Inspirasi Tanpa Batas

Bendera Indonesia menjiplak Bendera Monako, ataukah sebaliknya?

0 116

Konten Sponsor

Bendera merah putih merupakan simbol dari identitas negara yang tidak hanya digunakan Indonesia, tetapi juga negara Monako. Jika seperti demikian, pasti akan timbul tanya, tentang apakah Indonesia yang meniru Bendera Monako atau sebaliknya?. Daripada kalian penasaran, yuk disimak, sebenarnya yang lebih dahulu memakai bendera merah putih itu, negara mana ya?.

Walaupun bendera Indonesia dan bendera Monako terlihat seperti tidak ada bedanya. Tetapi jika disimak lebih spesifik. Ternyata skala yang digunakan antara bendera Indonesia dan bendera monako itu berbeda. Indonesia menggunakan skala 2:3. Sedangkan Monako menggunakan skala 4:5.

Begitu juga filosofis yang terkandung dalam bendera Monako dan Indonesia itu sendiri yang sama berbeda. Jika kalian penasaran dengan pernyataan tersebut, penulis akan menjelaskan lebih detailnya dalam sub-sub judul di bawah ini.

Bendera Indonesia

Warna yang diambil bendera Indonesia, berasal dari warna bendera Kerajaan Majapahit pada tahun 1293 M. Pada saat itu kerajaan Majapahit mengambil warna merah dan putih, karena melihat dari bahan makanan Indonesia yang tidak akan pernah lepas dari gula merah dan beras. Ternyata sampai sekarang juga bahan makanan Indonesia yang dijadikan sebagai simbol Bendera Indonesia tidak bisa dilepaskan oleh masyarakatnya.

Bahkan menurut beberapa sumber yang telah penulis temukan, jauh sebelum kerajaan Majapahit, bendera merah putih sudah dipakai oleh beberapa kerajaan sebelum kerajaan Majapahit itu sendiri muncul. Dibuktikan ketika para balatentara Jayakatwang dari Gelang-gelang menyerang kerjaan Singasari dengan menggunakan panji yang berwarna merah dan putih.

Pembuatan panji berwarna merah dan putih tidak lepas dari teknik pewarnaan teksil pada masa Indonesia Purba yang sebagian besar menggunakan kedua warna tersebut. Dimana pada saat itu, warna putih diambil dari kapuk dan katun yang ditenun menjadi selembar kain. Sedangkan zat pewarna merah berasal dari warna alami buah manggis, daun pohon jati, atau dari bunga belimbing wuluh.

Selain itu, kerajaan Sisingamangaraja pada abad ke 9 dari Tanah Batak juga menggunakan bendera yang berwarna merah dan putih pada abad ke 12. Dengan gambar dua pedang yang kembar berwarna putih dan warna dasar bendera yang merah.

Bendera Monako

Warna merah putih yang diambil negara Monako, berasal dari corak khas Kerajaan Grimaldi pada tahun 1339. Sebagaimana awalnya, sebelum menjadi Negara, Monako merupakan sebuah kerajaan yang dipimpin oleh keluarga Grimaldi dari tahun 1297. Pemimpin pertama dari kerajaan tersebut bernama Francoise Guelph Grimaldi. Ia merupakan keluarga dari kerajaan Genoa di Romawi. Pada abad 10, ia berhasil mengusir Bangsa Barbar dari Monako, sampai pada abad ke 13 ia mendirikan kerajaan Grimaldi.

Kesimpulannya, Meskipun bendera Monaco sudah ada semenjak tahun 1339. Tetapi bendera Monako mulai muncul ke permukaan sebagai simbol dari identitas negara pada tahun 1881, saat Monako meraih kemerdekaan. Walaupun dari pertama bendera Monako itu dari pertama dilahirkan sebelum sampai sekarang telah mengalami beberapa perubahan dalam desainnya.

Kesimpulan

Jika dilihat dari usia kemerdekaan atau resmi, Negara Monaco adalah negara yang paling awal memakai bendera berwarna merah dan putih. Sedangkan jika dilihat dari filosofi pemakaian bendera merah dan putih, Indonesia adalah negara paling awal yang memakai bendera berwarna merah dan putih.

sumber : berbagai sumber

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar