Inspirasi Tanpa Batas

Berpikirlah Global Jika Anda Seorang Entrepreneur

0 17

Apa Anda Entrepreneur baru yang berkeinginan bertahan dan mengoptimalkan pertumbuhan usahanya? Maka anda diharuskan berpikir secara global dan bertindak secara lokal dari hari pertama terjun. Pendekatan tersebut, lebih luas dikenal dengan “glocalization”, yang berarti bahwa Anda harus mendesain dan menyampaikan solusi global yang memiliki hubungan keseluruhan terhadap berbagai pasar global yang akan menjadi area beroperasi bisnisnya.

Mengakui hal ini sebagai faktor yang penting, seperti budaya dan bahasa yang memastikan Anda memiliki pemahaman tentang motivator regional, tabu yang ada di lingkungan terdekat dan kebiasaan/ adat setempat sehingga berbagai solusi Anda secara ideal didesain dan dipasarkan untuk memberikan nilai yang memiliki relevansi lokal yang akan asli.

Perlu disadari jika Anda tak perlu meluncurkan produk di setiap negara pada saat yang sama. Namun itu berarti, jika Anda berpikir tentang implikasi global pada setiap langkah yang diperlukan sepanjang proses tersebut.

Pilihlah nama perusahaan dan produk dengan seksama

Jangan memilih nama perusahaan yang memiliki arti yang jauh berbeda atau menjurus ke citra negatif dalam bahasa lain. Ingatlah saat Chevy Nova memerlukan penamaan ulang nama perusahaan, setelah Chevrolet menyadari bahwa Nova bermakna “tidak pergi” dalam pasar di Spanyol, yang menjadikannya bukanlah nama perusahaan yang bagus untuk produk mobil mereka.

Antisipasi pertumbuhan yang lebih besar di luar pasar asal Anda

Tidak setiap pasar internasional penting namun sebagian memang juga harus diperhatikan. Kelas menengah ke atas dalam populasi Indonesia akan tumbuh terus dalam beberapa tahun ke depan seiring dengan semakin baiknya kinerja perekonomian kita. Hal ini pernah juga terjadi di India, Cina, AS.

Perkokoh merek Anda di pasar internasional

Sebuah merek internasional akan mematok harga yang lebih tinggi dan permintaan pelanggan yang lebih banyak. Hal ini disebut sebagai itikad baik sebuah merek, sebuah nilai yang sulit didapatkan dari kepercayaan yang dihasilkan dari pembeli dan juga mitra. Sembari Anda mulai untuk memenuhi permintaan dalam pasar domestik, biarkan merek Anda berlanjut ke tingkat internasional dengan biaya yang juga lebih rendah.

Seimbangkan bisnis antara satu tempat dengan yang lain

Saat pembeli di satu wilayah hendak menurun, carilah pembeli di lokasi lain untuk menutupi grafin menurun itu. Perusahaan dengan portofolio yang terdiversifikasi dapat memfokuskan energi mereka pada pasar global yang sedang berjaya.

Berbicara dalam bahasa pelanggan

Orang memberitahu saya bahwa situs dengan multi bahasa dapat melipatgandakan bisnis online setempat di banyak bagian di AS. Akhir-akhir ini, pelanggan memulai siklus pembelian secara online di mana mereka dapat mendapatkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan, informasi produk, dan transaksi. Semua ini disajikan dalam bahasa yang bisa mereka mengerti.

Temukan sumber global sekarang

Hal ini mungkin kurang tepat pada saat sekarang ini tetapi usaha baru yang cerdas sedang mencari produk-produk mereka dari awal. Software dapat dikembangkan di luar agar biayanya lebih hemat, volume manfaktur cepat tersedia dari Cina dan desain Eropa memiliki peluang yang makin bertambah di setiap negaranya.

Lindungilah secara selektif hak milik intelektual Anda di seluruh dunia

Saat ini, tidak ada hak paten dunia atau proses paten internasional yang ada sehingga Anda harus mengajukannya di setiap negara yang bersangkutan. Mencoba demi mendapatkan perlindungan hak paten di selurun dunia pada awalnya memang sangat mahal, jadi pilihlah daerah atau negara yang akan dijadikan target dengan cermat dan tentukan waktunya. Akhir-akhir ini dunia sudah menjadi satu keutuhan pasar raksasa. Ia bisa bersifat homogen atatu heterogen atau kombinasi keduanya. Akses yang lebih mudah menuju pasar internasional ialah dengan menciptakan peluang penjualan yang tak berbatas pada tataran internasional.

Hasilnya ialah bahwa setiap usaha rintisan kini harus mempertimbangkan setiap aspek manajemen, penjualan dan layanan pada tataran global. Namun, agar bisa mendapatkan kelebihan kompetitif sejati, Anda masih harus menerapkan solusi efektif pertama-tama pada tingkatan lokal. Jangan melakukannya sekaligus. (dhirga)

Komentar
Memuat...