Inspirasi Tanpa Batas

Beberapa Kunci Rahasia Menjaga Keistiqomahan Menurut para Ustadz

0 46

Konten Sponsor

Hijrah adalah proses berpindahnya diri dari hal buruk kepada hal baik, dari tidak mengenal Allah menjadi mengenal Allah. Selain itu hijrah adalah kembali beriman kepada Allah jika sebelumnya kita tidak beriman. Hijrah adalah proses dimana kita berniat untuk memperbaiki diri untuk menggapai ridho Allah SWT. Dalam Risalah Tabukiyah, Imam Qoyyim membagi hijrah menjadi 2 macam.

Pertama, hijrah dengan hati menuju Allah dan rasul-Nya dan ke-dua adalah hijrah dengan badan dari negri kafir menuju negeri Islam. Diantara kedua macam hijrah tadi, hijrah dengan hati kepada Allah dan rasul-Nya adalah yang paling pokok. Hal yang penting dalam berhijrah adalah istiqomah, tahapan ini adalah tahapan yang sangat sulit. Bagai mana kita tetap bisa bertahan dalam koridor hijrah kita, tidak kembali lagi kepada masa lalu.

Abu Ammrah Sufyan bin Abdullah RA, ia berkata: Aku telah berkata: Wahai Rosulullah, katakanlah kepadaku tentang islam. Suatu perkataan yang aku tak akan dapat menanyakannya kepada seorangpun kecuali kepadamu. Bersabdalah Rosulullah SAW: Aku telah beriman kepada Allah, kemudian beristiqomahlah kamu (HR. Muslim).

Jika sekarang kita telah berhijrah maka istiqomahlah, jangan sia-siakan hijrah kita, jangan kembali lagi kembali pada masa-masa itu. Masa diman kita tidak mengenal Allah, masa dimana kita sendiri dan tidak ada yang bisa membantu kesulitan kita. Tapi kita yakin dikit demi sedikit  kita dapat menaiki tangga istiqomah yang nantinya akan membawa kita kepada surga-Nya. Kunci rahasia agar kita bisa menjaga istiqomah kita menurut beberapa Ustadz.

1 Ustadz Abdul Somad lc, MA

Ustadz Abdul Somad lc, MA

 

 

Kita pahami bahwa ibadah kita tidak menolong kita masuk surga, sebab kita masuk surga karna rahmat Allah. Untuk mendapatkan rahmat Allah kita bisa infaqkan harta kita, duduk di rumah Allah untuk mendapat rahmat Allah.

Ustadz Somad berpendapat bahwa usahakan selalu berjamaah dalam beribadah, ada adzan langsung berjamaah dan jika ada pengajian kita ikuti. Karena serigala hanya menerkam kambing yang memisahkan diri dari jama’ahnya. Selalu bermuhasabah diri, meminta ampunan atas dosa-dosa yang sudah kita lakukan di masa lalu.

2 Ustadz Khalid Basalamah

<strong>Ustadz Khalid Basalamah</strong>

Ustadz Khalid mengatakan Jangan tinggalkan majlis ilmu,” berikan simbol bahwa tiada hari tanpa ilmu”. Sebab ilmu merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan kita. Kemudian Amalkan ilmunya, sebab ilmu didapat amalkan, baik kepada diri sendiri atauu orang lain. Terakhir bentuklah sebuah komunitas dengan teman yang menjauhkan dari Allah.

3 Ustadz Salim A. Fillah

<strong>Ustadz Salim A. Fillah</strong>

Orang istiqomah justru orang yang merasa kurang, merasa senantiasa harus menambah kepada dirinya satu kebaikan untuk menambah ridho Allah. Jadi jangan pernah merasa cukup dalam soal ini, amal yang paling dicintai oleh Allah adalah amal yang terus menerus dilestarikan.

Amal tersebut harus tetap dijaga meskipun itu sesuatu yang kecil dan sedikit. Sebab dengan amalan seperti itu kita kebih mudah diajar oleh Allah, kita lebih mudah dididik oleh Allah. Hal tersebut supaya kita menjadi seorang yang dikuatkan oleh Allah untuk menjadi seorang yang ikhlas.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar