudara memiliki hubungan lain selain dengan fungsinya untuk menyusui yaitu payudara sebagai karakteristik seks sekunder memiliki peranan penting bagi manusia dalam daya tarik bagi pasangannya. Ukuran payudara perempuan yang besar cenderung lebih disukai oleh laki-laki, namun ukuran payudara ini dipengaruhi beberapa hal diantaranya:

1. Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, payudara yang berisi kelenjar, lemak, dan saluran akan mengendur. Ligament cooper (urat yang mempertahankan bentuk payudara) akan melemah karana payudara adalah organ yang sangat dinamis dan elastis. Untuk mengurangi pengenduran tersebut dapat dilakukan pjiatan-pijatan khusus pada payudara, sehingga aliran darah pada payudara tetap stabil dan menjaga kekencangan payudara.

2. Masa Kehamilan dan Menyusui

Selama masa kehamilan dan menyusui ukuran payudara menjadi besar dengan stimulasi hormon estrogen, warna areola disekitar puting menjadi lebih gelap hal ini disebabkan karena jaringan-jaringan yang terdapat pada payudara memproduksi ASI untuk menyusui. ASI yang dihasilkan bergerak melalui saluran duktulus yang kemudian keluar melalui puting. Meskipun bentuk dan ukuran payudara berbeda kualitas ASI setiap perempuan tetaplah sama tergantung dari asupan nutrisi makanan yang dikonsumsi.

3. Menstruasi

Hormon progesteron meningkat pada saat menstruasi, hal ini menyebabkan perubahan pada ukuran payudara. Terkadang ada benjolan dan puting timbul atau lebih besar menyertai perubahan ukurannya.

4. Keturunan

Faktor keturunan adalah faktor paling kuat mempengaruhi ukuran dan bentuk payudara. Bukan hanya faktor keturunan dari ibu melainkan faktor genetika dari ayah juga bisa mempengaruhi ukuran payudara.

5. Olahraga

Beberapa olahraga dapat membentuk payudara menjadi lebih busung dan naik sehingga membentuk otot dada yang menjadi dasar jaringan payudara. Yoga dan ayurvedic menjadi salah satu olahraga favorit dalam membentuk payudara, selain itu untuk menjaga kesehatannya dengan berenang,bersepeda,  dan jogging.

6. Penggunaan Bra

Bra menjadi hal penting dalam menopang bentuk dan ukuran payudara. Bra yang baik bagi kesehatan payudara adalah bra yang sesuai dengan ukuran payudara, jika sedari kecil sudah dibiasakan mengunakan bra yang tepat maka bentuk payudarapun akan lebih indah.

7. Rokok

Nikotin yang terkandung dalam rokok akan mempercepat proses penuaan pada kulit, tidak hanya kulit wajah melainkan kulit payudara juga.

8. Aktivitas Seksual

Payudara menjadi karakteristik seks sekunder, sudah barang tentu payudara menjadi hal yang penting dalam aktivitas seksual. Lamanya dan teknik memainkan payudara saat berhubungan mempengaruhi bentuk dan ukuran payudara.***Intan Nurazizah Isalmi


intan-nurazizah-islami Intan Nurazizah Islami atau yang lebih dikenal dengan nama Mozza. Lahir di Kabupaten Ciamis,  21 Oktober 1993. Anak pertama dari dua bersaudara dari pasangan  Imas Nuraeni dan Endin Nurdin. Sosok periang ini sangat mudah bergaul, mudah kenal dengan orang baru, Setelah lulus kuliah 2015, kini ia bekerja di bagian Biro Perbankan PT. Nusa Indah Pratama yang bergerak pada bisnis properti. Karena Menulis sudah menjadi Hoby, ditengah kesibukannya pun tetap Aktif menulis di Lyceum Indonesia

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.