Take a fresh look at your lifestyle.

Berbisnis dengan Tuhan | Mencari Tuhan di Kaki Ka’bah Part- 7

50 117

Berbisnis dengan Tuhan – Malam menjelang pagi, Crhonos meyakinkan dirinya sendiri. Beberapa saat setelah dia melaksanakan shalat shubuh, keputusan bulat telah diambil. Crhonos, akhirnya memberangkatkan semua. Ia berencana untuk mengajak ke dua orang tua dan mertuanya, pergi secara bersama ke tanah suci.

Uang yang tadinya hanya diperuntukkan dua orang, dirubah menjadi lima orang. Ia meminta adiknya, Amin, untuk menjemput kedua orang tua dan mertuanya. Ia berguman dalam hatinya: “Ya Allah … jangan kau goyahkan keyakinanku. Berilah kami kekuatan untuk melaksanakan kebulatan tekadku”

Ia ke luar dari tempat shalatnya dan merebah sedikit, karena belum tidur. Masuk ke kamarnya dan menyelimuti tubuhnya. Akhirnya tertidur dengan pulas sampai waktu menunjukkan 8.30 dini hari. Ia bangun, mandi, makan dan melaksanakan shalat dhuha. Lalu ia merenung sejenak dan menggendong anak keduanya, ke taman rumahnya.

Crhonos Mendatangi  Bank

Hari itu, setelah merenung panjang, Crhonos mendatangi salah satu bank Syari’ah. Ia menemui salah satu petinggi di bank tersebut. Ia ingin uang yang dikirim Guru Syadily segera disimpannya. Ia merencanakan menyimpan dana hasil penjualan tanah guna tabungan haji.

Ia mengatakan, bahwa dirinya akan berangkat ibadah haji. Awalanya ia tidak meminta fasilitas pendanaan dari bank syariah flat merah itu. Namun setelah berdialog agak panjang, akhirnya ia merubah niatnya. Ia bertemu dengan kawan lamanya dan terjadilah dialog berikut ini:

“Sobat aku punya uang. Mau saya tabungkan untuk keberangkatan ibadah haji. Tadinya, mau saya gunakan untuk membayar lunas semua kepentingan ongkos ibadah haji kami berdua. Tetapi, kami memiliki keluarga yang juga belum ibadah haji. Aku akan membagi uang ini, untuk lima orang. Nggak tahu kapan lunasnya, tetapi saya akan memulainya untuk menabung.

Imam petinggi bank dimaksud mengatakan: “Mengapa Nabung. Uang sebesar itu, cukup ko untuk memberangkatkan ibadah haji dalam kepentingan lima orang. Bank ini memiliki skim fasilitas pembiayaan haji. Daripada nabung, entar terlalu lama. Orang tua keburu terlalu tua. Saya bantu pakai fasilitas bank aja ya … kata Imam. Crhonos diam … masyaallah. Ini bener ada ruang untuk itu. Iya …. marginnya kecil ko. Nggak seberapa lah … Insyaallah tahun depan bisa berangkat kalau anda mengikuti skim ini.

Ia merenung beberapa saat. Setelah itu, Crhonos mengatakan, oke kalau begitu! Aku akan mencoba melaksanakan bisnis bersama Tuhan. Jika dalam waktunya, aku tak mampu menyelesaikan hutang ini sebelum berangkat haji, maka, aku ragu atas apa yang disampaikan kyai saya waktu dulu. Jika mampu melunasinya, maka, apa yang disampaikannya menjadi turut meyakinkan aku, bahwa Tuhan bukan hanya sekedar ada, tetapi, ia memang memiliki kuasa yang sangat lebih dibandingkan dengan apapun yang ada di seluruh jagad raya ini.

Semua menjadi Serba Mudah

Itulah hari yang sangat bersejarah dalam hidup. Crhonos dan keluarga besarnya, akhirnya dapat melunasi ongkos ibadah haji. Meski harus dicatatatkan bahwa pelunasan yang sesungguhnya, entah kapan. Ia pasrah pada Tuhan secara total. Setelah hari itu, besoknya ia dan seluruh keluarganya mendatangi Kantor Imigrasi. Ia membuat paspor selama satu minggu lamanya. Setelah paspor didapatlan, ia kemudian menemui Kepala Kantor Kementerian Agama.

Kebetulan Kepala Kantor Kementerian Agama itu adalah senior Crhonos.  Jadi, dia sedikit banyak gampang memperoleh informasi tentang bagaimana cara yang harus ditempuh guna pendaftaran ibadah haji. Ia dan lima anggota keluarganya akhirnya  mendaftarkan pelaksanaan ibadah haji. Terdaftarlah lima orang untuk berangkat ke tanah suci. Tak ada yang tak meneteskan air mata saat segalanya sudah dilakukan. Semuanya meneteskan air mata haru, terlebih tentu Siti dan Vetra. Keduanya adalah wanita yang begitu bersemangat untuk berangkat haji dengan cara apapun, proses itu harus dilaksanakan.

Karena kebetulan belum terlalu padat, maka, pihak kementerian Agama memberitahukan kalau keberangkatan kami tahun depan. Akhirnya kami disarankan untuk mengikuti manasik haji di salah satu penyelenggara haji. Kami mengikuti KBIH Islamic Center. Tiga bulan kemudian, kami mengikuti manasik haji.

Takdir berkata lain. Karena mertua Crhonos, sakit akut. Sama dengan bapaknya, Shofi. Hanya jika Shofi masih bisa memaksakan diri, mertuanya, sama sekali tidak mungkin menurut dokter. Karena itu, urung berangkat mertuanya. Yang tersisa tinggal empat orang lagi. Mereka rutin mengikuti kegiatan manasik haji dua minggu sekali di KBIH dimaksud.  By. Charly Siera –bersambung

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

  1. maemunah fadillah berkata

    Assalamu’alaikum
    Dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan, ini adalah pesan yang sesuai dengan apa yang telah diceritakan dalam novel part 7 ini.

  2. Rif'atul Ula (3 MPI A) berkata

    (Part 7) Alhamdulillah, Pada part ini menunjukkan bahwa Allah akan memudahkan jalan untuk hamba-Nya yang ingin mendekatkan diri kepada-Nya dengan diiringi ikhtiar dan do’a semaksimal dan sesempurna mungkin.

  3. akhmad afifudin berkata

    Part 7
    Bismillahirrahmanirrahim
    Part 7 mengajarkan kepada kita semua tentang kekuasaan allah yang tiada tara hanya allahlah yang mengetahui rencana seorang hamba baik atau tidaknya niat crhonos untuk berangkat berdua, bisa dijadikan untuk keberangkatan lima orang, tapi ini sudah menjadi jalan yang terbaik yang diberikan oleh allah asalkan kita yakin allah pasti memberikan jalan yang terbaik.mudah mudahan pembaca dapat mengambil hikmahnya

  4. Sukinih berkata

    sesungguhnya kehormatan yang sangat berarti . berbisnis di jalan allah pasti akan berkah dan niat yang baik akan di permudahkan jalannya oleh allah SWT. sekian.

  5. Elok Firdausiana berkata

    Cita-cita yang mulia yang di inginkan oleh chronos telah Allah berikan dan mudahkan jalannya, walaupun dengan cobaan dan rintangan, tetapi chronos tidak putus asa dalam berusaha dan berdoa. Maka disinilah letak kebesaranNya, bahwa Allah akan memudahkan jalan bagi siapa saja yang mau berusaha untuk hal kebaikan . Sungguh mulianya cita-cita chronos

  6. Elok Firdausiana berkata

    Cita-cita yang mulia yang di inginkan oleh chronos telah Allah berikan dan mudahkan jalannya, walaupun dengan cobaan dan rintangan, tetapi chronos tidak putus asa dalam berusaha dan berdoa. Maka disinilah letak kebesaranNya, bahwa Allah akan memudahkan jalan bagi siapa saja yang mau berusaha untuk hal kebaikan

  7. dezidni tazqiah MPI 3 berkata

    Novel part 7 menceritakan Crhonos dan keluarga besarnya, akhirnya dapat melunasi ongkos ibadah haji. Dan keinginannya untuk memberangkatkan orang tua nya berhaji terkabulkan. Karna Allah akan memberikan kemudahan dan jalan bagi siapa saja yang mau berusaha di jalannya.

  8. Amalia Fitriyanti berkata

    Subhanallah…
    Dengan segala cobaan yang dilaluinya, Allah memberikan kemudahan asalkan kita mau berusaha. Semua nya akan di beri kemudahan oleh Allah. Bersyukur lah atas yang Allah berikan kepada kita.

  9. Siti Hamidah Tadris IPS A / 1 berkata

    Assalamu’alaikum.
    Dalam part 7 ini menjelaskan bahwa usaha seseorang tidak akan pernah sia-sia apabila seseorang tersebut sabar terhadap apa yang ia dambakan. Dan tak lupa pula berdo’a harus diiringi dengan usaha, supaya apa yang di inginkan akan terwujud. Walaupun pada awalnya kita harus melewati berbagai rintangan tetapi pada akhirnya allah membuka jalan untuk kita, dengan terwujudnya suatu keingginan yang kita mau selama ini.

  10. Intan Sulistiani MPI-B/SMT III berkata

    Saya awali dengan kata subhanallah maha suci allah, maha besar allah yang telah menakdirkan setiap hambanya, sebaik-baik pembuat skenario, suatu keyakinan dengan disandarkan kepada Allah tidak ada yg tidak mungkin, innallaha ma’ana diiringi dengan ikhtiar, husnudhon, dan doa.
    Sekian.

  11. Asri Wulandari berkata

    Tuhan akan mencatat niat baik seseorang meskipun hanya sebatas niat. Namun tuhan tidak akan mencatat niat buruk seseorang sebelum akhirnya kejahatan itu dilakukan. Dari kisha cronos ini menunjukan Bahwa tuhan akan senantiasa bersama hambaNya, memudahkan hambaNya yang berkeinginan dalam hal kebaikan dan memiliki keyakinan atas kekuasaanNya.

  12. Rina Agustiana A/1 berkata

    Niat chronos yang mulia dengan berangkatkan orang dengan niat dan kepasrahan dia,bisa melunasi atau tidak nya kita hanya bisa memohan dan berdo’a kepada Allah,dengan niat yang tinggi dan yakin,sehingga ia bisa melunasi biaya hajinya
    semuah terasa mudah jika kita selalu mendekatkan kepadanya.

  13. Rina Agustiana A/1 berkata

    Niat chronos yang mulia dengan memberangkatkan seseorang, dengan niat bisa melunasinya atau tidak kita hanya bisa pasra kepada Allah dengan keyakinan yang sangat tinggi akhirnya ia bisa melunasi biaya hajinya, semuah akan merasa mudah apabila kita selalu dekat padanya

  14. Yuni Anna berkata

    Sesuatu hal yang di lakukan yang bertujuan untuk membahagiakan orang lain itu pasti ada jalannya dan sekuat apapun kita menginginkannya suatu hal jika Allah tidak menghendakinya maka tidak akan terjadi

  15. Hasanatun Nadia berkata

    Bismillah..
    dalam part ini pelajaran yang dapat diambil adalah bahwa Allaah akan memberikan kemudahan jalan bagi siapa saja yang mau berusaha dan yakin, bahwa pertolongan Allaah itu ada.

  16. Siti Hayyun berkata

    ketakwaan chronos kepada Allah berdampak kepada masalah yang sedang ia hadapi , pada part sebelumnya chronos memutuskan lebih mendahulukan orang tua dan kini mereka bisa berangkat bersama. itulah janji Allah, Allah akan memberikan jalan terbaik disetiap keadaan jika umatnya itu mau bersabar dan bertawakal.

  17. Ega Sopana berkata

    Part 7 ini saya ingin berpendapat, jika memiliki cita-cita maka ikhtiarlah, walaupun gagal terus dalam berikhtiar cobalah untuk ikhtiar lagi dan lagi, karena percayalah Allah pasti akan membantu. Karena setelah kesulitan itu ada kemudahan. Terutama dalam pendidikan jika kita ingin menjadi pendidik yang skill nya istimewa ikhtiarlah terus dalam setiap ikhtiar tersebut.

  18. Silmy Awwalunnis
    Silmy Awwalunnis berkata

    Memiliki banyak cita-cita itu baik. cita-cita yang tinggi yang besar dan yang luas memang tidak akan mudah di capai. namun dengan berusaha, bekerja keras, berjuang, ikhtiar, sabar dan tawakal insyaallah itu akan menjadi kenyataan.

  19. Fariz maulana ibrahim tadris ips a/1 berkata

    Assalamualaikum wr.wb
    Part 7
    Pelajaran yang kita ambil adalah berbisnislah dijalan Allah,jangan berbisnis dengan ketentuan ketentuan yang melanggar agama,yang selalu di ingat dalam berbisnis itu bukan untung atau rugi,namun surga atau neraka,karena kalau berbisnis dijalan Allah pasti akan berkah,contohnya tokoh chronos dalam novel ini,dia sangat tulus dan tidak mementingkan diri sendiri.
    Wassalamualaikum Wr.wb

  20. Fariz maulana ibrahim tadris ips a/1 berkata

    Assalamualaikum wr.wb
    Part 7
    Pelajaran yang kita ambil adalah berbisnislah dijalan Allah,jangan berbisnis dengan ketentuan ketentuan yang melanggar agama,yang selalu di ingat dalam berbisnis itu bukan untung atau rugi,namun surga atau neraka,karena kalau berbisnis dijalan Allah pasti akan berkah,contohnya tokoh chronos dalam novel ini,dia sangat tulus dan mementingkan diri sendiri.
    Wassalamualaikum Wr.wb

  21. Ade Rossy Indra Pertiwi TIPS A/1 berkata

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Pelajaran yang dapat kita ambil adalah jika kita menginginkan sesuatu atau yang sifatnya mustahil jika kita bukan orang dari kalangan yang mampu maka kita untuk mencapainya adalah dengan sabar dan tawakal, dan memohon kepada Allah SWT. Seperti cronos yang tadinya tidak mungkin berangkat haji dengan membawa orang tuanya ke tanah suci. berkat kesabaran dan tawakalnya cronos akhirnya ia bisa membawa istrinya bahkan keluarganya sekaligus berangakat ketanah suci.
    Terimakasih.

  22. Farrin nurul aina berkata

    Keikhlasan hati crhonos dan bukti bakti nya kepada orang tua membuahkan hasil sesuai harapan orang tua,yaitu berangkat haji.karna crhonos yakin terhadap kuasa Allah SWT. Niat yang baik akan dipermudah jalannya oleh Allah.bahkan dia memberangkatkan haji bukan hanya orang tuanya saja tapi mertuanya juga.

  23. Lenny Erdiani Choerun Nissa berkata

    Di part 7 ini, kisah nya semakin menarik. Chronos menemukan keteguhan dalam hatinya bahwasannya ia sudah mantap dalam hatinya untuk memberangkatkan orang tua dan mertuanya untuk menunaikan ibadah haji. Chronos bgitu antusias ia segera mengurusi persyaratan untuk pemberangkatan haji orang tua dan mertuanya.

  24. dhini apriliani berkata

    Asalamualaikum
    Setelah membaca part 7 ini saya sangat kagum kepada tokoh yang bernama chronos iya tidak hanya memikirkan istri dan dirinya saja tetapi memikirkan kedua orang tuanya juga untuk menunaikan ibadah haji. Itu merupakan tindakan yang sangat mulia sesukit apapun jika niat nya baik pasti allah akan memberikan jalan.

  25. Fifit Fitri Nur'aeni/Ips/1B berkata

    Assalamualaikum
    Dalam part 7 charlos berniat untuk memberangkatkan haji orang tuanya juga dan yang tadinya untuk 2 orang menjadi 5 orang . Niat charlos sangatlah mulia dan wataknya tidak hanya mementingkan dirinya sendiri tetapi mementingkan orang tuanya yang belum melaksanakan haji dan kemuliaan di situlah chrlos di permudah jalan nya untuk naik haji .
    Terimakasih

  26. Isah Siti Khodijah berkata

    Bismilahirahmanirahin
    Asalamualaikum wr wb
    Pada part ini, mengajarkan kita untuk memiliki sebuah cita cita yang kita harus bisa mewujudkannya, walaupun itu sulit apalagi di cerita ini berkaitan dengan sebuah materi (uang), seberapapun susahnya hal yang ingin kita capai percayalah Allah akan membantu dan memberi jalan, seperti pada part ini impian Chronus, akan terkabul. Jadi, pelajaran yang dapat kita petik adalah yakinlah dengan impian mu dan percayalah Allah akan memberi jalan. Buktinya pada cerita ini yang semula Chronus hanya memberangkatkan 2 orang bisa menjadi 5 orang. Sungguh mengagumkan.
    Terimakasih
    Wasalamualaikum wr wb

  27. Aida Nur Aisyah berkata

    Assalamu’alaikum wr. wb
    Part 7
    Setelah membaca part 6 di sana diceritakan bahwa Vetra mengatakan kepada Chronos bahwa lebih baik yang melaksanakan ibadah haji terlebih dahulu adalah kedua orangtua Chronos. Namun, pada akhirnya Chronos dengan segenap kebulatan tekadnya memberanikan diri untuk mendaftarkan haji kedua orangtuanya, mertuanya, serta ia dan istrinya dengan uang yang ia peroleh dari penjualan tanah. Dari keterbatasan dana dan kebulatan tekad Chronos tersebut akhirnya ia diberikan kemudahan oleh Allah SWT. Hal ini menunjukkan bahwa akan selalu ada jalan ketika kita akan melakukan suatu kebaikan. Ketika niat baik kita dihalangi oleh suatu rintangan maka bersabarlah karena Allah adalah sebaik-baiknya Penolong.
    Wassalamu’alaikum wr. wb

  28. Muhamad Udin berkata

    Assalamualikum wr.wb
    Berbisnis dengan Tuhan pada part ini jika kita mau berusaha dan bersabar dengan keinginan kita maka Allah juga akan mengabulkan do’a kita dan tidak ada yang menghalangi jika Allah sudah berkehendak.
    chornos yang tadinya hanya bisa memberangkatkan kedua orang tuanya tapi sekarang dia bisa memberangkatkan 5 orang sekaligus.

  29. tubagus rizqy yahya mpi/4 (1415209028) berkata

    Hikmah dalam part 7 ialah ketika kita ingin mlakukan sesuatu hal dijalan Allah maka lakukanlah dengan keyakinan hati dan percayalah kepada Allah yang akan memudahkan segala urusan. Seperti yang dilakukan chronos

  30. Winda Dwi Nurrachmawati (1415109032) MPI-4 berkata

    Dalam part 7 ini, memberitahu kita bahwa dengan bersungguh-sungguh dan dengan usaha bersama Allah maka Allah mempermudah segala urusan yang memang dibutuhkan. Dalam memilih menurut part ini dengan menggunakan kebijakan akan menjadikan hasil yang memang tidak akan mengkhianati usaha yang telah ditempuh sesulit apapun. Kebijakan yang dilakukan chronus dalam memilih membuat chronus dan keluarganya bahagia untuk bisa berangkat haji bersama walaupun ada anggota keluarga yang tidak dapat ikut percayalah selalu bahwa Allah memiliki rencana dan kebahagiaan yang lainnya.

  31. Siti Sutihatin-MPI/4 berkata

    Subhanallah, uang hasil penjualan tanah yang tadinya untuk mendaftarkan dua orang diubah menjadi untuk lima orang. Dan Allah benar-benar memudahkan jalan Crhonos untuk pergi ke tanah suci bersama keluarganya. Mulai dari pembiayaan melalui bank, pembuatan paspor hingga manasik haji. Meskipun pada akhirnya mertuanya harus mengurungkan niatnya untuk berhaji karena sakit yang dideritanya.

  32. Indah kusumawati (mpi-4) berkata

    Dari part sebelumnya saya kira cronos akan memutuskan yang berangkat haji hanya orang tuanya saja, tpi saya salah ternyata kronis sangat bijaksana yg memutuskan orangtu dan mertuanya berangkat. Dmana ada niat baik pasti menwmukan hasil yang baik pula.

  33. Koko Santoso (MPI/4) berkata

    Part 7
    Berbisnis Dengan Tuhan
    Pada part ini, dengan tekadnya yg sudah bulat Crhonos mendatangi kantor imigrasi dengan maksud membuat paspor untuk 5 orang. Kemudian ia mendatangi Kepala Kantor Kementerian Agama untuk mencari informasi prosedural terkait pemberangkatan haji. Setelah informasi didapat, tiga bulan kemudian mereka mengikuti manasik haji yg diselenggarakan oleh KBIH Islamic Center. Namun takdir berkata lain, mertua Crhonos sakit akut sehingga tidak memungkinkan untuk berangkat ke tanah suci~

  34. Firman Maulana mpi smt 4 berkata

    Part 7
    Pada bagian 7 ini, chronos akhirnya tidak ragu lagi dalam mengambil keputusan dalam hal kebaikan ( dijalan Allah ) dan Allah pun memberi kemudahan kepada hambanya bagi yg tidak ragu dan yakin akan keberadaan Tuhan di alam ini

  35. Sri Hardianti-MPI/4-1415109024 berkata

    Dalam part yang ketujuh ini, dapat kita ambil hikmah dari seorang Chronos bagaimana ia sangat bijaksana dalam menentukan. ia tidak hanya berencana memberangkatkan haji kedua orangtuanya akan tetapi mertuanya pun diajak berangkat ke tanah suci. sungguh tindakan chronos sangatlah tepat.

  36. Muhammad Yasir Arafah MPI/4 (1415109012) berkata

    Bismillahirrahmanirrahim, Allah tidak tidur. Dalam part ini bagaimana diceritakan bahwa, kegigihan chronos akhirnya membuahkan hasil. Kemudahan-kemudahan yang ia dapat adalah hasil dari kerja kerasnya, chronos yang sangat ulet dalam bekerja dan istrinya sangat rajin dalam beribadah menjadi kan perpaduan yang sangat menarik.

  37. Riana Sri Anisah -MPI/4 berkata

    Semua akan terasa mudah apabila kita selalu mendekat padanya…:) akhirnya allah memudahkan jalannya dengan melunasi biaya pemberangkatan haji dengan bantuan melalui bank. niat chronos yang mulia dengan berangkatnya 5 orang tetapi ia pasrah ntah bisa melunasinya atau tidak. dengan penuh niat dan keyakinan akhirnya ia bisa melunasi biaya semuanya.

  38. Siti Nurbaeti (1415109022)-MPI/4 berkata

    Alhamdulillah jika semua kebutuhan pra haji sudah dapat terpenuhi. Teruntuk mertua Chronos yang tidak dapat berangkat haji, tetaplah berhusnudzon dengan Allah, bahwa Allah memiliki rencana yang indah pada waktu-Nya.

  39. Ega Sugandi (1415109003) MPI/4 berkata

    Seperti yang dilakukan oleh Crhonos ia mendedikasikan impiannya untuk menunaikan ibadah haji kedua orang tuanya dan mertuanya ia mendekatkan diri kepada Allah dengan berbisnis dan berinvestasi kepada sang pemilik segala alam semesta. Dengan harapan bisa membuat cita-citanya terwujud ia pasrah dan selalu berdoa kepada kepada Allah, karena tidak ada yang tidak mungkin didunia ini yang mustahil ketika Allah sudah berkehendak apapun yang dianggap mustahil oleh manusia tapi bagi Allah tidak ada yang mustahil bangi-Nya, Crhonos akhirnya bisa mendapatkan kemudahan dalam berbagai perjalanan untuk menempuh ke tanah suci berkat campur tangan Allah. Masya Allah. Allah Hu Akbar

  40. ABDURRAHMAN HASYIM ( MPI-4 ) berkata

    DI Part 7 ini bahwasanya kita harus bijaksana dalm mengambil keputusan seperti contoh ini bahwa Crhonos sangatlah bijaksana dalam mengambil keputusan. ia tidak egois namun juga tidak menyerah dengan keyakinannya.

  41. Asyifa Nuraeni Kartika Ali berkata

    dalam part 7 ini yang berjudul “berbisnis dengan Tuhan”, Crhonos sangatlah bijaksana dalam mengambil keputusan. dia memutuskan untuk mengajak orang tua dan mertuanya, dalam usahanya itu Allah memudahkan segala urusannya sehingga semuanya di perlancar.

  42. Sri Rokhmah-MPI/4 berkata

    Bismillah..
    Pada part 7 ini menceritakan bahwa betapa besarnya mukjizat allah atas pengabulan doa chronos yg pada mulanya ingin berangkt haji dengan istri. Namun dengan tekad yang kuat dan keyakinan bahwa Allah pasti membantu orang yang ingin melakukan kebaikan. Chronos berani memberangkatkan 4 dr keluarganya yaitu orang tuanya serta mertuanya.

  43. Sri Rahayu MPI/4 (1415109025) berkata

    Dengan Bismillah………. pada Part 7 isinya adalah jawaban Allah kepada chronos atas do’a-do’a yang tak henti-hentinya di panjatkan jadi semua orang yang dicintai Chronos bisa merasakan kebahagian yang sangat besar karena mereka bisa melaksanakan perintah Allah untuk berhaji. Semua terasa mudah bagi Chronos ……

  44. dinny alfiana s. MPI/4 berkata

    setelah membaca part 7, saya semakin yakin dengan kekuasaan Allah, asal kita mau berusaha dan berdo’a insya Allah akan selalu ada jalan disetiap harapan untuk terwujud. karena benar, tidak ada kata rugi saat melakukan bisnis dengan Tuhan, bahkan yang ada untung berlipat ganda. subhanallah. wallahua’lam.

  45. Nur Aliffah (1415109014) MpI/4 berkata

    Dalam part 7 ini menjelaskan bahwa usaha seseorang tidak akan sia-sia apabila orang tersebut akan sabar dengan apa yang ia ingginkan. Dengan sabar dan usaha kerja keras diri kita sendiri untuk mencapai keingginan kita, maka insya allah, Allah SWT akan mengabulkan permintaan kita. Walaupun pada awalnya kita harus melewati berbagai rintangan tetapi pada akhirnya allah membuka jalan untuk kita, dengan terwujudnya suatu keingginan yang kita mau selama ini.

  46. Asiro MPI/4 (1415109002) berkata

    Bismillahirrahmaanirrahiim..
    pada novel part 7 ini yang berjudul “berbisnis dengan Tuhan”. terlihat jelas bahwa Crhonos sangatlah bijaksana dalam mengambil keputusan. ia tidak egois namun juga tidak menyerah dengan keyakinannya.

  47. Wiwin Darwini MPI/4 berkata

    Bismillah,
    Pada part 7 ini keputusan bulat telah diambil Crhonos yaitu ia berencana untuk mengajak ke dua orang tua dan mertuanya, pergi secara bersama ke tanah suci. Sungguh keputusan Crhonos yang tidak dapat saya duga, karena saya mengira ia akan menunaikan kedua orang tuanya terlebih dahulu, namun karena keputusan yang bulat ia mengajak kedua orang tua dan mertuanya pergi bersama ke tanah suci.
    Tanpa disadari Allah memudahkan jalan Crhonos untuk menunaikan haji bersama keluarganya. Dan Allah memudahkan pendaftaran Crhonos untuk mendaftar haji juga. Dengan jalan yang dimudahkan Allah Crhonos mulai berbisnis bersama Allah, seperti perkataan Crhonos bahwa Allah memang memiliki kuasa yang sangat lebih dibandingkan dengan apapun yang ada di seluruh jagad raya ini.

  48. siti Halimah MPI/4 berkata

    bismillahirrahmanirahiim. . .
    subhanallah, ternyata allah memudahkan umatnya yang mau berusaha untuk menunaikan ibadah haji. niat crhonos untuk berangkat berdua, bisa dijadikan untuk keberangkatan lima orang, meskipun crhonos tidak tau lunasnya kapan tapi ini sudah menjadi jalan yang terbaik yang diberikan oleh allah asalkan kita yakin allah pasti memberikan jalan yang terbaik.

  49. Fera Agustina (1415109004)/ MPI/ 4 berkata

    Bismillahirakhmanirrahim,,
    part 7, saya tersanjung dengan apa yang telah chronos putuskan bahwasanya ia beserta keluarga nya akan mewujudkan mimpinya untuki pergi ke tanah suci, hanya saja allah tidak menghendaki mertua chrnos untuk ikut menunaikannya, karena allah belum mengijinkan untuk mertua chnous, tetapi sungguh mulai jika dilihat dari liat saja allah akan memberikan pahala tergantung apa niat kita karena Allah ta’la. dan saya pribadi mau percaya bahwa allah akan selallu memberikan pertolongan tepat pada waktunya.

    Alhamdullilah…

  50. uyunurrohmah MPI4 (1415109031) berkata

    assalamualaikum wr.wb.
    setelah membaca part 7 ini saya sangat kagum dengan keputusan akhir chronos untuk membagi uang hasil penjualan tanahnya yang awalnya untuk daftar 2 orang tapi dia bagi untuk menabung mendaftarkan 5 orang yaitu dia,vetra, ibux, ayahnya dan mertuanya. walaupun dia bingung sampai kapan dia bisa menabung semua itu tapi akhirnya allah memberinya jalan dan kemudahan dengan bantuan fasilitas bank dan keyakinan chronos kalu allah akan memberinya kemudahan untuk melunasinya nanti.