Indonesia Diprediksi Jadi Raksasa E-Commerce, Lalu Apa Itu E-Commerce?

0 22

Sebagian masyarakat pasti mengenal e-commerce, namun itu hanya di sebagian golongan tertentu saja. E-commerce adalah singkatan dari Bahasa inggris electronic commerce yang artinya perdagangan elektronik. Sedangan arti luasnya adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Dalam industri teknologi informasi, kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-commerce ini merupakan bagian dari e-business, cakupan e-business sendiri lebih luas. Tidak hanya sekadar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian seperti mitra bisnis, owongan pekerjaan pelayanan nasabah dan lain sebagainya. Dalam praktiknya, E-Commerce selain menggunakan teknologi jaringan www, juga memerlukan teknologi basisdata atau yang dikenal databases (pangkalan data), e-mail (surat elektronik) dan bentuk-bentuk teknologi non komputer yang lain. sama halnya seperti sistem pengiriman barang dan alat pembayaran untuk e-dagang.

Perkembangan E-Commerce di Indonesia

Sejak tahun Tahun 1996, saat orang Indonesia mulai menikmati Internet dalam skala yang luas. Dunia e-commerce di Indonesia perlahan tapi pasti terus menunjukan perkembangan yang signifikan. Lalu pada tahun 2005 geliat tersebut mulai terasa. Nah, yang uniknya meski ekonomi sedang berada dalam kondisi yang kurang baik, e-commerce di Indonesia tetap saja mengalami perkembangan dari tahun ke tahun dan itu terus berlanjut. Apalgi sejak Tahun 2010 Perkembangan itu terus merangkak naik seolah tidak terpengaruh oleh kondisi apapun. Dan kini di akhir tahun 2016, e-commerce di Indonesia akan menginjak masa kejayaanya, masyarakat sudah siap menyonsong tahun yang baru, era baru dunia digital. ada beberapa hal yang membuat E-Commerce di Indonesia akan masuk dalam puncak kejayaanya.

Nilai Pasar Yang Kian Meluas

Nilai pasar yang kian meluas seiring dengan terus bertambahnya populasi pengguna Internet di Negara kita ini.  Sudah tentu akan berpengaruh pada pertumbuhan nilai pasar E-Commerce. Hal tersebut terbukti, bawah prediksi angka yang telah dikeluarkan berbagai pihak selalu tepat. Di tahun 2016 ini sendiri, jika dikerucutkan di total diprediksi nilai transaksi E-Commerce di Indonesia diyakini akan menembus angka US$ 4,89 miliar atau  Rp 68 triliun. luar biasa kan?

Indonesia Diprediksi Bakal Jadi Raksasa E-Commerce di Asia Pasifik

Tangguhnya performanya di Indonesia, dan seiring dengan prospek e-commerce yang tengah mengkilat. Menurut beberapa informasi dan data yang selalu di keluarkan peneliti ekonomi, Negara Indonesia diprediksi bakal menjadi raksasa E-Commerce di Asia Pasifik. Dan akan bersaing  bersama dengan Negara India dan Negara China. Menurut data Menkominfo pada 2015 yang lalu nilai transaksi e-commerce mencapai angka US$ 3,56 miliar dan Tahun 2016b di Prediksi mencapai angka US$ 4,89 miliar. Nah tren ini banyak yang memprediksi akan terus meningkat hingga tahun 2020.

Telepas dari itu, hal ini juga pasti ada sisi positif dan negatifnya, dampak dan pengaruhnya seperti apa? Nanti akan kita bahas lebih Lanjut. Yang pasti sentimen positif pelaku pasar terhadap E-Commerce saat ini masih positif. Hal tersebut terbukti dengan semakin menjamurnya penyedia  Online shop. [al/Dari Berbagai Sumber]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.