Inspirasi Tanpa Batas

8 Tips Jitu Mengusir Tikus Selamanya Dari Rumah

0 1.687

Tikus merupakan hewan yang sangat menggangu jika masuk ke dalam rumah. Barang-barang rumah tangga seperti kabel, pakaian dan sebagainya merupakan sasaran yang paling sering dirusak oleh tikus.

Ada beberapa cara yang sudah dikenal untuk mengusir dan membasmi tikus seperti racun tikus, perangkap tikus, dan pengusir tikus elektrik. Cara-cara tersebut mungkin efektif tetapi bukannya tak memiliki kelemahan. Racun tikus ini dapat membunuh binatang peliharaan Anda misalnya kucing, perangkap tikus juga terlalu merepotkan, dan pengusir tikus elektrik mungkin bisa memengaruhi makhluk hidup di sekitar rumah Anda, bahkan mungkin juga manusia.

tikus-tikus
tikus-tikus

Untuk itu diperlukan cara-cara yang lebih alami untuk mengatasi kelemahan cara-cara mengusir tikus konvensional seperti yang telah disebutkan.

Berikut beberapa cara membasmi dan mengusir tikus secara alami:

Jangkrik

Carilah jangkrik yang biasa digunakan untuk aduan yang dapat mengerik. Letakkan jangkrik di tempat yang biasa dilalui tikus seperti di kamar atau juga di dapur. Tikus-tikus tersebut tidak akan berani menghampiri tempat tersebut karena sifat tikus yang tidak nyaman jika berada dalam situasi dengan keramaian.

Kucing

Peliharalah kucing dalam rumah, terutama kucing jenis tertentu yang dapat memangsa tikus, jadi rumah Anda aman dari tikus. Juga Kucing merupakan musuh alami bagi tikus.

Mengkudu

Mengkudu
Mengkudu

Persiapkan tiga atau tempat buah mengkudu. Potonglah buah mengkudu tersebut menjadi beberapa bagian. Letakkan mengkudu itu di dalam wadah berisi potongan mengkudu di lokasi yang sering dilalui tikus. Nah, bau yang menyengat dari buah mengkudu ini akan membuat tikus pergi dari rumah.

Durian

durian
durian

Persiapkan dua atau tiga buah durian. Potonglah durian ini menjadi beberapa potong. Bagian yang enak, pastinya untuk dimakan isinya. Selanjutnya, letakkan potongan kulit durian tersebut di tempat yang sering dilalui tikus-tikus. Bau yang menyengat serta kulit yang berduri dari durian akan membuat tikus ini pergi dari rumah.

Minyak mint

Oleskan minyak yang dari daun mint pada selembar karton dan letakkan di berbagai lokasi yang biasa dilalui oleh tikus. Tikus tak akan datang lagi ke tempat tersebut karena tikus tidak menyukai bau mint.

Kapur barus

Hancurkan secara kasar saja beberapa buah kapur barus kemudian sebarkan di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus. Cara ini cukuplah efektif dan murah meriah. Tikus pergi, rumah Anda pun wangi.

Batang tanaman berduri tajam

Ada beberapa jenis tanaman baik berkayu maupun tidak yang berduri tajam, misalnya pelepah salak dan beberapa jenis batang tanaman hias yang memiliki duri. Letakkan beberapa potong tanaman khususnya yang berduri sangat tajam di tempat tikus biasa berkeliaran. Tikus akan segan melewati tempat itu karena sakit bila terkena duri tajam. (dhirga)

Komentar
Memuat...