Inspirasi Tanpa Batas

Belajar Prosedur Hukum Waralaba

0 6

Konten Sponsor

Belajar Prosedur Hukum Waralaba – Jika usaha Anda saat ini terbilang sukses, Anda dapat mewaralabakan usaha tersebut supaya semakin dikenal khalayak luas. Anda mungkin saat ini bingung karena terbentur masalah kurangnya pengetahuan tentang hukum mengenai waralaba. Tentunya, untuk dapat membuat badan usaha waralaba, Anda perlu mengetahui berbagai landasan hukumnya.

Waralaba adalah salah satu upaya untuk semakin membuat bisnis Anda “mantap”. Sebab, waralaba akan membuat bisnis Anda berekspansi dengan cara yang jauh lebih murah ketimbang membuka cabang yang memang Anda kelola sendiri.

Mempelajari PP

Untuk memulainya, Anda perlu mempelajari peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, yaitu Peraturan Pemerintah RI No. 42 Tahun 2007 tentang Waralaba. Dalam beleid tersebut, yang dimaksud dengan waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh perseorangan atau juga badan usaha, terhadap suatu sistem bisnis tertentu, yang bekerja memasarkan barang dan/atau jasa. Produk barang/jasa tersebut adalah produk yang telah terbukti berhasil serta dapat dimanfaatkan atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan dalam Perjanjian Waralaba.

Suatu usaha dapat diwaralabakan apabila memenuhi enam kriteria, yaitu; memiliki ciri khas usaha, terbukti telah memberikan keuntungan, memiliki standar pelayanan serta barang/jasa yang ditawarkan yang dibuat secara tertulis. Mudah diajarkan dan juga diaplikasikan, memiliki dukungan berkesinambungan, dan juga Hak Kekayaan Intelektual-nya sudah terdaftar.

Selanjutnya Anda perlu membuat Prospektus Penawaran Waralaba untuk calon Penerima Waralaba. Prospektus ini setidaknya terdiri atas; data identitas sang pemberi waralaba, legalitas usaha pemberi waralaba, adanya sejarah kegiatan usaha, struktur organisasi si pemberi waralaba, laporan keuangan dua tahun terakhir, jumlah tempat usaha, daftar penerima waralaba, hak dan kewajiban pemberi waralaba dan penerima waralaba. Prospektus tersebut harus didaftarkan di Kementerian Perdagangan, dan dari sana Anda akan mendapatkan Surat Tanda Pendaftaran Waralaba.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar