Ambil Pelajaran Dari Cara Keuangan Permainan Monopoly

0 36

Siapa orang yang tak mengenal Monopoly. Permainan jenis ini terus bertahan hingga kini. Ternyata, selain fungsinya untuk dimainkan, secara tak sadar, permainan monopoly ini mengajarkan kita tentang keuangan yang ternyata dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Monopoly mengajarkan dalam membuat diversifikasi dalam investasi

Dalam monopoly, jika kamu mempunyai banyak uang, kamu dapat menggunakannya untuk membeli properti, entah itu sebuah rumah atupun hotel. Pelajaran yang dapat diambil adalah, investasi sebaiknya tidak dilakukan dengan satu jenis produk investasi saja. Langkah ini bertujuan menghindari kerugian secara total.

Belajar mengelola aset

Dalam dunia permainan monopoly, seorang pemenang ditentukan berdasarkan banyaknya uang didapat. Oleh sebab itu, para pemain harus pandai mengelola keuangannya. Sama halnya pada dunia nyata, kamu pun harus pandai mengelola asetmu.
Hal ini juga dapat membuatmu untuk memprediksi kapan harga aset-asetmu akan naik atau turun, sehingga ketika berniat untuk menjualnya, kamu tahu dengan pasti kapan akan mendapat untung.

Belajar cara mengatur pengeluaran supaya tidak berutang

Pada permainan Monopoly, biasanya pemain akan terpacu terus untuk membeli properti sebanyak-banyaknya tanpa melihat sisa uang yang mereka miliki dengan harapan mendapat untung yang besar. Namun jika masuk properti pemain lain kemudian kamu harus membayarnya, maka otomatis keuangan kamu jadi berutang.
Begitupun dunia nyata, kamu harus pandai dalam membagi uang untuk investasi, kebutuhan dana darurat, hingga keperluan dana yang lainnya.

Latihan mental saat investasi

Dalam bermain permainan monopoly ini, kamu pasti pernah dalam kondisi keraguan saat ingin berinvestasi.
Meskipun bukan uang nyata, kamu tetap berpikir dua kali untuk melakukan investasi. Di dunia nyata pun begitu, jika kamu dapat mengendalikan diri, selain bisa memperhitungkan segala sesuatunya dengan matang, kamu dapat mendapat untung dari nilai investasimu itu.

Keberuntungan juga memiliki peran dalam kesuksesanmu

Dalam Monopoly, dadu adalah benda yang menentukan langkahmu. Jika mendapat angka bagus, keinginanmu dapat terwujud. Dunia nyata pun mirip seperti ini. Bencana dapat terjadi kapan saja, jadi persiapkan dirimu dengan dana darurat dan asuransi, karena keberuntungan bukan hal yang bisa diperhitungkan.

Monopoly juga mengajarkan berani ambil risiko

Meski dana kamu habis, karena kamu tahu akan mendapatkan banyak uang dari properti yang kamu miliki, kamu pun akhirnya berani ambil risiko. Di dunia nyata pun tak jauh berbeda.
Misalnya, kamu memutuskan membeli tanah di lokasi yang jauh dan belum terlalu berkembang. Namun, kamu telah memperhitungkan dalam beberapa tahun ke depan, lokasi itu akan ramai, maka risiko yang ada pun berani kamu ambil.

Pemenang berarti punya banyak uang

Dalam Monopoly, jika kamu memiliki uang banyak, kamu berkesempatan untuk membeli berbagai properti dan keluar sebagai pemenang. Di dunia nyata, jika kamu mempunya banyak uang, kamu dapat melakukan investasi di banyak hal.
Namun, uang tunai dan nilai aset sebaiknya harus sama. Jangan sampai malah terlalu banyak untuk investasi sehingga kamu tak memiliki uang. (dhirga)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.