Apa sih Perusahaan Startup itu ?

5 234

Apa sih Startup itu? Mungkin bagi kebanyakan orang istilah ini masih baru terdengar. Kata Startup ini sendiri merupakan ejaan dari Bahasa Inggris yang artinya proses memulai suatu organisasi atau bisnis baru. Menurut Wikipedia, Startup mengarah kepada perusahaan yang baru beroperasi atau umur perusahaan terbilang muda. Perusahaan-perusahaan ini pada umumnya ialah perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam tingkat pengembangan dan penelitian guna menemukan pasar yang tepat.

Pengertian diatas mungkin lebih pada istilah dan guna, namun startup ini lebih mudah jika arti Startup diartikan sebagai perusahaan baru yang sedang berkembang. Bermula di akhir tahun 90an hingga tahun 2000 dan berkembang sampai saat ini, nyatanya istilah Startup banyak dihubung-hubungkan dengan segala sesuatu yang tercium teknologi, web, juga internet dan lainnya yang berhubungan dengan ranah tersebut. Kenapa hal ini terjadi?

Mari melihat ke belakang, ternyata hal ini terjadi karenakan istilah Startup sendiri mulai popular dan mendunia pada masa buble dot-com, dan apa lagi buble dot-com ini? buble dot-com fenomena adalah ketika periode tersebut (1998-2000) banyak perusahaan dot-com berdiri secara bersamaan.

Pada periode tersebut sedang merajalela perusahaan membuka website pribadinya. Makin juga banyak orang yang mengenal internet sebagai lahan baru untuk memulai bisnisnya. Dan di waktu itu juga, Startup lahir dan berkembang.

Setelah kesana kemari mencari informasi tentang Startup dengan bantuan Google, ada beberapa informasi mengenai karakteristik dari suatu perusahaan yang dapat di golongkan menjadi startup. Beberapa karakteristik perusahaan Startup tersebut ialah:

  • Usia perusahaan yang kurang dari 3 tahun
  • Jumlah pegawai tidak lebih bahkan kurang dari 20 orang
  • Pendapatan lebih rendah dari $ 100.000/tahun
  • Tahap berkembang
  • Beroperasi dalam bidang teknologi
  • Produk berupa aplikasi dengan bentuk digital
  • Beroperasi melalui website

Dari karakteristik diatas mungkin terlihat jelas bahwa stratup lebih mengarah ke perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi dan web. Ya faktanya memang seperti itu, kini perkembangan perusahaan yang lazim diberi nama Stratup adalah perusahaan yang bersinggungan dengan dunia teknologi dan online.

Perkembangan Dunia Startup di Indonesia

Perkembangan Dunia Startup di Indonesia juga memiliki kesan memuaskan dan sangat menggembirakan. Setiap tahunnya atau bahkan setiap bulan banyak founder Startup baru menunjukkan taringnya di dunia ini. Dilansir dari dailysocial.net, masa kini terdapat setidaknya lebih dari 1500-an Startup lokal yang ada di Indonesia. Mungkin dikarenakan Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun menjadikan suatu lahan menggiurkan untuk mendirikan sebuah Startup.

Berdasarkan dari riset, pada tahun 2016 saja kominfo memberikan data pengguna internet di Indonesia mencapai 139 juta orang dan diperkirakan akan mencapai 150 juta pada tahun 2018, dapat anda bayangkan berapa jumlah user internet Indonesia dari tahun ke tahun. Faktor ini juga mempengaruhi daya beli masyarakat yang semakin tinggi, seiring dengan naiknya pendapatan perkapita Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam perkembangan industri digital.

Dengan perkembangan media sosial dan smartphone, pangsa pasar untuk mobile game dan social game pun juga semakin besar. Sementara itu untuk aplikasi atau website yang bergerak di bidang e-commerce dan informasi, tantangannya masih cukup sulit di Indonesia karenakan masih minimnya user kartu kredit. Tapi untuk yang bersinggungan dengan informasi atau berita berbagai topik basahan tema, perkembangannya justru demikian lebih pesat lagi.

Dibutuhkan Tim Yang Solid

Hal kunci yang paling utama untuk mendirikan sebuah Startup adalah tim yang solid, karena dengan adanya tim yang demikian solid bisa memunculkan berbagai ide baru yang kreatif dan inovatif. Dengan ide dan praktik yang tepat, tentunya para founder tidak akan mengalami kesulitan menarik minat masyarakat ataupun mencari investor.

Startup lokal Indonesia yang kini sudah berlabel sukses di dunia maya dan mendunia seperti contohnya kaskus. Semoga Bisnis Startup lokal di Indonesia dapat terus bertambah dan berkembang sehingga bisa merambah pengguna internet internasional seperti Facebook, Twitter, dan lainnya. Amin

(Dunia Startup) (Tim yang Solid) (Perkembangan Dunia Startup) (istilah startup)

  1. fajar berkata

    Makasih artikel nya sangat membantu.. 🙂

  2. Muhammad Afandarys berkata

    Startup…?
    Menarik Juga
    Saya Suka dengan Artikel anda
    dan tidak ada yang melenceng
    Semuanya akurat tentang Startup

    1. Eltendi Dhirgan berkata

      Terima Kasih atas komentarnya mas afan. Semoga artikelnya menambah pengetahuan mas afan tentang perkembangan jaman.

  3. Mbah Adha berkata

    oh saya kirain tuh startup yaitu bisnis buat website gitu

    1. Eltendi Dhirgan berkata

      ya itu salah satunya gan. Jadi kesimpulan bisnis startup itu dapat dihubungkan dengan perusahaan yang menyentuh bidang IT ( Informasi Teknologi )

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.