Apa Itu Idiom dan Bagaimana Cara Mudah Menguasai Idiom ?

0 667

Menguasai Idiom – Ketika kita membaca artikel, buku, sampai lirik lagu berbahasa Inggris. Pasti kita akan menemukan satu kalimat yang didalam kalimat tersebut terdapat beberapa kata. Lalu kita artikan satu persatu katanya. Dan menggabungkan kata-kata tersebut dalam satu kalimat. Hasilnya tidak akan sama dengan maksudnya ataupun bahkan tidak bisa dimengerti sama sekali.

Hal tersebut dalam pembalajaran bahasa Inggris disebut dengan “Idiom”. Dan tidak sedikit orang merasa kesulitan untuk memahaminya.

Sebelum saya jelaskan lebih mendalam tentang arti dari idiom tersebut. Saya akan terlebih dahulu memberikan contoh beserta penjelasannya.

Contoh Idiom dan Penjelasannya

  • Contoh  “you are busy body”. Jika kita artikan setiap katanya. You are artinya kamu. Busy artinya sibuk. Body artinya seorang. Jika kita gabungkan dalam satu kalimat menjadi “kamu adalah seseorang yang sibuk”.
  • Setelah kita pahami terus menerus arti dari kalimat seperti contoh di atas dan mempraktekannya dengan seorang turis, misalnya. Turis itu pasti akan mengerutkan dahinya dan menjawab “what are you talking about” artinya “apa yang kamu bicarakan”. ” im not busy body” artinya “aku tidak kepo” sahut turis itu kembali . Dan berakhir dengan ketidak singkronan maksud dari pemahaman kalimat antara keduanya.
  • Menurut pemahaman saya ada tiga jenis bahasa yang digunakan dalam bahasa Inggris. Pertama, formal, kedua, informal dan ketiga idiom (yang telah dipaparkan dalam contoh tersebut). Tergantung mereka menggunakannya kepada siapa kamu bicara.

Dalam kesempatan ini, saya hanya akan memaparkan pengertian satu dari tiga jenis bahasa Inggris yang sering menjadi permasalahan orang-orang awam. Yakni Idiom. Dan yang sudah sedikit saya uraikan diatas adalah salah satu permasalahan dan contoh bahasa idiom.

Lalu apa Itu Idiom ?. Dalam buku “Kamus Istilah Bahasa dan Sastra Indonesia” halaman 21, idiom adalah frase yang maknanya menyatu dan tidak bisa dipisahkan dengan makna kata pembentuknya.

Jika kita sudah mengetahui arti jenis bahasa idiom tersebut dan belajar dari kesalahan-kesalahan terdahulu, seperti contoh diatas. Kita harus mengetahui kalimat-kalimat idiom yang sering orang-orang gunakan ataupun sebaliknya. Dengan cara sering membuka kamus idiomnya itu sendiri.

Jika hal tersebut menurut kamu akan lebih mempersulit diri. Mengingat kita harus mempunyai uang untuk membelinya. Dan kita harus membaca buku setebal kamus pada umumnya.

Cara Paling Ampuh Menguasai Idiom

  • Teknologi internet dewasa ini selalu siaga menolong kita dalam permasalahan seperti yang sudah kita bicarakan diatas. Kita hanya perlu pergi ke google dan menelusuri dengan kata kunci (keyword) “Contoh-contoh bahasa idiom”. Pasti akan muncul banyak sekali contoh-contoh bahasa idiom yang diuraikan laman google. Kita bisa memilih satu diantaranya sesuai dengan kenyamanan kita untuk memahami contoh-contoh bahasa idiom.
  • Dan jika kamu masih belum puas dengan cara tersebut.  Ataupun masih merasa hal tersebut sulit dijadikan solusinya. Mengingat kamu harus bergulat langsung dengan kata-kata. Kamu bisa mencari cara baru melalui visualisasi yang digambarkan dalam laman youtube.
  • Ketiga cara ini adalah yang paling ampuh, menurut penulis. Yakni dengan menulis beberapa kalimat-kalimat idiom yang sudah di telusuri melalui laman google ataupun youtube lalu mempraktekannya dalam kegiatan sehari-hari kita.
  • Jika lingkungan kita tidak banyak memahami bahasa Inggris. Kita bisa memulainya dengan cara “talking by self” artinya berbicara sendiri dengan benda mati, bisa dengan tembok, atau apapun. Ceritakan semua hal yang sudah terjadi di hari ini ataupun hal-hal yang menrutmu menarik dalam bahasa Inggris lalu sisipkan kalimat idiom di setiap kalimatnya dengan tembok.

Memang hal tersebut cukup “absurd” ataupun aneh. Tapi itulah yang sering saya lakukan. Begitu juga dengan beberapa tutor-tutor bahasa Inggris gunakan yang sering saya temukan. Karena saya sendiri diberi solusi seperti itu oleh tutor-tutor tersebut. Dan menurut saya hal tersebut yang paling efektif. Sekian semoga bermanfaat. (RN)

Penulis :  Rosa Nurtina
Editor   :  Acep Lutvi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.