8 Unsur Kesuksesan Bisnis Waralaba

0 258

8 Unsur Kesuksesan Bisnis Waralaba – Seperti dalam bisnis lainnya, waralaba juga memiliki kekhasan. Karenanya, kunci suksesnya juga memiliki sejumlah perbedaan dari bisnis yang lain meski memang ada beberapa kesamaan. Berikut ini adalah 8 unsur yang harus Anda diperhatikan jika Anda ingin bisnis waralaba Anda berkembang dan juga meraup untung.

8 Unsur Penting

  1. Produk yang bagus: Mereknya memiliki daya tarik dan juga kekuatan untuk mencoba, paling bagus yang sudah terkenal. Misalnya adalah Bread Talk yang sudah terkenal di negeri-negeri jiran sana.
  2. Pelatihan yang benar: Jika Anda telah membeli waralaba namun juga belum mengikuti pelatihan dengan benar atau meninggalkan pelatihan yang diberikan, maka resiko gagal sudah menanti.
  3. Lokasi bisnis: Seperti pada bidang bisnis lainnya, lokasi bisnis waralaba juga menentukan sukses tidaknya. Biasanya franchisor akan mengirimkan tim untuk mengetahui kelayakan lokasi bisnis yang akan dibuka oleh franchisee.
  4. SDM yang tepat: Inti dari sebuah bisnis adalah orang-orang yang bekerja di dalamnya. Karena hal tersebut, jangan mengabaikan pentingnya kualitas SDM yang akan Anda masukkan dalam sebuah bisnis waralaba.
  5. Bahan baku impor: hal ini berlaku terutama bagi waralaba yang dari mancanegara. Anda harus paham regulasi dan juga prosedur impor bahan ini agar bisnis dapat terus berjalan. Bila pasokan bahan impor ini tersendat, Anda bisa pusing tujuh keliling karenanya. Karena franchisor kadang tak mau ambil pusing dengan regulasi masing-masing negara tempat franchisee berlokasi. Akhirnya franchisee sendirilah yang memang harus turun tangan, belajar dari sekelilingnya mengenai prosedurnya, biaya, larangan, pembatasan dan juga sebagainya. Anda harus cermat terkait berbagai biaya yang ada karena itu harus turut dimasukkan ke dalam kalkulasi keuangan.
  6. Dana yang memadai: Terutama sebagai area developer, dana yang Anda miliki mesti memadai agar Anda berbisnis dengan lebih lancar. Misalnya, jika Anda diwajibkan membuka 3 unit namun dana yang Anda miliki tersebut hanya siap untuk membuka 1 unit, hati-hatilah karena Anda dapat terkena penalti saat tidak mencapai target yang ditetapkan dari franchisor. Penalti itu bisa berupa hangusnya hak menjadi area developer. Sebagai mana multiunit, Anda juga harus punya kantor pusat karena tak mungkin menempatkan administrasi satu orang di setiap gerai karena biasanya admin dipusatkan.
  7. Kelayakan: Periksa dulu apakah layak ataukah belum.
  8. Kesiapan dukungan: Bagi master franchisee, diperlukan kesiapan dalam memberikan dukungan layaknya sebagai master franchisor. Peran Anda mirip dengan si franchisor.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.