Take a fresh look at your lifestyle.

Aku Hendak Memenuhi Panggilan-Mu | Mencari Tuhan di Kaki Ka’bah Part- 8

51 151

Aku Hendak Memenuhi Panggilan-Mu – Proses manasik di KBIH Islamic center terus diikuti Crhonos bersama keluarganya. Ia mengikuti dengan tekun latihan ini. Hampir tidak ada satu kegiatan rutin yang dilaksanakan pada hari minggu itu, yang kelewat tidak diikuti Crhonos dengan keluarganya. Terlebih materi yang ditampilkan di KBIH ini, memang cukup menarik untuk didengarkan dan diikuti. Kalimah-kalimah sakti penuh magis ketuhanan,  dihafalkan Crhonos. Kalimat dimaksud misalnya berbunyi:

Labaik Allahumma Labaaik, labaaika Laa Syarika Laka Labaaik. Inal Hamda Wan Nikmata Laka Wal Mulka La Syarika lak“.  [Aku dating memenuhi panggilan-Mu. Ya Allah, aku sedang memenuhi panggilan-Mu. Tidak ada apapun yang dapat menandidingi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan adalah milik-Mu. Sekali lahi tidak ada sekutu bagi-Mu ya Allah

Terbayang oleh Crhonos, bagaimana bacaan ini menggema di seluruh jagad Mekkah. Kalimat ini akan dikumandangkan seluruh jamaah haji dari seluruh dunia. Masyarakat Muslim akan berkumpul dari berbagai ras, suku dan bangsa dalam satu waktu dan tempat yang sama. Manusia dengan badan yang tinggi, pendek, kurus dan gemuk, berkumpul. Bersatu seperti sebuah keluarga besar yang tidak ada kebencian satu sama lain. Suatu suana indah penuh persaudaraan.

Ia membayangkan bagaimana pemandangan penuh kesucian itu, menyentuh hatinya. Suatu pemandangan mengharukan sekaligus mungkin menghisteriskan dirinya dalam nuansa ketuhanan. Umat muslimin dari negara yang berbeda-beda, yang mungkin terbiasa berseteru dan berselisih kalau bukan terpecah belah, saat prosesi haji berlangsung, akan mengumandangkan satu kalimat dan satu ucapan yang sama. Pakaian yang digunakan juga sama, yakni serba putih.

Haji Mempersatukan Perbedaan

Inilah suatu situasi spiritual yang tidak lagi membedakan kedudukan dan martabat manusia berdasarkan kekayaan,  bangsa dan suku. Tidak lagi ada jarak antara mereka yang disebut dengan ulama dan masyarakat awam. Pejabat dan rakyat. Manusia kaya dan manusia miskin. Semuanya bersatu, memadu kalimat yang sama. Mereka mengucapkan kalimat talbiyah menyambut seruan Allah. Inilah seruan yang difirmankan-Nya dalam surat al Hajj [22]: 27:

Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji,niscaya mereka akan datang kepadamudengan berjalan kaki,dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh. Inilah firman di mana Allah memerintahkan kepada Ibrahim, bapak agama bertauhid, sebagaimana dapat dibaca dalam hadits yang dieiwayatkan ibnu Jarir berikut ini:  “Wahai manusia sesungguhnya Rabb kalian telah membangun satu rumah (ka’bah) dan memerintahkan kalian untuk berhaji kepadanya. Lalu menerima panggilan ini apa saja yang mendengarnya dari batu-batuan, pepohonan, bukit-bukit debu atau apasaja yang ada, lalu mereka berkata: labbaik allahumma labbaik …

Bagi Crhonos, haji adalah kegiatan di mana umat manusia dipersatukan. Ia menjadi symbol sekaligus ajaran yang menyatukan seluruh elemen manusia yang berbeda satu dengan yang lain. Crhonos menyerah pada kehendak kuasa Tuhan. Tuhan adalah pemilik segala kepemilikan dan penentu segala ketentuan. Ia hanyut dalam segenap lamunan panjangnya, bagaimana Mekkah yang penuh padang pasir itu, akan dia kunjungi. Menyaksikan bagaimana artepak ketuhanan dibangun manusia di muka bumi. Bagaimana Tuhan yang menciptkan manusia sebagai cermin terbaik-Nya itu, menyatu dalam segenap kubangan kehidupan yang kosmopolit.

Segala Hal Telah Siap

Dalam prosesi manasik di KBIH itulah, Crhonos mulai menulis dalam X File-nya berbagai peristiwa. Segenap peristiwa yang mengharukan atau membahagiakan. Tidak sedikit yang menyedihkan. Ia mulai menyadari segenap kemungkinan atas keberangkatan diri dan keluarganya ke tanah suci.

Ia mulai sadar bahwa hajji adalah panggilan. Hajji adalah ketentuan yang dalam bahasa orang kampung disebut dengan takdir. Kegiatan pelaksanaan haji, tidak mungkin dapat dipisahkan dengan hati dan kecenderungannya dalam menerima kebenaran. Tidak terasa, latihan itu telah berlangsung enam bulan.Suatu durasi waktu, di mana dia atau bagian dari keluarganya harus bolak balik, menjemput Shofi dan Siti ke kampung halamannya guna mengikuti manasik. Pernah suatu hari, Shofi meminta untuk tidak mengikuti manasik. Maklum, fisiknya sering melemah. Ia mengatakan:

“Crhonos, aku merasa telah cukup mengikuti manasik. Setiap apa yang disampaikan pemateri hajji, itu sudah aku faham dan hafal. Insyaallah aku akan mengikuti hajji dengan mengerti secara benar berbagai bacaan yang mungkin hadir di tanah suci. Aku menyadari sepenuhnya, bahwa kegiatan ini penting. Tetapi, lebih penting jika saya harus mempersiapakan energi fisik guna keberangkatan kita ke tanah suci. Crhonos diam. Ia hanya meneteskan air mata. Ia sadar memang Shofi sedang sakit. Ia membiarkannya istirahat. Dan hanya Siti yang terus menerus mengikuti kegiatan ini secara tuntas”.

Dalam perjalanan enam bulan itu pula, Crhonos tidak sadar, tabungannya sudah penuh. Ongkos untuk berangkatpun sudah cukup. Hutang ke bank syari’ah itu juga sudah lunas. Bahkan setelah diambil segenap keperluan untuk keberangkatan mereka, uang yang tersisa di tabungan persis dalam jumlah yang sama seperti saat dia pertama kali memperoleh uang dari guru Syadily. Jumlahnya sama dengan harga tanah yang dijualnya. Crhonos banyak beristighfar. Ia merasa tidak logis mengapa ia dapat memenuhi hajatnya dalam waktu singkat. Inilah spiritualitas pertama dalam kaca mata manusia yang dirasakan Crhonos.

Walimah Safar Dalam Dinamika Unik

Shofi dan Siti menyelenggarakan acara walimahan tiga minggu sebelum keberangkatannya ke tanah suci. Acara itu, dihelat cukup ramai dengan pengunjung yang juga sangat merayap. Para masyarakat memadati rumah kediaman Shofi dan Siti. Mereka mengisyakan tangis, karena keberangkatan Haji Shofi, justru terjadi saat di mana ia mengalami sakit yang cukup akut. Mereka tidak membayangkan dapat kembali bertemu dengan Shofi di kampung halamannya. Mereka ragu, ia kembali lagi.

Dan entah mengapa, banyak sekali amplop berisi uang di rumah Shofi setelah acara itu berlangsung. Crhonos meminta Herman dan Amin untuk membagikan seluruh uang yang diberikan masyarakat itu, kepada siapapun yang membutuhkannya.

“Hai Crhonos, di rumah kita banyak amplop. Isinya uang melulu. Banyak banget. Lalu dengan langgamnya sebagai manusia penuh percaya diri, Crhonos meminta kedua adiknya itu, untuk membagikan uang dimaksud kepada seluruh warga masyarakat. Sediakan sebagai bentuk shadaqah kita kepada masyarakat. Insyaallah perbekalan yang kita miliki cukup untuk keberangkatan ini. Uang itu, kemudian dibagikan dengan tidak menyisakan sedikitpun”

Crhonos sendiri menyelenggarakan acara walimahan dua minggu sebelum keberangkatannya ke tanah suci. Ia mengundang melalui SMS terhadap teman-temannya dari berbagai daerah. Ia menyediakan makanan dalam jumlah yang sangat banyak. Ia merasa memiliki modal uang ditabungannya untuk kegiatan dimaksud.

Saat prosesi itu berlangsung, Crhonos sendiri tidak mengerti, mengapa teman-temannya memberi amplop kepadanya dan kepada istrinya. Semua yang hadir memberinya. Ia tidak mengerti. Apa aku dianggap tidak punya bekal. Terus menerus ia mempertanyakan mengapa mereka memberi uang. Mengapa tidak mengerti? Sebab selama Crhonos menghadiri acara walimahan, ia merasa tidak pernah memberi semacam itu. Dianggapnya yang hajji pasti mampu secara ekonomi. Iapun kembali menghabiskan uang pemberian itu, kepada seluruh fakir miskin dan ibnu sabil.

Dalam bathin, Crhonos mengatakan: “Betul bahwa uang ini aku perlukan sebagai bekalku, tetapi, sesungguhnya bekal hajji yang paling baik adalah sikap ketakwaanku” By. Charly Siera –bersambung

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

  1. maemunah fadillah berkata

    Dalam part 8 ini menunjukkan bahwa ibadah haji itu memiliki makna untuk mempersatukan umat islam di seluruh penjuru dunia. Dengan tidak ada lagi jarak yang memisahkan antara suku, bangsa, pangkat ataupun jabatan,semua itu berkumpul menjadi satu sebagai saudara.

  2. Rif'atul Ula berkata

    Berhaji merupakan ibadah yang menyenangkan dan mampu memperkuat ukhuwah islamiyah. Dengan adanya haji, persaudaraan sesama muslim semakin menguat dan saling berlomba-lomba dalam rangka mendekat kepada Allah.

  3. akhmad afifudin berkata

    ka’bah merupakan tempat suci yang didambakan oleh setiap umat di islam, hanya orang yang di pilih oleh allah swt saja yang gdapat berangkat kesana dalam part 8 ini akhirnya Crholnos bersama keluarga mengikuti kegiatan manasik dan diapun membayangkan betapa bahagianya mengumandangkan kaliamat talbiyah . Di seluruh jagad mekkah.dalam part 8 ini pula tokoh Chronos menunjukkan sikap bijak dan dermawannya.

  4. akhmad afifudin berkata

    ka’bah merupakan salah satu tempat yang menjadi damba’an setiap umat islam, karena ka’bah merupakan tempat mulia bagi setiap orang yang mengetahuinya. dan akhirnya dalam novel part 8 ini Crholnos bersama keluarga mengikuti kegiatan manasik dan diapun membayangkan betapa bahagianya mengumandangkan kaliamat *talbiyah Di seluruh jagad mekkah. di novel 8 ini pula tokoh Chronos menunjukkan sikap bijak dan dermawannya. Yakni pada saat acara walimah safar dimana orang-orang yang datang memberikan amplop berisi uang. Mungkin ketika orang lain menerima hal semacam itu aan menerimanya dan menjadikan perbekalannya untuk berangkat haji, tetapi tidak bagi Chronos. Ia menshadaqahkan uang tersebut karena ia menganggap bahwa ada orang lain yang lebih berhak dan lebih membutuhkan uang tersebut.

  5. Diah ayu nuratillah berkata

    Ka’bah bisa disebut sebagai pusat umat muslim, atau bahkan pusat dunia. Tidak dapat dipungkiri jika seluruh umat pasti menginginkan pergi menuju kesana untuk beribadah di tanah suci.
    Berbicara mengenai bekal untuk disana, saya setuju bahwa ketaqwaan lah bekal utama untuk ke tanah suci, jika tidak ada ketaqwaan dalam diri kita dan kita hanya menyiapkan bekal material untuk kesana maka bukan beribadah namanya tapi piknik. Sekian

  6. Sukinih berkata

    dalam novel part 8 ini banyak pelajaran yang kita dapat bahwasanya selalu ada jalan dari allah jika kita berniat untuk selalu berbuat kebaikan kepada orang lain.

  7. Sukinih berkata

    crhonos sebagai orang bijaksana, baik, dan tidak mikir kan apa yg diberikan oleh temannya, yang di berikan kepada temannya tdk utk sendirinya tetapi utk fakir miskin . . sekian.

  8. Elok Firdausiana berkata

    Sungguh besar keagunggan Allah yang telah diberikan kepada chornos. Dengan ikhtiar dan ketakwaannya, Allah telah mengganyi semua harta yang dulu chprnos gunakan demi memberangkatkan haji leluarganya.
    Dari sini kita bisa belajar bahwasannya tidak ada kesia-siaan dalam kehidupan kita jika kita gunakan harta kita untuk hal kebaikan, karena shadaqoh tidak akan mengurangi harta kita, melainkan pasti Allah akan menggantinya lagi dengan lebih

  9. dezidni tazqiah MPI 3 berkata

    Pada novel part 8 inu bahwa impian chronos akhirnya tercapai untuk beribadah haji. Crholnos bersama keluarga mengikuti kegiatan manasik dengan sangat bersungguh-sungguh,khusu dan mengucap syukur karena rezeki yang di berikan oleh Allah. Dalam cerita ini Chronos patut ditiru oleh kita, karna seorang anak yang mampu memberangkatkan keluarganya dengan hasil kerja kerasnya.

  10. Amalia Fitriyanti berkata

    Haji adalah panggilan Allah kepada Hamba-Nya. Dan haji adalah takdir seseorang. Jika dia mendatangi rumah Allah atau ke baitullah itu artinya Allah menakdirkan kamu untuk mendatangi rumah-Nya. Suatu kesempatan yang sangat mulia jika seseorang itu di takdirkan oleh Allah untuk menunaikan ibadah haji.

  11. Intan Sulistiani MPI-B/SMT III berkata

    Allah swt. Telah mengiaskan bahwasanya manusia dihadapan Allah itu sama saja mau kaya, miskin, cantik, ganteng, item, putih…itu sama saja, hanya satu yg membedakan yaitu ketaqwaan yang dimiliki setiap individu, sikap, ucapan maupun perilaku yang baik itulah yang akan menjadi amal ibadah kelak dipertanggungjawabkan di akhirat.
    Kemudian jika difikir” terkadang manusia itu sering mempunyai pemikiran banyak negatif sehingga hasilpun menyesuaikan apa yg telah difikirkan, namun allah telah membuka kepada orang” yg selalu berfikir baik terhadapnya sehingga hasilpun tidak menyia”kan proses maupun usaha.
    Sekian.

  12. Siti Hamidah Tadris IPS A / 1 berkata

    Dalam part 8 ini, saya merasa kagum dengan sosok Chronos, yang tidak selalu memikirkan uang saat akan melaksanakan ibadah haji, tetapi ia merasa cukup atas Rizki yang telah Allah berikan kepadanya. Begitupun dengan kalimat yang Chronos ucapkan bahwa “sesungguhnya bekal haji yang paling baik adalah sikap ketakwaan”. Sungguh ketawaan inilah yang seharusnya dijadikan bekal untuk mereka-mereka yang hendak menunaikan ibadah haji.

  13. Asri Wulandari berkata

    Rasa khawatir dengan keadaan sofi memang wajar, mamun lebih luar biasa pada diri sofi sendiri yang tidak terlhat mengeluh dengan keadaannya. Saya sependapat dengan chornos bahwa seseorang orang yang berangkat hji pasti sudah siap materi, yang dibuthhkan dari kerbat nya adalah doa agar selamat sampai pelaksanaan haji selesai dan kembali ke tanah air.

  14. Rina Agustiana A/1 berkata

    panggilan ibadah haji merupakan suatu keistimewaan yang di takdirkan oleh Allah, chonos memang patas menjadi cerminan orang yang shaleh ia selalu tidak memikirkann uang untuk keberangkatan, ia selalu merasa cukup nikmat Allah yang telah di berikan.

  15. Naufal Faruq berkata

    Assalamualaikum.. panggilan untuk menunaikan ibadah haji merupakan takdir Allah, dengan begitu melaksanakan ibadah haji harus benar-benar dengan khusu’ dan tertib. adakalanya setiap pergi haji merupakan rezeki dan panggilan dari Allah. jangan memikirkan bagaimana pergi ibadah haji dengan rezeki yang pas-pasan tapi bagaimana kita bisa sepenuhnya mengimplementasikan rasa tawakal kita kepada Allah SWT. Dengan kita berikhtiar apapun akan terjadi apabila Allah menghendaki apalagi dalam hal kebaikan. Sekian terima kasih wassalamu’alaikum..

  16. Hasanatun Nadia berkata

    Bismillah..
    Yaa, memang taqwa lah sebaik-baik bekal. Tidak hanya bekal untuk berangkat haji saja melainkan bekal untuk kehidupan akhirat kelak agar bisa masuk ke dalam syurga Allaah yang haqiqi, yang mana di dalam syurga Allaah itu terdapat banyak kenikmatan yang tidak kita dapatkan di dunia.

  17. Ega Sopana berkata

    Part 8, inilah balasan orang yang Allah janjikan kepada orang yang berikhtiar dijalan Allah, seperti yang novel sebelumnya akibat berbisnis dengan Allah akhirnya impian chronos tercapai, tetapi di sisi lain saat berangkat shofi sakit. Disini lah ujian dan ujian terus berlangsung. Dan saat acara walimah safar banyak orang-orang yang mengasihi amplop kepadanya, tetapi dia malah membagikan nya lagi kepada orang yang lebih membutuhkan. Sungguh perbuatan sangat mulia sekali, crhonos adalah orang yang patut ditiru oleh setiap orangg.

  18. Ade Rossy Indra Pertiwi TIPS A/1 berkata

    Assalamu’alaikum wr..
    Pada part-8 ini, dalam kehidupan cronos ini sangat luar biasa karena semenjak ia mempunyai uang yang terbilang sedikit dan berkat usaha dan pengorbanannya selama ini untuk berangkat ke tanah suci, dan berkat ke ridhoan Allah SWT ia memiliki uang yang terbilang lebih dari cukup sehingga bisa mengikuti pelatihan sebelum pemberangkatan ke tanah suci sehingga ia siap untuk melakukan ibadah haji nanti.
    Terimakasih.

  19. Silmy Awwalunnis
    Silmy Awwalunnis berkata

    Berbahagialah kalian yang telah di kabulkan doanya. sungguh mengharikan melihat antusias cronos yang sudah berhasil melunasi cicilan ibadah hajinya.
    cobaan akan terus berlangsung karena Allah sayang kepada umatnya. cronos yang kembali di uji dengan sakitnya shofi sang ayah dimana bertepatan sebentar lagi ia akan memunaikan ibadah haji.

  20. Fariz maulana ibrahim tadris ips a/1 berkata

    Assalamualaikum wr.wb
    Part 8
    Dalam novel kali ini chronos sangat giat dalam manasik haji,atau berlatih untuk melaksanakan haji yang sesungguhnya,tabungan uangnya pun sudah penuh dan cukup untuk keberangkatan haji,dia mulai sadar bahwa ibadah haji adalah panggilan tuhan,dan ibadah haji merupakan pemersatu umat islam,dimana umat islam seluruh dunia bertemu dalam satu titik,tentu jika kita menggunakan uang dengan baik, akan bermanfaat,terbukti sekarang chronos sudah sangat siap berangkat haji dalam segi materi.Terima kasih
    Wassalamualaikum wr.wb

  21. Lenny Erdiani Choerun Nissa berkata

    Di part 8 ini, menjelaskan bahwasannya dalam melaksanakan ibadah haji terdapat sebuah pelajaran dalam hidup kita. diantaranya, kedudukan seluruh umat islam itu sama, di mata Allah. Tidak memandang ras, negara, kekayaan dan sebagainya. Mereka semua memakai pakaian yang sama, warna yang sama. Walaupun dari negara yang berbeda. Yang membedakan dari kaum muslimin yang satu dengan yang lainnya, terletak dari keimanan dan ketakwaan nya kepada Allah SWT.

  22. dhini apriliani berkata

    Asalamualaikum
    Labaik Allahumma Labaaik, labaaika Laa Syarika Laka Labaaik. Inal Hamda Wan Nikmata Laka Wal Mulka La Syarika lak. Pada part 8 ini saya membaca
    akhirnya chronos bisa memenuhi panggilan allah ke tanah suci dan kebanggam tersendiri bisa membawa ibu dan ayahnya juga untuk berangkat ke tanah suci yang merupakan cita cita besar dari ibu chronos

  23. Fifit Fitri Nur'aeni/Ips/1B berkata

    AsSalamualaikum wr wb.
    Crholnos bersama keluarga mengikuti kegiatan manasik dan diapun membayangkan betapa bahagianya mengumandangkan kaliamat *“Labaik Allahumma Labaaik, labaaika Laa Syarika Laka Labaaik. Inal Hamda Wan Nikmata Laka Wal Mulka La Syarika lak“. Di seluruh jagad mekkah.
    Yang dimaba tidak ada perbedaan antar miskin dan kaya . Dan memang seharusnya tidak boleh membedakan orang karena semua manusia itu sama saja di mata allah .dengan tidak membedakan yang kaya dan miskin,kita sudah termasuk golongan orang yang tidak duniawi. Itu juga merupakan perbuatan yang amat mulia.
    Dalam berbagai hal yang terpenting ialag dengan bekal ketaqwaan yang melekat dari allah akan membuka rejeki untuk bekal ibadah haji

  24. Isah Siti Khodijah berkata

    Bismilahirahmanirahin
    Asalamualaikum wr wb
    Novel mencari tuhan di kaki kabah part 8 ini, sungguh rencana tuhan sangat luar biasa, dari bekal uang yang awalnya sedikit, akibat berbisnis dengan tuhan Ia akhirnya akan segera menemui tuhan di kabah. Tatapi, Shofi dalam keadaan sakit parah, semoga Shofi bisa kembali dengan selamat. Nilai yang amat penting adalah ambilah keputusan sebaik mungkin karena Allah akan selalu meridhoi.
    Rencana Allah itu sangat luar biasa selamat kepada Chronos Yang telah berhasil mewujudkan impian nya.
    Dan saya juga sering melihat jika ada orang yg hendak pergi berhaji itu banyak sekali yang memberi amplop dan tindakan Chronos patut ditiru oleh kita yang akan hendak berhaji. Jika ada yg memberi amplop, berikan saja kpd orang lain yang lebih membutuhkan. Karena, kita yg berhaji insyaAllah sudah siap dengan segala keperluan baik dalam materi. Terimakasih
    Wasalamualaikum wr wb

  25. Aida Nur Aisyah berkata

    Assalamu’alaikum wr. wb
    Part 8
    Dalam part 8 ini, Chronos pada akhirnya dapat melunasi biaya keberangkatan ibadah haji dalam waktu yang singkat. Chronos juga sudah membayangkan bagaimana ia ketika di Baitullah nanti berkumpul bersama seluruh muslim dari penjuru dunia yang mempunyai tujuan sama yakni beribadah kepada Allah. Saya dapat merasakan betapa antusias dan bahagianya perasaan Chronos saat itu. Namun, pada saat menjelang keberangkatan, ayah Chronos yakni Shofi sedang sakit. Tentu hal itu menjadi sangat dilematis mengingat sakitnya yang cukup akut.
    Dalam part 8 ini pula tokoh Chronos menunjukkan sikap bijak dan dermawannya. Yakni pada saat acara walimah safar dimana orang-orang yang datang memberikan amplop berisi uang. Mungkin ketika orang lain menerima hal semacam itu akan menerimanya dan menjadikan perbekalannya untuk berangkat haji, tetapi tidak bagi Chronos. Ia menshadaqahkan uang tersebut karena ia menganggap bahwa ada orang lain yang lebih berhak dan lebih membutuhkan uang tersebut.
    Sekian
    Terima kasih
    Wassalamu’alaikum wr. wb

  26. Muhamad Udin berkata

    Assalamualaikum wr.wb
    Dan Alhamdulilah choronos bisa memberangkatkan haji kedua orang tuanya, dan biasa mengikuti pelatihan ibadah haji dan tak henti-hentinya ia mengucap syukur karena rezeki yang di berikan oleh Allah. saya terharu dengan perkataan Haji Memepersatukan Perbedaan, dan pada hakekatnya di mata Allah itu semua sama. yang membedakanya adalah ketaqwaan setiap hambanya,.

  27. fajar maulana berkata

    Assalamualaikum.
    Menyentuh sekali, terutama saat kata “orang orang berada di satu tempat (ka’bah) dengan memakai pakaian yang serupa seperti mempersatukan semua elemen-elemen yang ada me jadi satu.
    Jadinya ingin berangkat haji saya….
    Dan tentang bagian terakhir sungguh real sekali bahwa jika kita menshodaqohkan harta kita kepada fakir miskin niscahya akan dikasih balasan lebih dari Allah.
    Filosofinya : jika memiliki niat yang kuat maka curahkanlah niat tersebut kepada Allah dengan sepenuh hati, niscahya Allah akan mengabulkan niat mu dan menghendaki apa yanh di niatkan oleh mu.
    Dan barang siapa yang bersedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari gerakan sedekahnya.
    R Fajar Maulana
    MPI-A – 3

  28. tubagus rizqy yahya mpi/4 (1415209028) berkata

    Sungguh dasyatnya kehidupan chronos, dengan ikhtiar dan tawakal yang tak pernah ia tnggalkan hingga Allah memberikan jalan untuk menunaikan ibadah haji. Benar menurut chronos: “Betul bahwa uang ini aku perlukan sebagai bekalku, tetapi, sesungguhnya bekal haji yang paling baik adalah sikap ketakwaanku”. Dalam berhaji hal terpenting ialah ketakwaan, dengan bekal ketaqwaan yang sudah melekat dalam diri Allah akan membuka rezeki untuk bekal menuju ibadah haji

  29. tubagus rizqy yahya mpi/4 (1415209028) berkata

    Ya Allah ya tuhan kami, hanya kepadaMu lah kami meminta dan memuji….sungguh dasyatnya kehidupan chronos, dengan ikhtiar dan tawakal yang tak pernah ia tnggalkan hingga Allah memberikan jalan untuk menunaikan ibadah haji

  30. Winda Dwi Nurrachmawati (1415109032) MPI-4 berkata

    Dalam part 8 ini, pelajaran yang dapat diambil ialah mengenai amalan yang baik dengan bershodaqoh. Karena dengan beramal akan meninggalkan amal pula untuk kehidupan bagi yang beramal. Allah tidak akan menyempitkan Rezeki untuk umatnya yang gemar berbagi Rezeki.
    Setelah banyak cobaan yang dialami chronus dan keluarga tibalah kebahagiaan yang mereka impikan sejak lama untuk berangkat ke tanah suci dengan menunaikan ibadah haji yang kelima dalam rukun islam.

  31. Siti Sutihatin-MPI/4 berkata

    Crhonos dan keluarga telah mengikuti proses manasik haji selama enam bulan. Crhonos sadar bahwa haji adalah panggilan. Maka, ketika panggilan itu datang Crhonos pun harus memenuhi panggilan tersebut. Meskipun pada awalnya dia bingung dengan biaya haji. Namun, karena dia yakin dan berserah diri pada Allah akhirnya dia bisa melunasi biaya haji. Bahkan Crhonos dan keluarganya memiliki bekal yang cukup untuk berangkat haji.

  32. Indah kusumawati (mpi-4) berkata

    Dari part 8 akhirnya apa yg di inginkan cronos waktu kecil tercapai yg ingin memberangkatkan kedua orang tuang berangkat haji. Bahkan bkan hanya kedua orang tuanya saja tdp orangtua istrinya jg dpt berangkan. Tidak ada di dunia ini yg tidak mungkin. Ketika allah berkata kun fayakun maka terjadilah.

  33. Koko Santoso (MPI/4) berkata

    Part 8
    Aku Hendak Memenuhi Panggilan-Mu
    Pada part ini Crhonos sudah membayangkan begitu banyaknya sahut kumandang “la baik allahuma labbaik” nuansa ketauhidan dengan tidak adanya stereotype kemanusiaan. Ketika ia menyelenggarakan acara walimahan tepatnya dua minggu sebelum pemberangkatan haji, ia dibingungkan dengan banyaknya orang yg memberikan amplop kepadanya. Padahal selama ini ia menganggap orang yg berhaji adalah orang yg berkecukupan ekonomi & bekal untuk berhaji adalah sikap tawakkal~

  34. dinny alfiana. s MPI4 berkata

    dalam part 8 ini, saya merasa kagum dengan sosok Chronos, yang tidak melulu memikirkan uang saat akan melaksanakan haji, yang ada ia malah merasa cukup akan nikmat yang Allah berikan. begitupun dengan kalimat yang Chronos ucapkan bahwa “sesungguhnya bekal haji yang paling baik adalah sikap ketakwaan”. subhanallah. sungguh ketawaan inilah yang seharusnya dijadikan bekal untuk mereka-mereka yang hendak menunaikan ibadah haji.

  35. Firman Maulana mpi smt 4 berkata

    Part 8
    Dalam episode ini, akhirnya keinginan chronos beserta keluarganya dikabulkan oleh Allah dgn begitu mudahnya. Dan kembali lagi Allah selalu memudahkan jalan bagi hambanya yg ingin berbuat kebajikan serta mendapatkan rizki yg tak diduga. Saya tertarik akan kutipan dari chronos mengatakan: “Betul bahwa uang ini aku perlukan sebagai bekalku, tetapi, sesungguhnya bekal hajji yang paling baik adalah sikap ketakwaanku”

  36. Sri Rokhmah/MPI-4 (1415109026) berkata

    Alhamdulillah.. Labbaik Allahumma labbaik…
    Pada ahirnya chronos beserta keluarga memenuhi panggilan Tuhan (ALlah), dengan yang pada sebelum itu banyak perjuangan yang dilalui oleh chronos. pedih, sakit, dan sampai rasa perekonomian yang minim dalam keluarganya untuk berangkat ke tanah suci. pada ahirnya perjuangan itu membuahkan hasil yang manis untuk dirinya juga keluarganya. sekian..

  37. Sri Hardianti-MPI/4-1415109024 berkata

    setelah membaca part delapan ini dapat kita ambil ibroh sama seperti yang dilakukan oleh chronos, Chronos sangat yakin ketika kita mempunyai niatan baik untuk memenuhi panggilan alloh (haji) alloh akan membantu kita. chronos yang tadinya bangkrut dan banayak terlilit hutang akhirnya mampu melunasi semua hutang yang di bank. alloh maha kaya memberikan rizqi dari arah yang tidak teduga.

  38. Muhammad Yasir Arafah MPI/4 (1415109012) berkata

    Bismillahirrahmanirrahim, di dalam part 8 tertuang keajaiban-keajaiban yang didapatkan oleh chronos dan keluarga. Sebuah kenyataan yang masih dipertanyakan, sebuah kegembiraan yang masih direnungkan. Bagaimana bisa terjadi?? Chronos dengan kepedulian nya dan rasa berbagi yang sangat tinggi, membawanya pada keadaan dimana dunia tidak perlu diperjuangkan mati-matian bahwa masih ada akhirat setelah kehidupan di dunia.
    Setelah penantian dan pengharapan yang begitu panjang akhirnya harapan itu sedikit demi sedikit mendekati hasil dari perjuangan, mereka akan berangkat haji bersama-sama.

  39. Siti Nurbaeti (1415109022)-MPI/4 berkata

    Chronos termasuk tipikal orang yang berpegang teguh dengan prinsipnya dan dermawan, namun alangkah baik jika ia (chronos) tidak menolak rezeki yang sudah diberikan oleh-Nya. Salah satu rencana Allah yang menakjubkan yaitu Dia memberikan kembali uang dengan jumlah yang sama dengan uang dari gurunya pak Syadily dengan cara yang berbeda. Semoga Allah melimpahkan rezeki terhadapmu karena sifat dermawanmu Chronos

  40. Ega Sugandi (1415109003) MPI/4 berkata

    Haji merupakan suatu seruan yang di tunjukan oleh Allah kepada Seluruh ummat muslim di seluruh dunia untuk datang kebaitullah Inilah suatu situasi spiritual yang tidak lagi membedakan kedudukan dan martabat manusia berdasarkan kekayaan, bangsa dan suku. Tidak lagi ada jarak antara mereka yang disebut dengan ulama dan masyarakat awam. Pejabat dan rakyat. Manusia kaya dan manusia miskin. Semuanya bersatu, memadu kalimat yang sama. Mereka mengucapkan kalimat talbiyah menyambut seruan Allah. Inilah seruan yang difirmankan-Nya dalam surat al Hajj [22]: 27:
    “Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji,niscaya mereka akan datang kepadamudengan berjalan kaki,dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh. Inilah firman di mana Allah memerintahkan kepada Ibrahim, bapak agama bertauhid, sebagaimana dapat dibaca dalam hadits yang dieiwayatkan ibnu Jarir berikut ini: “Wahai manusia sesungguhnya Rabb kalian telah membangun satu rumah (ka’bah) dan memerintahkan kalian untuk berhaji kepadanya. Lalu menerima panggilan ini apa saja yang mendengarnya dari batu-batuan, pepohonan, bukit-bukit debu atau apasaja yang ada, lalu mereka berkata: labbaik allahumma labbaik

  41. pujiati MPI/4 berkata

    panggilan ibadah haji merupakan takdir Allah, dengan begitu melaksanakn ibadah haji harus benar-benar dengan khusu’ dan tertib. adakalanya setiap pergi haji merupakan rezeki dan panggilan dari Allah. jangan memikirkan bagaimana pergi ibadah haji dengan rezeki yang pas-pasan tapi bagaimana kita bisa sepenuhnya mengimplementasikan rasa tawakal kita kepada Allah SWT.

  42. Asiro MPI/4 (1415109002) berkata

    Bissmillahirrahmaanirrahiim..
    Dalam novel part 8 ini yang berjudul “Aku Hendak Memenuhi Panggilan-Mu”. Kita dapat menyimpulkan dan mengambil hikmah bahwasannya jika kita bershodaqoh sebesar apapun itu yakinlah Allah pasti menggantinya dengan berlipat-lipat ganda. Karena bershodaqoh tidak akan membuat kita semakin miskin melainkan semakin bertambah baik rizki, ketaqwaan kita terhadap-Nya, maupun rasa syukur kita terhada-Nya.

  43. Yunita Nur RahmawatiMPI/4 (1415109034) berkata

    Dalam part 8 ini benar apa yang di ucapkan oleh chonos bahwa uang ini aku perlukan sebagi bekalku, tetapi, sesungguhnya
    bekal haji yang paling baik adalah sikap ketaqwaanku” begitu mulia chronos.

  44. Asyifa Nuraeni Kartika Ali berkata

    dalam part 8 diceritakan chronos dan keluarganya mengikuti manasik haji, dan memang benar bahwa haji itu adalah panggilan, dan jika Allah sudah menghendaki semuanya akan dipermudah dan hal itu terbukti dan dialami sendiri oleh chronos dan keluarga.

  45. MAFTUHAH MPI/4 (1415109011) berkata

    Alhamdulillah, akhirnya Crhonos dan keluarganya mendapatkan kebahagiaan yang selama ini ia nantikan. Selama 6 bulan crhonos dan keluarganya melaksanakan manasik haji. Crhonos selalu membayangkan suasana ketika ia haji, disana akan berkumpul dengan orang dari berbagai negara. Ia selalu bersyukur kepada Allah yang telah memberikan takdir kepadanya serta keluarganya.

  46. Sri Rahayu MPI/4 (1415109025) berkata

    Setelah melewati perjuangan yang panjang hingga selesai semua proses untuk berangkat menuju tanah suci, semua yang di cita-citakan Chronos bisa tercapai denga baik. kebahagian yang Chronos dapatkan harus kita jadikan pelajaran dalam kehidupan kita di dunia ini. Barakallah……..

  47. Nur Aliffah (1415109014) MpI/4 berkata

    Dalam part 8 ini dapat kita dapat mengambil banyak pelajaran, diantaranya kita harus yakin bahwa allah akan memberikan rizki yang tidak diduga-duga jika kita inggin menggunakan sesuatu untuk kebaikan. seperti halnya chronos yang inggin melunasi ongkos hajinya. Oleh karena itu janganlah kita putus asa terhadap apa yang kita mau apalagi itu kebaikan, kita harus yakin bahwa kita dapat mencapai keingginan kita.

  48. siti Halimah MPI/4 berkata

    bismillahirrahmanirahiim. .
    dalam part 8 ini, allah telah banyak menyimpan rahasia sehingga membuat chronos bingung, adanya walimah sapar mendatangkan banyak rizki namun dia tetap bersyukur dan membagikan kepada oarnag yang membutuhkannya

  49. Wiwin Darwini MPI/4 berkata

    Bismillah,
    Pada part 8 ini saya terharu dengan perkataan Haji Memepersatukan Perbedaan. Dimana kita tidak lagi membeda-bedakan mana ras, suku, bangsa dan tingkatan kedudukan kaya atau miskin. Semuanya berkumpul menjadi bersatu dan tidak ada kebencian diantara mereka. Dimana Negara Indonesia ini masih belum bisa bersatu dalam mempersatukan perbedaan yang ada.
    Crhonos memang cerminan orang yang shaleh, ia tidak memikirkan uang untuk keberangkatan akan kurang, ia terus merasa cukup akan nikmat yang Allah berikan, sehingga ia menyuruh adik-adiknya untuk membagikan uang yang diberikan warga kepada ayah dan ibunya untuk di shadaqah kan kepada orang yang membutuhkan. Karena haji yang baik menurut ia adalah ketaqwaan diri Crhonos.

  50. Fera Agustina (1415109004)/ MPI/ 4 berkata

    Bismillahirakhmanirrahiim,,
    setelah membaca part 8 saya dapat mengambil semua pelajaran apa yang di lakukan oleh chronos bahwasanya apa yang diimpikan ia telah terwujud, dan tak henti-hentinya ia mengucap syukur karena rezeki yang di berikan oleh allah tidak akan pernah habis selagi kita mau membagi kepada yang membutuhkan bagi orang-orang yang tidak mampu dan ibnu sabil.
    dan dalam bathin chrnos berkata ” betul bahwa uang ini aku perlukan sebagi bekalku, tetapi, sesungguhnya
    bekal haji yang paling baik adalah sikap ketaqwaanku” begitu mulia chronos.

  51. uyunurrohmah MPI semester4 berkata

    asaalamualaikum wr.wb
    setelah membaca part 8 dari apa yg dialami cronos hendaknya kita yakin bahwasannya allah memberikan rizki yg tidak disangka sangka jika kita gunakan untuk kebaikan seperti halnya cronos yg dapat melunasi bank dan memiliki bekal yg cukup untuk berangkat haji dalam waktu singkat