Berpikir Positif Adalah Obat Rasa Putus Asa

Berpikir Positif Adalah Obat Rasa Putus Asa
0 347

Putus asa artinya putus tali pengharapan, dan tali pengharapannya sudah tidak tersambung lagi dengan cita-citanya. Orang yang putus asa memang harapannya sudah putus, dalam artian enggak punya harapan lagi. Apabila harapan ini terputus, maka tidak akan ada lagi usaha-usaha yang akan dilakukan.

Ketika kamu menginginkan sesuatu, ternyata tidak kunjung tercapai, padahal sudah mengusahakan secara maksimal. Ibaratnya, kepala jadi kaki, kaki jadi kepala,. Tapi kok tatap enggak tercapai juga keunginan itu. Akhirnya kamu memutuskan untuk tidak peduli lagi dengan keinginan tersebut. Nah, itulah yang dinamakan putus asa, atau km,k etika kamu telah belajar giat sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, tetapi di kelas tidak juga mendapatkan prestasi, atau telah bekerja maksimal tanpa kenal waktu tapi tidak menghasilkan kekayaan yang diinginkan. Maka akhirnya kamu memutuskan untuk berhenti belajar atau sama sekali tidak mau lagi bekerja. Itu juga dinamakan putus asa.

Jadi, penyakit putus asa ini memang sangat dekat dengan kehidupan manusia,  begitu dekatnya, kadang manusia tanpa sadar ternyata dilanda putus asa. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tidak peduli status sosial dan tidak peduli usia. Maka berhati-hatilah dengan penyakit ini.

Penyekit ini sangat berbahaya terutama bagi kemajuan umat manusia. Kemajuan tidak akan didapat oleh manusia jika sudah terkena penyakit putus asa. Bahkan, secara tegas Allah SWT menyatakan bahwa orang yang berputus asa itu dipersamakan dengan para kaum kafir. Seperti yang tercantum pada surat Yusuf ayat 87, yang artinya : “Janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesuangguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir”.

Dalah ayat ini, Allah melarang secara tegas untuk tidak berputus asa dari apa pun, dalam kondisi apa pun, dan Allah sangat tidak suka dengan orang yang putus asa.

Ketika kamu gagal dalam berbisnis, perusahaan bangkrut, gulung tikar, atau ditipu orang dan semua modal hilang, tetaplah berfikir positif. Berfikirlah, mungkin Allah SWT ingin mengganti kerugian tersebut dengan rizki yang lebih besar dan lebih baik. Barangkali kalau kamu tetap sukses dalam usaha, mungkin kamu semakin jauh dari Allah atau bahkan kamu menjadi orang sombong dan boros. Tetapi ketika kamu diberi ujian dengan gagalnya usaha yang sedang ditekuni, maka kamu akan  mengingat Allah, akan sadar bahwa semua yang kita miliki tidak ada yang abadi dan semua itu hanya titipan Allah semata.

Itulah  pentingnya berfikir positif. Penyakit putus asa akan bisa kita cegah dari kehidupan dengan selalu berfikir positif. Dengan selalu berfikir positif, maka pikiran kita akan tenang, hati tidak menggerutu, tidak akan berburuk sangka terhadap nasib, terhadap  orang lain dan terhadap Allah. Maka dari itu, sela[lu berfikir positiflah. Bagaimana pun keadaan yeng menimpa kita, dan seburuk apa pun keadaan itu, tetaplah berfikir positif, maka hati dan pikiran kita akan lebih baik. Coba buktikan, lalu rasakan sendiri hasilnya.

Komentar
Memuat...