8 Tempat Wisata di Singapura, Yang Menjadi “Syurga” Cukong Dunia

8 Tempat Wisata di Singapura, Yang Menjadi "Syurga" Cukong Dunia
0 41

Negara Kota di Asia, yang sering disebut sebagai Syurga para cukong dunia ini, baru merdeka pada tanggal 09 Agustus 1965. Sebelumnya, ia merupakan negara bagian dari Malaysia. Proses kemerdekaannya sendiri terjadi karena adanya perbedaan pandangan yang tajam dalam pengelolaan masyarakat minoritas China dengan masyarakat Melayu yang ada di negara Bagian Malaysia-Singapura tentu saja.

Kamu tahu asal kata Singapura? Ia berasal dari  Bahasa Sangsekerta  yakni “Singa” dan “Pura”.  Artinya, ya Kota Singa.  Negara ini menganut system Republik. Luas negara ini sangat kecil. Ia, hanya memiliki 699 KM2, itupun diperoleh melalui program reklamasi pantai yang dilakukan sejak tahun 1960-an. Tetapi ingat lho … Luas wilayah yang hanya sebanyak itu, dihuni oleh kurang lebih 4.608 167 jiwa yang 77,3 persen beretnis China. Selebihnya Melayu 14,1 %, India dan Pakistan 7,3% dan etnis lain 1,3 % . Jadi wajar, kalua negara ini sering disebut sebagai negeri terpadat di dunia.

Negara yang sering disebut-sebut sebagai impian berkunjung wisatawan dunia ini, sejatinya tidak memiliki potensi SDA yang baik. Namun karena mereka menetapkan diri sebagai negara-Kota perdagangan dan pariwisata, maka, negara kecil ini, selalu memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dibandingkan dengan negara tetangganya di Asia Tenggara.

Di luas tanah yang 699 KM2ini, ke mana saja kita dapat mengunjungi tempat wisata di Singapura. Tempat wisata di Negara Kota ini, anda dapat berkunjung ke tempat sebagai berikut:

Museum Sains (Art Science Museum)

Museum Sains (Art Science Museum)
Museum Sains (Art Science Museum)

Museum Sains dan Seni yang oleh pendirinya disebut dengan nama Art Science Museum. Tempat ini, terletak di Marina Bay Sand. Inilah kumpulan atau Galery seni dan Ilmu Pengetahuan Singapura. Ingin tahu gedungnya kaya apa? Ia mirip seperti tangan yang sedang terbuka.

Jika anda bertanya, mengapa Begitu? Filosofinya ternyata, bangsa ini, sejak memerdekan diri ingin menjadi negara terbuka bagi wisatawan manapun di dunia. Mereka sadar, tidak mungkin hidup tanpa memiliki sikap terbuka akan kedatangan wisatawan asing.

Tema yang selalu diangkat dalam museum ini adalah: Nature, Town, Park and Space. Jangan kaget ya …!!  di Area yang luas itu Ternyata ada salah satu bangunan yang arsitekturnya Ridwan Kamil ( Wali Kota Bandung) loh…!!

Wisata Kuliner Singapura

Jika anda ingin wisata Kuliner, Singapura menyajikan sejumlah tempat makan yang terpilih dengan kualitas rasa terbaik. Tidak selalu harus merogoh uang banyak jika anda rela makan di kaki lima. Tidak perlu malu. Cita rasa makanan di Kaki Lima juga sama dengan makanan yang terdapat di tempat-tempat yang mewah.

Jika nasib ekonomi anda baik dan anda ke sana banyak orang yang bareng, bagus juga kalau anda mencoba masuk ke Kafe. Kafe di Singapura  unik banget lho. Kamu bisa masuk ke Hello Kitty Café yang bernuansa all about Hello Kitty, Nox Dine yang nyentrik dengan konsep dine in the dark (makan dan minum di tempat yang gelap). Pecinta Kopi yang ngopi-lah di Forty Hands Café. Masih soal Kafe, kamu juga bisa masuk ke restoran dengan menu yummy. Nama Kafenya The Library atau The Study di Keong Saik Street.

Barang Mewah Berharga Loak

Square Central di Cross Street Singapura
Square Central di Cross Street Singapura

Jika kamu pelajar atau mahasiswa, bagus juga tuch kalua pasar loak mingguan China untuk membeli buku dan souvenir. Harga-nya dijamin murah. Tempatnya ya di mana lagi kalua bukan Square Central di Cross Street. Jika bekal kamu masih cukup, bolehlah kamu membeli rekaman, komik, dan jam tangan.

Di situ juga kamu dapat masuk ke Market of Artist and Designers (MAAD) di Red Dot Design Museum, Maxwell Road, yang diadakan setiap bulan, tepat pada hari Kamis minggu pertama atau kedua dari jam 5 sore sampai tengah malam. Khusus untuk barang loak sejenis kreasi seni original, dapat berkunjung ke Zouk Flea & Easy di Zouk, 17 Jiak Kim Street, yakni pasar loak trendi pertama di Singapura yang diiringi musik dan “dihiasi” barang jualan tradisional Asia yang sudah langka.

Photo-photo Kenangan

Anda yang suka Selfy dengan maksud untuk mengabadikan perjalanan anda, kamu bisa masuk ke lokasi foto yang instagramable. Di situ kamu bisa masuk ke kawasan-kawasan yang punya view bagus. Misalnya aja ke Haji Lane –sebuah jalan kecil– yang dihimpit bangunan ruko yang usianya lebih dari satu abad. Ia tempat yang terkenal sebagai kawasan untuk berbelanja.

Dari situ, kamu juga bisa ke Tiong Bahru, kawasan perbelanjaan sekaligus pemukiman yang epik. Selain belanja, makan, atau nongkrong di restoran atau kafe di sini, kamu bisa foto-foto. Soalnya spot-spot di sini asyik-asyik semua. Misalnya aja spot di dalam restoran atau kafe di kawasan ini seperti Tiong Bahru Bakery, ke pusat seni Grey Projects, atau di area bangunan di Tiong Baru yang arsitekturnya unik Nggak percaya, coba saja

Wisata Pacuan Adrenalin di iFly Singapura

sky diving indoor iFly Singapura
Tantang Adrenalin Sky diving indoor di iFly Singapura

Anda yang suka tantangan, jika butuh untuk memacu adrenalin, Cobain lho ya main sky diving indoor dan terowongan angin terbesar pertama di dunia. Tempatnya di iFly. Di sini kamu bakal “diempas” angin dengan kekuatan 300 kilometer/jam! Nggak cukup sama iFly, kamu bisa cobain G-Max Reverse Bungy.

Ini adalah wahana ekstrem yang bikin jantungmu benar-benar berpacu cepat. Dengan tali bungy sepanjang 35 meter yang terpasang di dua ujung menara dan sebuah kapsul di tengah yang memuat tiga orang, kamu dan temenmu akan dilempar sejauh 60 meter ke udara sekencang mungkin.

Wisata Budaya Singapura

Anda yang suka dengan aspek budaya, bagaimana? Kamu nggak akan kecewa datang ke Singapura. Kamu tinggal dating ke Chinatown Heritage Centre merupakan museum dengan spirit menghidupkan kembali masa lalu para imigran China di Singapura pada tahun 1950-an.

Bangunan Chinatown Heritage Centre sendiri adalah bangunan tiga rumah yang ada di Pagoda Street. Gambar, cerita, dan artefak sejarah di sini membantu menggambarkan kehidupan imigran Tionghoa saat mereka berjuang memenuhi kebutuhan selama tahun-tahun pertama mereka hidup di Singapura.

Refreshing Bersama Pasangan

Jika kamu butuh bersantai atau refreshing bersama pacar kamu atau keluarga kamu, datang ya jangan lupa ke Marina Barrage. Marina Barrage adalah sebuah waduk atau bendungan modern, bertatanan artistik. Dengan menggunakan berteknologi tinggi yang berfungsi untuk membantu meringankan banjir di beberapa daerah dataran rendah dan memasok 10% dari kebutuhan air warga Singapura.

Dalam fungsi lainnya, Marina Barrage juga berfungsi sebagai tempat rekreasi. Jika kamu melihat lampu-lampunya di siang hari, ia malah menambah keindahan lokasi.

Wisata Ke Patung Singa (Merlion)

 Patung Singa (Merlion)
Wisata Ke Patung Singa (Merlion)

Untuk bertemu dengan Patung Singa yang menjadi symbol Singapura, ke mana nich kita berkunjung? Ya tinggal dating saja Merlion. Nggak sempurna kalau kamu ke Singapura tidak berkunjung ke patung Merlion dan selfie di sana.

Ada tujuh titik spot patung Merlion di Singapura, yakni dua buah di Merlion Park, dua di kawasan Ang Mo Kio, satu di Sentosa Island, satu di Mount Faber, dan satu di kantor pusat Singapore Tourism Board (STB) yang berlokasi di Orchard Spring Lane.

Menurut aku, tempat wisata itu, keren. Jadi daripada suntuh, yang mending rekreasi aja tuch ke Singapura. ** Lelin Parlina Dewi

Komentar
Memuat...