Inspirasi Tanpa Batas

SPONSOR

SPONSOR

Arsitektur Lokal Sebagai Kunci Pembangunan Nasional

Sebagai Alternativ Selain Menabung
0 18

Konten Sponsor

Berdasarkan Pandangan Presiden atas Rancangan Undang-Undang (RUU) Tentang Arsitektur Lokal dalam Rapat Kerja Komisi V DPR RI menyatakan “Fungsi peran Arsitektur Lokal di Indonesia memberikan banyak sumbangsih yang nyata dalam pembangunan nasional”.

Hal tersebut menunjukkan bahwa keberadaan profesi Arsitektur Lokal memiliki peranan penting dalam pembangunan struktur dan infrastruktur nasional. Serta kaitannya juga dengan perkembangan sejarah dan kebudayaan lokal Indonesia.

Keberadaan praktik dan profesi arsitek, perlu mendapat perhatian khusus terutama dalam menghadapi ASEAN Free Trade Area (AFTA). Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dan pasar bebas di tingkat global.

Berbagai instrument lainnya yang terkait dengan profesi arsitek harus disiapkan. Termasuk dari sisi regulasi, untuk menjawab tantangan global Tersebut. Sehingga meningkatnya daya saing dan peluang yang semakin luas bagi arsitek Indonesia untuk terjun dan berkompetisi di pasar regional maupun internasional.

Jangan Hilangkan Gaya Arsitektur Lokal

Arsitek sebagai salah satu penentu arah perkembangan. Arsitektur di Indonesia diwajibkan untuk lebih berperan aktif dalam  pemahaman terhadap nilai dan norma masyarakat lokal sebagai tolak ukur.

Selain itu, diperlukan pula kreativitas untuk menjabarkan ciri khas tradisional sebagai sebuah konsep yang telah dimiliki masyarakat sejak dahulu. Kemudian, di masukan dalam bentuk-bentuk yang ramah terhadap lingkungan dan mudah berinteraksi apa makna serta pesan yang akan disampaikan.

Pada saat ini sulit membedakan mana karya yang pantas dan cocok untuk Indonesia, karena perkembangan arsitektur lebih mengarah pada gaya trend global yang tidak mengesankan indonesia.

Komunikasi antara Pemilik Bangunan Peraturan Daerah dan Arsitek Lokal perlu memiliki persamaan prinsip – walaupun pada kenyataannya banyak perbedaaan yang tidak banyak – sehingga kebanyakan karya arsitektur tak hanya sekedar luapan emosi dari Arsiteknya.

Peran Arsitek Lokal adalah menciptakan suatu lingkup atau ruang sebagai kelangsungan hidup manusia demi tercapainya kondisi optimal bagi kemajuan masyarakat sebagai user dan terpeliharanya fungsi-fungsi alam dalam interaksi yang dinamis.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar