Khasiat Buah Anggur Sebagai Obat Peluruh Kencing

0 102

Anggur mempunyai nama latin Vitis vinifera L. merupakan tumbuhan yang sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat Indonesia khususnya, karena buah ini merupakan buah yang bisa dijadikan salah satu makanan atau buah favorit yang disukai oleh banyak orang meskipun harganya terbilang sangat mahal.

Secara morfologi tanaman ini berbetuk semak menjalar, batangnya berkayu, berbentuk sislidris, menjalar, dan berwarna hijau kecokelatan dengan permukaan halus. Daun nya berwarna hijau, tunggal, tersusun berseling, bentuk daun bundar hingga jorong, helaian daun tipis, pangkalnya berlekuk, dan tepinya bergerigi runcing serta permukaan nya berbulu.

Bunga nya merupakan bunga majemuk, berbentuk malai yang muncul diketiak daun, kelopak berbentuk mangkuk berwarna hijau, daun mahkota berlekatan. Buahnya berupa buah buni, berbentuk bulat atau lonjong, berwarna hijau, ungu, atau hitam. Bijinya berbentuk lonjong dan berwarna cokelat muda.

Perkembangan tekhnologi yang semakin pesat, sehingga sudah diketahui manfaat buah anggur dalam dunia kesehatan. Bagian yang dimanfaatkan nya itu adalah buah dan daun nya. Kandungan dalam buah dan daun anggur yaitu saponin, flavonoida, dan polifenol. Penyakit yang dapat disembuhkan nya yaitu sebagi obat peluruh kencing. Cara penggunaan nya adalah sebagai berikut:

Petik lah daun anggur segar kemudian dicuci sebanyak kurang lebih 15 g, kemudian rebus dengan dua gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring terlebih dahulu lalu diminum dua kali yaitu pagi dan sore hari.

Selain itu, beberapa orang ada yang menggunakan anggur sebagai pencahar ringan untuk penyakit sembelit. Anggur juga diginakan sebagai bagian dari detoksifikasi. Bagian bijinya digunakan sebagai komplikasi diabetes seperti saraf dan masalah mata, meningkatkan pnyembuhan luka, mencegah kerusakan gigi, dan mencegah kanker.

Semoga bermanfaat, jaga selalu kesehatan. Semoga apa yang kita lakukan bisa bermanfaat bagi umat. Aamiin

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.