Audit Lingkungan Guna Memperbaiki Gaya Hidup

0 22

Audit Lingkungan Guna Memperbaiki Gaya Hidup – Properti hijau adalah suatu standar kualitas perumahan. Karena itulah, perlu adanya suatu kontrol audit untuk menjaga kualitas. Audit lingkungan adalah suatu layanan yang dapat diberlakukan untuk menilai dan memberi saran pada para penghuni rumah untuk hidup dengan cara yang lebih ramah lingkungan.

Audit lingkungan merupakan istilah yang telah digunakan untuk menilai dampak lingkungan secara nasional dan internasional. Usaha properti juga merupakan satu sektor bisnis yang sebenarnya dapat berkembang dengan baik jika menjalankan usahanya melalui layanan audit lingkungan. Namun ini hanyalah contoh pemikiran dari sudut pandang dunia usaha. Lalu bagaimana dengan skala yang lebih kecil, misalnya rumah yang sudah dimiliki individu? Audit lingkungan seperti apa yang dapat diterapkan untuk memperbaiki gaya hidup kita?

Planet kita ini telah mengalami perubahan besar. Di berbagai negara terjadi pergeseran musim hujan dengan musim kering; peningkatan suhu mengubah pola pertanian serta merusak tanaman dan satwa liar; masyarakat daerah pesisir merasa semakin terancam ombak besar; curah hujan meningkat dan mengakibatkan banjir. Kita perlu memikirkan cara menemukan solusi untuk masalah ini. Peran apa yang dapat dilakukan kalangan rumah tangga?

Di Inggris telah berdiri lembaga Energi Saving Trust (EST), yang bekerja secara konsisten untuk mengurangi konsumsi energi rumah tangga hingga 20%. Hal ini mereka lakukan dengan berbagai cara sederhana, misalnya dengan mencabut peralatan listrik di malam hari, mengurangi daya listrik setiap rumah, juga memberi layanan jasa pemasangan perangkat penghasil energi, seperti turbin angin dan panel surya.

Peran mereka terbilang penting, karena pemerintah Inggris kini telah berkomitmen untuk memenuhi target tertentu dalam standar audit lingkungan mereka. Untuk mencapai ini, pihak pemerintah setempat telah menggelontorkan dana hibah untuk membuat rancangan peraturan dan standar bangunan ramah lingkungan. Standar ini misalnya mengatur kadar toleransi karbon pada sebuah bangunan. Nah, lembaga EST ada untuk membantu pemerintah memenuhi tujuan ini.

Perubahan gaya hidup adalah pilihan yang tidak sulit. Kita dapat membuat perubahan kecil mulai dari rumah kita sendiri. Rancanglah sebuah standar ‘hijau’ untuk mengaudit rumah Anda sendiri. Jika Anda tidak tau berapa banyak energi yang diperlukan untuk menyalakan sebuah lampu di kamar Anda, bertanyalah pada orang-orang yang dapat memandu Anda, misalnya para staf listrik dari PLN.

Audit penggunaan listrik dengan sistem prabayar

Di Indonesia sendiri PLN sudah menjalankan layanan listrik prabayar. Layanan ini merupakan suatu cara untuk menghemat penggunaan listrik. Energi listrik dijual pada pelanggan dengan cara membayar di muka. Singkatnya, sebelum menggunakan listrik dari PLN, pelanggan terlebih dahulu membeli sejumlah nominal energi listrik sesuai yang dibutuhkan. Dengan cara ini, kendali penggunaan listrik sepenuhnya ada pada diri pelanggan. Anda tidak perlu lagi melihat tagihan listrik yang membengkak karena penggunaan listrik yang tak terkontrol. Dengan layanan listrik prabayar, pelanggan tidak hanya dapat mengetahui jumlah konsumsi energi listrik, namun juga dapat melihat berapa energi listrik yang masih tersisa untuk dapat digunakan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.