‘’Area Bebas Asap Rokok’’ Peringatan Yang Tak di Indahkan

0 56

Sebuah fenomena yang sangat menggelitik ketika sudah berbicara tentang larangan merokok. Kita tahu bahwa merokok adalah sebuah candu tersendiri bagi penikmatnya. Entah dengan cara apapun larangan tentang bahaya merokok dilakukan Pemerintah dan mereka yang peduli pada kesehatan.

Namun, penikmat rokok tetap saja tidak takut bahkan tetap mengkonsumsi rokok di tempat-tempat yang dengan tegas dilarang. Dalam artikel ini bukan membahas tentang bahaya merokok. Namun, penulis ingin sedikit membuka kesadaran bagi masyrakat khususnya tentang peringan merokok pada tempatnya.

Kita sering baca di tempat-tempat umum tentang larangan merokok pada sebuah area tertentu saja. Peringatan tersebut bukan lah sebuah larangan permanen. Namun hanya untuk saling menghormati antara perokok dan orang yang tidak merokok agar mereka yang tidak merokok tidak termasuk pada (perokok pasif). Larangan tersebut sering kita baca seperti di tempat umum  antara lain di bank, institusi pemerintah, ruangan berAC dan Rumah Sakit.

Satu contoh sederhana, ketika penulis sedang berkunjung ke salah satu Rumah Sakit di daerah Kuningan. Ada bebrapa tempat yang bertuliskan larangan untuk merokok karena di area tersebut harus higienis dan juga tentunya bebas dari mereka perokok.

Selain bnyak pengunjung perempuan, hal tersebut sudah menjadi aturan pemerintah untuk melindungi mereka yang tidak merokok. Namun Pada faktanya masyrakat kurang mengindahkan peringatan tersebut.

Masih saja bnyak masyarakat yang merokok di area tersebut, bahkan tepat di bawah tulisan peringatan larangan merokok. Entah perokok tersebut tidak membaca atau tidak faham makna larangan yang tertera, namun hal ini sayang disayangkan sekali.

Penulis pun perokok berat dalam hal ini. Namun, merokok pun mengajarkan kita untuk ber etika dan menjaga nilai serta norma pada tatanan sosial dalam keseharian. Peringatan yang sering tak di indakan masyrakat itu tidak juga di dukung ketegasan pihak rumah sakit untuk menegur, jadi masyrakat pun seolah tulisan itu di anggap pajangan belaka atau mungkin tulisan itu hanya menggugurkan suatu aturan untuk syarat rumah sakit yang bebas asap rokok.

Etika Bagi Para Peokok

Andai adanya kerjasama yang baik antara masyrakat, yang dapat menjaga etika dan adanya ketegasan pihak terkait hakikatnya peringan pada area tertentu ini akan berjalan sesuai mestinya dan membuka kesadaran bersama.

Mari kita sebagai masyrakat yang ber etika dapat menjaga hal ini, merokok lah pada tempatnya bila berada dikawasan umum, merokok mengajarkan kita nilai, merokok mengajarkan kan kita tentang kemanusiaan, merokok mengajarkan kita saling toleransi.***Apandi Galapagos

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.