Tips Jitu Berkembang Dalam Perantauan “Anak Rantau di besarkan dalam doa”

0 153

Hidup di negri orang itu tidak mudah,butuh proses panjang yang amat berat yang harus di lalui. Berbekal niat yang tulus mencari sebuah masa depan,makna mencari bukan berarti ada yang hilang atau kehilangan namun sebuah filosofi kata untuk terus berusaha dan berproses. Kita sadar bahwa ketika kita di kampong ahalaman mungkin zona nyaman bisa kita rasakan, bisa kita idamkan dengan orang tua,namun tak akan ada hal yang lebih menantang dalam hidup ini jika kita hanya di rumah saja. Jauh dari keramaian mulai menarka-narka akan masa depan, dari pulau Sumatra berlabuh di pulau jawa, sekedar berniat cari kerja namun takdir menuntun nya pada sebuah rel yang sudah di rencanakan tuhan.

Proses itu panjang ibarat sebuah jalan tol yang tersambung jalan pedeesaan,tidak berujung dan tidak selesai. Maknai apa yang kita jalani sebagai harapan hidup,jangan pernah takut lapar,jangan pernah takut sendirian atau bahkan takut akan kematian. Anak rantau hidup dalam doa selalu di damping malaikat Tuhan di dunia.

Pentingnya Sikap Jujur

Ada bebrapa tips jitu agar kita dapat berkembang dalam rantuan yaitu petama jujur. Jujur adalah sikap atau sifat seseorang yang menyatakan sesuatu degan sesungguhnya  dan apa adanya. Tidak di tambahi ataupun tidak dikurangi. Sifat jujur ini harus dimiliki oleh setiap manusia, karena sifat dan sikap ini merupakan prinsip dasar dari cerminan akhlak seseorang.

Jujur juga dapat menjadi cerminan dari kepribadian seseorang bahkan kepribadian bangsa. Oleh sebab itulah kejujuran bernilai tinggi dalam kehidupan manusia.  Kejujuran membawa begitu banyak manfaat bagi siapa saja yang melakukannya.selain itu pula orang jujur akan dipercaya,orang jujur pula akan di sayangi teman dan lingkungan serta orang jujur mudah dalam mendapat pekerjaan dan yang lebih penting oran jujur di cintai Allah swt.

Nurut dan Silaturahmi

Selain jujur ada pula yang kedua yaitu nurut, nurut adalah sikap yang tidak melawan atau menaati perintah ( hal baik ). Nurut juga dapat di artikan tidak menentang atau tidak menentang pada hal yang di perintahkan dan menjalankannya dengan baik. Selanjutnya yang terakhir yaitu silaturahmi, makna nya yaitu menjalin hubungan kekeabatan dengan baik, menjalin suatu ikatan atas dasar kepercayaan dan juga merawatnya.

Beberapa trik itu adalah beberapa cara untuk bertahan di rantau. Karena itu adalah modal utama kita sebagai perantau untuk meraih impian di negri orang.

Semoga apa yang di berikan penulis bisa membantu pembaca untuk mendobrak rasa takut hidup di rantau. Jangan selalu menggantungkan kepada pemberian kedua orang tua. Cuckupkan mereka hanya menafkai kita dalam doa, selebihnya mari kita rintis sendiri jati diri kita di rantauan.

Seberapa besar potensi dan peluang kita itu tergantung seberapa besar kita mampu mendapat kepercayaan dari orang lain dan menjaga nya dengan kejujuran,nurut dan juga tetap jalin silaturahmi.[Apandi Galapagos]


Tentang Penulis Puisi

Anak muda yang satu ini bernama lengkap Ade Aspandi, Yang akrab disapa Apandi Galapagos. Lahir di wonosobo pada tanggal 20 juni 1993, ia menjalankan masa kanak-kanaknya di lampung. Beranjak dewasa ia merantau ke tanah sebrang di Cirebon jawa barat. Hinga gelar sarjana ia dapat bahkan jodohpun ia dapatkan di negri rantau nya, dalam hidup nya ia hanya tau tentang perjuangan karena hidup adalah sebuah perjuangan, pada prinsipnya setiap orang memiliki potensi hanya saja mampukah orang tersebut membuka cakrawala berfikirnya untuk mengembangkan potensinya, namun ingat, ‘’,hidup itu tak semudah kata motivator bayaran , maka teruslah bergerak, sebentar saja kau berhenti berarti kau mati’’

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.