Beberapa Sumber Pilihan Modal Untuk Pebisnis Startup

0 17

Beberapa Sumber Pilihan Modal Untuk Pebisnis Startup – Membangun startup tentu akan membawa Anda pada sejumlah kebutuhan pada pengembangan bisnis. Dimana untuk memenuhi hal tersebut Anda membutuhkan modal yang cukup. Kata cukup tentu sangat relatif, tergantung pada berapa. Serta bagaimana membuat sejumlah uang tersebut dapat menjalankan yang sedang dibangun tersebut.

Ada banyak startup yang dibangun dengan modal kecil-kecilan, dimana pemiliknya hanya memulai bisnis start up tersebut dengan berbagai strategi yang efektif dan juga tepat. Tapi jika berkeinginan untuk membangun sebuah startup yang menghasilkan. Tentu akan sangat lebih baik jika ternyata usaha tersebut di dukung modal yang mencukupi.

Dalam perkembangannya, bisnis startup memiliki sejumlah kendala dalam mendapatkan modal berbentuk pinjaman dari bank. Hal tersebut biasanya terkait dengan masalah administrasi dan juga beragam ketentuan lainnya yang terbilang cukup berat untuk sebuah startup yang baru akan berjalan. Namun, bukan berarti bisnis start up ini tak bisa mendapatkan modal sama sekali. Ini dia beberapa pilihan sumber modal yang dapat dipertimbangkan di bawah ini:

Perusahaan modal ventura

Perusahaan modal ventura merupakan perusahaan yang berfokus pada investasi dalam negeri. Perusahaan ini memiliki konsep yang berbeda dengan bank. Di mana mereka tak akan menerapkan sejumlah persyaratan agunan dan juga cashflow perusahaan ketika akan memberi modal.

Sistem yang mereka gunakan adalah sistem bagi hasil, sehingga Anda tak akan dikenakan sejumlah kewajiban cicilan setiap bulannya. Konsep ini lebih mirip seperti penanaman modal dalam suatu perusahaan, di mana keuntungan dan juga kerugian akan dibagi dengan mereka.

Inkubator atau ekselerator

Kedua sistem terbilang hampir sama. Namun inkubator menginkubasi startup sedemikian rupa hingga matang dan siap untuk diluncurkan, sedangkan ekselerator hanya akan memacu para start up agar lebih maju dengan pesat. Pada praktiknya, kedua konsep ini dapat dijalankan dengan berdampingan. Ada banyak program yang berhasil dikembangkan dengan menggunakan kedua konsep tersebut.

Crowdfunding

Konsep crowdfunding merupakan cara pengumpulan sejumlah dana dengan massal melalui sebuah situs tertentu, di mana masyarakat di ikutsertakan dalam pengumpulan dana tersebut dengan tujuan untuk menjalankan sebuah ide. Konsep tersebut cukup banyak digunakan dan terbukti berhasil. Anda juga dapat menemukan crowdfunding lokal dalam membantu pengadaan modal bagi start up.

Minta pinjaman dari keluarga

Jika ternyata beberapa konsep di atas tidak dapat dijadikan sebagai sumber modal start up, maka ada baiknya memikirkan untuk mencari bantuan pinjaman saja. Sampaikan start up bisnis kepada keluarga dan juga mintalah bantuan modal kepada mereka. Ini mungkin akan membuat Anda memiliki sejumlah utang, namun jika dipergunakan dengan tepat maka hal tersebut tentu kelak bisa dibayarkan juga.

Rencanakan dengan tepat

Membuat startup bisnis tentu bukan lagi hal yang asing bagi sebagian besar orang, terutama mereka yang memang begitu menyukai bisnis dengan konsep yang sederhana. Janganlah menunda untuk memulai bisnis startup, rencanakan dengan tepat serta kembangkan bisnis startup dengan menyenangkan, terutama jika memiliki passion di bidang tersebut.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.