Inspirasi Tanpa Batas

Amalan Yang Harus Diketahui Seorang Ibu dan Calon Ibu

0 94

Konten Sponsor

Menjadi seorang ibu bukan hal yang mudah. Ibu merupakan sosok yang tidak ada bandingannya jika dibandingkan dengan manusia yang lain. Menurut hadits pun seorang anak harus menghormati ibunya sampai disebutkan 3 kali baru kemudian ayahnya.

Sosok ibu sangat super kekuatannya. Ia dapat menjalankan 2 peran sekaligus. Menjadi seorang ibu yang sebenarnya, dan menjadi peran seorang laki-laki yang bisa bekerja. Berbeda dengan sosok laki-laki yang akan merasa kaku, jika melakukan aktivitas-aktivitas yang seharusnya dikerjakan oleh seorang wanita.

Sebutan ibu pasti dilontarkan ketika ia sudah bersuami dan memiliki anak. Sebelum memiliki anak pasti menjalankan dulu fase-fase tertentu. Mulai dari menikah, mengandung, melahirkan, menyusui sampai dengan mendidik anak. Disini penulis akan membahas mengenai amalan-amalan yang sebaiknya dilakukan seorang ibu ketika mengandung.

Amalan ketika mengandung :

  • Makan dan minum hendaknya diperoleh dari sumber yang halal. Meskipun tidak dalam keadaan mengandung, sebagai umat Muslim memang dianjurkan untuk memakan dan meminum yang halal.
  • Beribadah sebaik mungkin, berdzikir, membaca Al-Qur’an dan berusaha mendekatkan diri kepada Allah. Ini dilakukan sebaiknya sebelum mengandung dan tidak hanya ketika mengandung saja. Terapkanlah hal ini dalam kehidupan.
  • Lazimnya membaca surat Maryam (untuk mendapatkan anak yang shalih), surat Yusuf (agar mendapat anak yang tampan), dan surat Yasin (agar mudah melahirkan). Ini yang dianjurkan oleh Islam. Tetapi semuanya diserahkan kembali kepada ketentuan Allah, sebab secara medis fisik seorang anak mengikuti gen ayah dan ibunya.
  • Seorang ibu harus mengamalkan doa yang artinya “Ya Allah peliharalah anakku selama dalam kandunganku dan sembuhkanlah ia, sesungguhnya Engkau Maha Penyembuh, tiada sembuhan melainkan penawar-Mu, sembuh yang tidak meninggalkan kesan buruk. Ya Allah jadikanlah ia sehat dan sempurna, cerdik, berakal, dan berilmu serta beramal shalih. Ya Allah, baguskanlah perangainya, fasihkanlah lidahnya, dan pereliklah suaranya untuk memaca Al-Qur’an dan hadits dengan berkat Nabi Muhammad SAW.
  • Ketika ibu kesakitan karena akan bersalin hendaklah membaca do’a yang artinya : “Tiada Tuhan selain Engkau yang Maha Suci, sesungguhnya aku termasuk golongan orang-orang zhalim”

Pahala-pahala yang didapatkan seorang ibu :

  • Ketika hamil sama saja dengan melaksanakan jihad fi sabilillah.
  • Dosa-dosa ibu bersih bagaikan baru lahir kembali.
  • Setelah melahirkan, kemudian menyusui. Satu tegukan dari air susu yang di isap seorang bayi merupakan satu kebaikan.
  • Semalaman seorang ibu tidak tidur karena anaknya sakit. Sama saja dengan memerdekakan 70 hamba sahaya dengan ikhlas untuk membela agama Allah. (Sumber: Masturah (Usaha dakwah di kalangan wanita) Maulana Muhammad Manshur : 72)

Kesimpulan :

Dalam artikel yang penulis kutip dari buku Masturah (Usaha dakwah di kalangan wanita) Maulana Muhammad Manshur : 72), dapat disimpulkan bahwa cara untuk menjaga kandungan tidak hanya dilakukan dengan medis dan bentuk biologis saja. Islam juga memberikan solusi dalam aspek spiritual atau bisa dikatakan sisi rohaniahnya. Sosok perempuan sangat di istimewakan oleh Allah SAW. Apalagi jika di tambah sosok permepuan itu menjadi seorang ibu.

Mengenai anak yang dilahirkan, baik secara fisik ataupun non-fisik, itu menjadi ketentuan Allah. Manusia hanya bisa berusaha. Sebab seorang ibu pasti menginginkan anaknya berperangai baik. Wallahua’lam bish-shawab.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar