Agri Bisnis Baru Bernama Pisang Ajaib

Agri Bisnis Baru Bernama Pisang Ajaib
0 85

Agri Bisnis Baru Bernama Pisang Ajaib. Koorporasi yang bakal memanjakan petani akan segera bergulir. Sebuah perusahaan yang saham dimiliki Cecep Sumarna, Aef Saefudin, Nanan Abdul Manan dan Hermawan  itu, pertama kali akan didirikan dengan menanam 25 ribu pohon pisang. Jumlah pohon pisang di atas, ditanam di atas tanah seluas 5 hektar are untuk tahun pertama. Diperkirakan mencapai angka satu juta pohon sampai tahun yang ke lima [200 hektar tanah]. Penanamannya akan dilakukan di Kabupaten Kuningan dan beberapa Kabupaten Sekitar yang memiliki iklim tropik.

Perusahaan ini dimotori seorang alumnus IPB [S-1], S2 [Australia] dan saat ini sedang menyelesaikan studi S3 dalam bidang pertanian, Sosok ini dikenal dengan nama Aef Saefudin. Ia akan membuktikan dongeng Moyet dan Kura-kura dalam lakon atau cerita masyarakat Sunda. Di kalangan masyarakat Sunda sudah sejak lama Kura-kura dan Monyet berlomba menanam pisang dari jantung. Inilah rekayasa genetik termutakhir dalam jenis tumbuhan dan buah-buahan yang berhasil dicapai ilmuan.

Penanaman p0hon pisang yang langka ini, akan dideklarasikan pada tanggal 15 Syawal 1438 Hijriyah. Bergabung dalam sebuah koorporasi bernama Tunas Multi Karya yang dimotori Cecep Sumarna, Aef Saefudin, Hermawan, Nanan Abdul Manan dan Oman. Inilah debut baru yang mengkomparasikan model pengembangan penanaman pohon pisang yang berbasis pada kekuatan teknologi dan rekayasa genetik.

[irp posts=”18525″ name=”Bisnis Ini Bisa Anda Mulai Tanpa Modal”]

Pisang merupakan tanaman buah utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Pisang menempati posisi teratas sebagai komoditas buah-buahan yang dikonsumsi secara nasional oleh bangsa Indonesia. Inilah alasan penting, mengapa koorporasi ini melakukan penanaman pisang sebagai core pentingnya. Selain itu, tentu ada bidang lain yakni pembibitas sapi dan penanaman buah kurma.

Selain itu, pisang adalah pohon yang sangat adaftif dengan lingkungan. Berbagai keadaan cuaca dan iklim, tidak membuat produksi pisang menjadi terhenti. Karena itu, anda tidak boleh heran jika penyebaran pohon pisang sangat luas. Budidayanya sangat mudah dan dapat dilihat siapapun baik di pekarangan rumah atau bahkan hanya di pematang sawah.

Pisang Buah Unggulan Kami

Akibatnya, produksi pisang yang terus menerus terjadi dan bahkan tidak pernah tergerus inflasi. Karena itu, industri pisang sebenarnya dapat dimanafaatkan sebagai pengaman pendapatan petani di satu sisi, namun di sisi lainnya, pisang dapat pula dijadikan sebagai komoditas strategis dalam jangka panjang. Kami sendiri merencanakan bahwa dalam lima tahun yang akan datang, hasil prosuksi pisang kami dapat pula di eksport ke luar negeri.

[irp posts=”18139″ name=”Ketahui Tips Pemasaran Untuk Anda Pebisnis Usaha Kecil”]

Dalam kepentingan bahan makanan, pisang dapat pula menjadi alternatif. Mengapa? Sebab pisang mengandung karbohiodrat yang tinggi yakni tidak kurang dari 25,8 persen. Pisang dalam jangka panjang dapat dijadikan sebagai bahan pangan alternatif. Ia dapat menjadi pendamping beras atau bahan pokok pangan lain [food security]. Inilah yang mendorong kami melakukan budidaya pisang secara luas.

Pisang akan kami jadikan sebagai pengembangan agribisnis dengan model sangat mutakhir. Bayangkan, bahwa pisang yang akan kami produksi itu, dapat menghasilkan tiga tandan dalam setiap pohon. Pisang dapat bergelantungan di atas [seperti biasa], tetapi juga di tengah dan di bawahnya. Setiap tandan menghasilkan setidaknya 22 sisir. Jadi satu pohon dapat menghasilkan 66 sisir buah pisang.

Ini sudah kami lakukan uji coba selama kurang lebih 3 tahun. Tahun ini, kami akan melakukan bisnis murni dengan pengembangan pisang jenis ini. Terhadap kebun yang tersedia, kami akan menjadikannya sebagai agro wisata kuliner.

Selain itu, PT. Tunas Multi Karya yang memiliki Sekretariat di Redian Geronggong ini, juga menyediakan bibit pohon yang telah kami produksi dengan harga satu pohon sebesar Rp. 20.000,00. Daya tahan tanaman ini selama kurang lebih delapan tahun dan tidak mengurangi jatah tanah yang disediakan sejak awal. Ingin coba … bergabunglah bersama kami, By. Cecep Sumarna

Komentar
Memuat...