Apa Sih yang Dimaksud Entrepreneur itu?

1 256

Entrepreneur di definisikan sebagai orang yang mampu menciptakan pekerjaan yang berguna bagi dirinya sendiri. Sebutan tersebut berasal dari kata entrependere (bahasa Perancis) yang artinya adalah sebuah usaha yang berani dan penuh resiko dan juga sulit.

Entrepreneur dapat diartikan juga sebagai orang yang mampu mengolah sumber daya yang ada menjadi sebuah produk yang mempunyai nilai atau mencari keuntungan dari peluang yang belum pernah digarap orang lain. Seorang entrepreneur diartikan juga sebagai seseorang dengan kecakapan mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas. Orang dengan kecakapan dan kemampuan mengubah kotoran dan rongsokan jadi emas tak harus berada di dunia bisnis saja.

Kotoran dan Rongsokan

Mengubah Kotoran dan Rongsokan
Mengubah Kotoran dan Rongsokan

Seseorang yang memiliki jiwa dan kecakapan entrepreneurship ini dapat berada di pemerintah, dunia akademik, atau juga dalam pelayanan sosial. Entrepreneur memiliki sebuah pola pikir (mindset), jiwa (spirit), dan kecakapan yang sama yaitu mengubah kotoran dan rongsokan menjadi suatu yang hebat yaitu emas, namun yang membedakannya adalah tujuan yang ingin dicapai.

Arti mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas terdapat tiga makna utama. Pertama adalah terjadinya sebuah perubahan yang kreatif, berarti dari kotoran dan rongsokan yang tidak berharga itu dan biasanya dibuang orang menjadi sesuatu yang memiliki nilai yang tentunya lebih besar. Kedua hasil akhir dari perubahan memiliki nilai komersial, bukan hanya dianggap sebagai karya yang hebat tetapi juga memiliki nilai pasar yang tinggi. Ketiga adalah untuk mendapatkan emas seorang entrepreneur dapat memulainya dari kotoran dan rongsokan yang tak bernilai, dengan kata lain hanya dengan modal nol.

Sementara, menurut Peggy & Charles (1999), entrepreneur harus memiliki empat unsur pokok ini :

Kemampuan (IQ & Skill)

  • dapat membaca peluang;
  • selalu berinovasi;
  • pintar mengelola;
  • menjual.

Keberanian (EQ & Mental)

  • mengatasi ketakutan yang ada;
  • dapat mengendalikan resiko;
  • kesanggupan keluar dari zona kenyamanan.

Keteguhan Hati (Motivasi Diri)

  • persistence (ulet), pantang menyerah;
  • determinasi (teguh dalam keyakinannya);
  • Kekuatan akan pikiran (power of mind) bahwa Anda juga dapat melakukannya.

Kreativitas

  • mencari peluang.

Sedangkan menurut Edison, entrepreneur mempunyai tiga pokok utama yang harus dimiliki yakni; mengena; diri, percaya diri, serta juga mampu menjual diri. Menurutnya, entrepreneur adalah suatu kemampuan untuk mengelola sesuatu yang ada pada diri kita untuk dapat dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup kita ini. (dhirga)

  1. muhamad Rida Subagja nim (1415104070) TIPS B/III IAIN Cirebon berkata

    Arti mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas terdapat tiga makna utama. terutama saya sangat mengkritisi point makna yang ketiga yaitu hanya dengan modal nol. bukankah seorang intrepreneur itu ketika membangun usaha nya pasti memerlukan uang yang tinggi?? terus bagaimana kita bisa membangun usaha bila kita mempunyai modal nol??.. mohon untuk dijelaskan??

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.