Benda Benda di Ruang Angkasa

0 161

Ruang angkasa berisi berbagai macam jenis benda, yang berderet dalam ukuran-ukuran partikel semi-atom sampai dengan debu dan benda-benda langit yang juga lebih besar lagi. Akan tetapi, dengan ukuran standar bumi, ruang angkasa itu hampa. Ketebalan rata-rata benda di ruang angkasa pun sangat rendah, mungkin rendah 1 molekul per cm3. Sebagai perbandingannya, atsmosfer bumi adalah berjuta kali lebih padat.

Seperti halnya semua jenis benda, benda kosmos pun berada dalam berbagai keadaan energi. Namun, benda kosmos memancarkan gelombang radiasi elektromagnet yang berbeda panjangnya. Jika gelombang electromagnet itu telah tertangkap oleh frekuensi radio penerima, gelombang dapat diterima oleh teleskop radio di bumi. Para ilmuwan kemudian menganalisis gelombang – gelombang tersebut untuk meneliti pola kimiawi dari atom dan molekul yang telah di pancarkannya.

Pola Kimia Untuk Menemukan Suatu Organisme

Para ilmuwan telah meneliti sejumlah pola kimia, yang berhubungan dengan kehidupan di bumi di antara molekul – molekul dari langit tersebut, yaitu bahwa mereka sesuai benar dengan unsur dan senyawa yang merupakan bagian dari tata kehidupan, yang membantu adanya kehidupan atau yang di produksi oleh suatu organisme. Bahan yang ditemukan di ruang angkasa meliputi air, amoniak, metan, formaldehyde, sianogen, hydrogen, dan juga alcohol metil. Senyawa – senyawa ini, kecuali air dan amoniak (dan yang tidak termasuk ke dalam unsur hydrogen), semua yang mengandung karbon.

Bagaimana unsur kimia ini terjadi? Sebagian besar ilmuwan percaya bahwa berbagai zat ini berasal dari benda mati atau anorganik, yaitu unsur kimia biologi yang berkembang dari system yang tidak hidup. Pendapat ini disebut evolusi kimiawi kehidupan. Hal ini erat hubungannya dengan kejadian dan perkembangan suatu planet dan asal usul kehidupan. Dalam hal ini, tampak adanya kesamaan jenis pengertian kimia yang diyakini muncul pada awal sejarah kejadian suatu planet yang mendahului adanya kehidupan di sana. Pertanyaan yang telah muncul dari sebagian besar para ilmuwan adalah bagaimana unsur biologi tersebut mengarah kepada pembentukan benda yang hidup.

Komentar
Memuat...