Home ยป About

About

Sejarah

Lyceum Indonesia (www.lyceum.id), lahir pada tanggal 1 Juni 2016 dan mulai terpublik pada tanggal 21 Juni 2016. Didirikan atas prakarsa Prof. Dr. Cecep Sumarna bersama Acep Muhammad Lutvi, Altendhi Dirghan dan Ali Alamsyah. Hadir untuk memberi warna baru dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan yang berkembang secara cepat. Lyceum memberi warna akan dinamika ilmu pengetahuan sebagaimana lyceum pernah didirikan Aristoles dan Alexander Agung di Yunani Kuna pada abad ke 4 sebelum masehi.

Substansi Materi Lyceum Indonesia Lyceum hadir bukan sebagai berita. Segmen kami adalah ilmuan dan calon ilmuan dunia. Ia tampil sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang terdokumentasikan secara mendunia. Ia akan hadir sebagai perpustakaan yang dapat menjangkau seluruh populasi manusia di muka bumi. Lyceum hendak menjadi trendsetter bagaimana ilmu pengetahuan harus bertumbuh dan berkembang, dan akan ke mana akhir segala cerita berjalan.

Mengapa Bernama Lyceum

Banyak orang bertanya mengapa diberinama lyceum? Jawabannya karena inilah nama universitas pertama di dunia. Inilah yang memaksa Nurcholish Madjid membuat suatu rumusan hypotetik andaikan dunia konsisten memperjuangkan dan mengembangkan ilmu sebagaimana lyceum pernah berbuat, maka, dunia akan mengalami kemajuan 10 kali lipat dari apa yang dapat disaksikan hari ini.

Lyceum Indonesia ingin kembali menampilkan bagaimana cakrawala ilmu dikonstruk tanpa harus melihat berbagai latar belakang dan faktor yang mempengaruhinya. Ilmu selalu netral dan tidak pernah dan tidak harus diatur oleh berbagai ragam ideologi yang dianut. Lyceum memberi pengharagaan kepada siapapun yang pernah menyumbangkan ilmu pengetahuan kepada dunia, item demi item, setapak demi setapak sehingga mewujud menjadi raksasa dunia. Inilah cita-cita kami mengapa kami mendirikan lyceum.

Visi

Dalam dua tahun yang akan datang, lyceum.id. akan menjadi pusat rujukan dalam pengembangan filsafat, ilmu pengetahuan dan teknologi serta mitra ilmuan dunia dalam mengembangkan budaya ilmiah yang terus terbarukan

Missi

Berdasarkan visi di atas, maka, missi yang diemban adalah sebagai berikut:

  • Menghimpun karya ilmiah dari pakar-pakar intelektual dunia yang bergabung bersama kami di lyceum
  • Menghimpun karya seni dan sastra dari para susastra dunia yang bergabung bersama kami di lyceum
  • Melakukan kajian intensif yang bersipat makro dalam bentuk seminar dan semiloka baik dalam skala makro maupun mikro Melakukan research berkelanjutan dalam bidang filsafat, sains, teknologi dan sastra dalam skala global bersma institusi-institusi research berskala internasional
  • Melakukan kemitraan dan kerjasama dengan berbagai funding dan lembaga resmi lain yang mengembangkan dunia ilmu dan pengetahuan Menghimpun dan melakukan penelusuran dimensi-dimensi budaya real kemasyarakatan dengan menggunakan piranti para tenaga sukarela yang dimliki lyceum

Sasaran yang Dituju

Lyceum.id ditujukan untuk seluruh manusia yang berhasyrat mengembangkan filsafat, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan sastra serta isu-isue mutakhir yang terjadi di dunia tanpa melihat latar belakang politik, agama, budaya, ras dan suku.

Motto

Pantarei

Karakter Tulisan Lyceum

Aktual

lyceum.id menghadirkan sejumlah informasi aktual tentang dunia filsafat, ilmu pengetahuan dan teknologi, agama, pendidikan terapan, seni dan sastra karena memiliki sejumlah konstributor ilmiah dalam gelar akademik minimal doktor. Bahkan banyak didalamnya memiliki sejumlah guru besar yang mendedikasikan karyanya ke dalam lyceum.id.

Original

Tulisan yang tampil dalam lyceum.id yang bersipat aktual dengan isu-isu mutakhir tentang filsafat, ilmu pengetahuan dan teknologi, agama, pendidikan terapan, seni dan sastra, hanya diperkenankan masuk ke dalam lyceum.id jika tulisan itu dikreasi secara original oleh masing-masing penulis, dan para penulis dalam web ini, diberi salary optimum sebagai tenaga ahli. Karena itu, kami memberi jaminan bahwa semua tulisan yang masuk dalam lyceum id. pasti jauh dari karakter plagiasi karena selalu mengedepankan prinsip-prinsip kejujuran yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Memberi Kebebasan

lyceum.id menghadirkan dirinya sebagai perpustakaan internasional yang menghimpun sejumlah karya tanpa melihat latar belakang agama, budaya, ras dan suku serta latar belakang ideologi dan politik. Lyceum.id hendak hadir sebagai perpustakaan dunia yang dapat dikunjungi siapa saja atau dapat men-download semua karya yang terdapat didalamnya. Baik yang berkunjung maupun yang hendak men-download karya dimaksud, diperkenankan oleh kami sepanjang mereka memiliki semangat untuk mengembangkan filsafat, ilmu pengetahuan dan teknologi, agama, pendidikan terapan, seni dan sastra.

Nalar Tanpa Batas

Lyceum.id yang demikian, akan mendorong siapapun untuk mengembangkan nalar tanpa batas sekalipun. Semua hal, melalui jurnal ini boleh dikembangkan dan dipikirkan sepanjang berpusat pada semangat mengembangkan filsafat, ilmu pengetahuan dan teknologi, agama, budaya dan peradaban serta seni dan sastra. Disinilah, lyceum.id hadir dengan sejumlah menu, termasuk menu bisnis dan entrepreuneur yang kami transformasi melalu WA, Twitter, Line, Facebook dan Media Sosial lain yang tumbuh secara cepat dan massif.

Logo

Logo ini merupakan gambar animasi dari burung Rajawali. Burung yang menginspirasi lambang negara Indonesia yang dapat terbang ke luar angkasa. Logo ini sebenarnya sekaligus mengingatkan bahwa burung ini dapat mendorong lyceum terbang ke seluruh dunia.

Tampilan

Tampilan lyceum.id menggunakan template yang simple dan responsive mempermudah pengunjung untuk membuka nya.