Inspirasi Tanpa Batas

Pengertian serta Kelebihan dan Kekurangan Artificial Intelligence (AI)

0 149

Konten Sponsor

Dengan seiringnya perkembangan teknologi, AI (Artificial Intelligence) semakin berkembang lebih pesat, banyak perusahaan perusahaan teknologi sedang mengembangkan AI tersebut, bahkan perusahaan Google yang dianggap sebagai raksasa perusahaan teknologi sedang berkopetensi dengan perusahaan lain untuk mengembangkan Artificial Intelligence tersebut.

AI (artificial intelligence) atau yang lebih dikenal dengan kecerdasan buatan mungkin sudah tidak asing lagi, AI sendiri merupakan salah satu bagian dari ilmu komputer yang dibuat agar mesin dapat melakukan pekerjaan atau memecahkan permasalahan seperti layaknya manusia.

Istilah kecerdasan buatan sendiri berasal dari bahasa Inggris dari kata “artificial intelegence“. Artificial yang berarti buatan, sedangkan Intelligence sebuah kata sifat yang berarti cerdas. Jadi artificial intelligence merupakan suatu buatan yang cerdas (ketajaman atau kepandaian dalam berpikir).

Pengembangan Artificial Intelligence ini digadang gadang akan menggantikan posisi manusia, bahkan bisa dikatakan lebih pintar dari manusia. Akan tetapi, tetap saja artificial intelligence ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Berikut ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Artificial Intelligece.

Kelebihan Artificial Intelligence

  • Bersifat permanen, tidak berubah (tergantung pada sistem komputer dan program).
  • Dapat menyimpan berbagai informasi atau data tanpa adanya batasan (dapat disesuaikan dengan kebutuhan)
  • Cepat dan akurat dalam mengerjakan suatu pekerjaan (dalam sistem kerjanya)
  • Kemampuan memecahkan masalah yang kompleks
  • Bisa  menduplikasi dan mentransper suatu kemampuan dengan mudah dari satu komputer ke komputer lain
  • Penggunaan tanpa adanya batas waktu, ini karena AI tidak mengenal rasa lelah dan bosan

Kekurangan Artificial Intelligence

  • Kecerdasan yang ada pada Artificial Intelligence tergantung pada apa yang diinput oleh programer (terbatas pada suatu program)
  • Tidak memiliki Common Sense. Common Sense adalah kemampuan yang tidak hanya sekedar memproses sebuah informasi, melainkan mengerti akan informasi tersebut
  • Tidak memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan, pengembangan pengetahuan pada Artificial Intelligence tergantung pada sistem yang dibangun.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Artificial Intelligence. Artificial Intelligence unggul dalam hal waktu tunda propagasi yang mana AI lebih unggul dari manusia dalam hal perhitungan numerik. namun tetap saja kecerdasan manusia tidak dapat tergantikan oleh kecerdasan buatan, karena kecerdasan buatan itu sendiri dibuat oleh kecerdasan manusia.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar