8 Kiat Khusus Untuk Kamu Pejuang Skripsi Agar Stres dan Putus Asa Hilang

0 245

Ngobrolin skripsi, tentu bukanlah hal yang aneh lagi bagi mahasiswa tingkat akhir. Tidak sedikit dari kamu yang dibuat pusing oleh si tugas yang satu ini. Bayangkan saja, dimulai dari penyusunan proposal yang di tolak terus, capeknya memilih judul penilitian, sampai kejar-kejaran sama dosen pembimbing. Tentu masih banyak lagi hal-hal yang di luar dugaan keribetannya.

Bukan hanya itu, orangtua yang harap-harap cemas, menunggu tibanya hari kelulusanmu juga semakin membuat kamu merasa tertekan. Tidak heran jika stres mudah sekali datang pada mereka si pejuang skripsi ini. Nah untuk menghindari diri kamu merasa stres dan putus asa karena skripsi, Cobalah tips sederhana berikut ini:

1. Cobalah Hibur Diri dulu, Karena ini penting dan Perlu

Tenaga dan pikiran tentu butuh istirahat. Simpan energimu untuk hal-hal yang kamu prioritaskan. Tentu usahakanlah jangan sampai skripsi jadi beban tersendiri. Caranya saring dan pilih masalah sesuai prioritas, yang dikira mudah dulu. Lalu setelah itu, berikan waktumu sedikit hiburan. Karena berkutat setiap saat didepan laptop pasti akan sangat membosankan. Jadi, cobalah untuk pergi sebentar keluar, tenangkan diri dari tekanan skirpsi. Dengan begitu, pikiranmu pasti akan jauh lebih baik.

[irp posts=”2189″ name=”Lima Cara Tepat dan Cepat Membuat Skripsi”]

[irp posts=”19018″ name=”Cara Membuat Latar Belakang Masalah dalam Proposal Penelitian”]

2. Daur ulang Bacaan kamu, itung-itung Membaca untuk Mengistirahatkan

Sebenarnya bagi kamu yang suka membaca tentu memiliki banyak referensi. Salah satu alternatifnya, melihat kembali bacaan-bacaan yang belum sempat terselesaikan. Sebenarnya, membaca bisa jadi salah satu kegiatan yang menyenangkan ditengah-tengah kesibukanmu. Karena berkutat terus dengan ketikan yang tidak memiliki referensi akan pusig sendiri. Akhirnya, kamu perlu meluangkan waktu sejenak untuk mengistirahatkan pikiran, sembari membaca. Lalu, mulai kembali mengerjakan skripsimu dengan semangat baru dan referensi segudang.

3. Ada Baiknya Mengerjakan skripsi sambil Mendengarkan Musik yang Kamu Suka

Karena mendengarkan musik bisa membuat pikiran tenang, mengurangi kegelisahan dan beban. Terlebih jika kamu mendengarkannya di tempat yang bisa menghadirkan suasana baru. Mendengarkan musik kesukan ternyata juga dapat mengembalikan mood yang down. Ini perlu di coba ketika kamu mulai lelah mengerjakan tugas skripsi.

4. Atur Pola Tidur, Lalu Biasakan Bangun Pagi

Yang satu ini rupanya sering banget terabaikan, alih-alih mengejar target selesai namun mengabaikan pola tidur. Menyusun skripsi memang ribet dan rumit. Tetapi,  lebih rumit jika pola tidur tidak teratur.  Maka dari itu, sering kali para pejuang skripsi ini mendadak seperti kalong, kalau ayam belum berkokok masih saja berkutat didepan laptop. Padahal, Kalau terus dibiarkan seperti itu, kadar stres kalian bukannya hilang, tapi malah semakin menjadi-jadi. Nah, jadi Cobalah sekali-kali usahakan untuk tidur teratur agar bisa bangun pagi dengan fresh.

6. Cobalah Lakukan Olah Raga Untuk  Menambah semangat Sebagai Pejuang Skripsi

Jangan olah raga, Si doi aja kadang diabaikan. Saking sibuknya kamu dipaksa tidak punya waktu untuk berolahraga. Padahal seperti yang kita tahu, olah raga itu sangat penting. Nah, buat kamu yang gak mau ribet, kamu bisa mencoba meditasi. walaupun ini terbilang sederhana, namun cara ini ampuh dalam membuatmu menjadi lebih rileks dan tenang. Perlu soabt ingat, mengerjakan skripsi bukan tentang siap dan tidak siapnya. Namun, suatu kewajiban yang harus kamu selesaikan. Jadi sebaiknya, kalian jangan dibiasakan uring-uringan, karena sesungguhnya masalah itu ada untuk menguatkan.

7. Buat Dirimu Senyaman Mungkin di tempat kamu mengerjakan skripsi

Dalam masalah seperti ini, kamu jangan terlalu banyak menyalahkan keadaan, apalagi menyalahkan orang lain atau bahkan menyalahkan diri sendiri. Penyusunan skripsi memang tidaklah mudah, butuh proses yang terkadang melelahkan. Inilah prosesnya, akan ada yang namanya hambatan-hambatan yang terjadi yang membuat kamu tidak ingin melanjutkan skripsimu, bahkan sampai putus asa. Apalagi, jika kamar yang kotor dan tidak rapi malah akan membuatmu tidak nyaman. Cobalah untuk rajin-rajin membersihkan, agar rapi dan enak dilihat. Suasana yang nyaman akan membantumu mendapatkan ide-ide yang baru.

8. Cobalah Luangkan Waktu Bersama Keluarga Karena Saran Mereka itu penting

Dalam kementokan skripsi yang akut, ternyata ada kesalahan yang kadang terabaikan. Ya keluarga,, perlu kamu ketahui, keluarga memegang peranan penting di hidupmu. Artinya, apa yang sedang kamu kerjakan tentu butuh bantuan mereka juga. Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu berkumpul bersama keluarga, menceritakan keluh kesahmu selama mengerjakan skripsi. Banyak harapan datang dari orang-orang terdekat, sama halnya dengan harapan dari keluargamu. Namun, ini semua tentang dirimu, dan pastinya kamu ingin memenuhi harapan-harapan tersebut.

Skripsi memang memegang peran penting dalam perjalanan kuliah kamu, tapi ada baiknya di pertimbangkan kembali saran di atas dalam proses mengerjakan skripsi kalian. Ingat Skripsi bukanlah segala-galanya buat kamu, jangan pernah mengabaikan yang penting selain skripsi tersebut. [Ali Alamsyah]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.