Bertemu di Forum Budaya | Misteri Sang Ksatria Cinta Part – 6

46 100

Bertemu di Forum Budaya : Ungkapan-ungkapan Santi yang disimpan dalam loker Mihrab Cinta mereka, semakin menyentuh perasaan siapapun yang membacanya, tentu terlebih Alberta yang menjadi subjek sekaligus objek cinta mereka. Jika suasana seperti ini terjadi, Alberta sering merasa sedang terbang dan melayang ke luar dinding dan ke luar batas-batas kesadaran dirinya. Ia merasa sedang berada dalam posisi sebagai ikan-ikan kecil yang selalu menemani ikan Hiu di tengah lautan yang luas. Ia merasa berada dalam Samudera tanpa batas dan berada dalam ruang hampa tanpa penghuni sedikitpun.

Suatu Rasa Yang Mengangkasa

Alberta merasa dirinya telah mengangkasa ke alam yang antah berantah atau tenggelam ke dalam sebuah lautan tanpa sedikitpun manusia, kecuali para prajurit kerajaan Nyi Roro Kidul atau Nyi Blorong. Dalam suasana kebathinan seperti itu,  Alberta, akhirnya sering disadarkan bahwa perasaan cinta tulusnya, dimiliki mereka berdua. Mereka menjadi penguasa atas dirinya sendiri dan tentu atas cinta tulus yang dimiliki masing-masing.  Inilah misteri cinta terbesar di abad ke 21, celetuk Alberta dalam hati.

Meski takdir berkata lain karena dua cinta ini sulit dipersatukan dalam dimensi fisik secara bersama dan dalam waktu yang sama, bersama dengan ketentuan Tuhan yang Maha Benar, Tuhan ternyata masih selalu memberi celah dan jalan kepada mereka untuk bertemu dalam waktu dan tempat yang sulit diprediksi sebelumnya. Saat suasana seperti itu terjadi, mereka, sering kehilangan akal, kecuali beradu kasih tanpa sedikitpun merasa risau akan apa yang dihadapi. Mereka tampil tanpa beban dan tidak menunjukkan wataknya yang kaku.

Jalan itupun diberikan Tuhan, saat Alberta sedang berada dalam pucak kerinduan dan kegamangan seperti dirasanya saat ini. Tuhan mempertemukan keduanya dalam sebuah forum yang tanpa disengaja dan tanpa didesain sebelumnya. Alberta dan Santi bertemu dalam sebuah moment penting dan cenderung sangat ilmiah. Alberta tidak tahu, jika Santi diundang juga dalam pertemuan itu. Suatu pertemuan kebudayaan yang menjadi keahliannya pada tingkat Provinsi Jawa Barat.

Alberta duduk termanggu di dalam mobilnya. Tiba-tiba Santi dari jauh melambaikan tangan dan memintanya untuk segera turun dan menjumpainya. Alberta tentu saja menyambutnya dengan hangat dan senyum manis yang penuh ketulusan. Hari itu, hari senin. Hari di mana mereka berdua, mengawali kerja untuk setiap minggu. Tetapi kali ini, keduanya justru berada dalam suatu seminar yang membahas nasib sastra dan budaya Indonesia. Seperti biasa ketika pertama bertemu, santi segera setelah jas yang digunakan Alberta.  Menepuk bahunya karena khawatir ada kotoran dan memintanya untuk merapihkan rambutnya.

Heem … kamu makin gagah, celetuk Santi. Itulah kalimat yang mungkin sudah jutaan kali disampaikan Santi saat bertemu dengan Alberta. Apa yang dikatakan Alberta saat ungkapan itu meluncur? Alberta berkata: O iya lah. Aku harus tetap menjaga kebugaranku dan kesehatanku, agar aku tetap sehat dan panjang umur. Aku masih diberi kesempatan, kelak suatu hari, aku masih memiliki kesempatan untuk menjadikanmu sebagai pendampingku. Tetapi, kamu juga makin cantik celetuk Alberta.

Peluk Cium Kesayangan

Saat pertemuan itu selesai, Alberta berjalan ke altar belakang. Tak diduga santi mengikutinya. Ia berkata aku mau pergi dulu ya …. Alberta berkata. Iya hati-hati di jalan ya … Namun santi tetap diam dan tampak memelas. Akhirnya Alberta berpaling lagi ke belakang dan mendekatinya. Dikecup kening Santi dengan hangat. Saat kecupan itu menempel di kening Santi, Santi berbisik kepada Alberta: Hai, kamu tahu nggak, saat aku bertemu denganmu, aku hanya mampu merasakan kebahagiaan. Aku merasa ada kenyamanan dan kedamaian yang tak berhingga. Inilah momen paling indah. Saat bersamamu aku hanya memiliki satu kata, kebahagiaan . Saat suasana seperti ini terjadi, aku lupa akan segalanya. Bahkan lupa akan posisiku sebagai wanita yang dalam banyak kasus seharusnya aku membatasi diri.

Saat bertemu seperti ini, yang kutahu hanya satu. Aku membuat dan kembali menyusun mimpi indah dalam hububungan ini, meski entah kapan akan sampai pada apa yang kutuju. Alberta, sejujurnya ikatan hatiku dengan hatimu tetap selalu hangat dan tetap terasa seperti remaja. Hubungan ini memang telah lama berjalan dan berlalu. Tetapi, aku tetap saja lebih menghawatirkan kegelisahan dan kesedihanmu, setelah bertemu seperti ini, karena aku takut inilah pertemuan terakhirku bersamamu.

Hari ini tetap tidak berbeda. Sama seperti dulu. Aku tetap bisa langsung bersua denganmu dan begitu mengasah bagaimana suaramu melantun melankolik seperti biasanya. Inilah momen yang mendorongku selalu yakin, bahwa dalam perjalanan panjang ini, kau tetap baik-baik saja. Kau tetap menjadi Sang Ksatria Cinta sebagaimana aku telah menyematkannya belasan tahun yang lalu. Aku selalu akan mengatakan, l Love You Forever, Alberta.

Nanti saat aku pulang dan sampai ke rumah dan kuketahui tidak ada siapapun yang bakal mendengar suaraku, aku pasti meneleponmu. Seperti biasanya, aku hanya ingin mengungkapkan suatu kata klasik yang tetap abadi. Kata itu adalah I Need and I Miss You. Aku tak mamu istirahat dalam tidur, jika kata itu belum aku ungkapkan. Aku begitu sayang sama kamu. Aku ingin kau tidur dalam segenap keterjagaan yang dapat membawamu ke dalam tubuh yang tetap tegar. Istirahat bersama asma Tuhan dan asmaku. Aku ingin tetap mendengar kabar bahwa besok engkau tetap dapat menyapa aku dengan ceria, manis, dan mempesona.

Jika itu mampu terjadi, maka, rasa bahagia dan bangga selalu memenuhi jiwa dan ragaku yang, setiap kali membaca kisah kita yang kuberinama Alberta dan Santi sebagai pemilik misteri cinta ini, akan tetap mengabadikan cintanya dengan tulus. Alberta berkata: Santi hanya Tuhan yang tahu cintaku. Selebihnya, akupun berharap kau tidak tahu bahwa betapa aku mencintai, menyayangi dan mengidolakanmu sampai kapanpun.

Alberta tidak tahan untuk tidak memeluknya. Lalu dikecupnya pipi kiri dan kanan Santi sambil berkata: Damailah dengan dia yang mencintamu dengan tulus. Yakinlah rasaku dan rasamu tak mungkin mampu dihapus dan terhapus oleh apapun atau oleh siapapun.  Mari kita lihat masa depan dalam tatapan misteri yang sulit diuji. Charly Siera –bersambung

  1. khofifah rahmayanti berkata

    terkadang kita harus merelakan perasaan kita terhadap orang yang kita sayang namun, percayalah rencana tuhan akan selalu indah.
    memang lah benar ketika kita bersama dengan orang yang kita sayang dan kita cinta yang kita rasakan hanyalah kebahagiaan.

  2. Evi selviyana puspitasari berkata

    Kehidupan ini sudah tersusun dengan keindahan2 yangvluar biasa tinggal bagaimana kita sebagai manusia menjalankanya

  3. Mawaddahfairuz berkata

    Percayalah, setelah hari-hari sedih berlalu dan doa-doa selalu dipanjatkan kepada Tuhan. DIA akan mendengar dan para malaikat akan mengaamiin-kan. Maka pada akhirnya Tuhan akan memberikan skenario temu yang tidak diduga-duga.

  4. Dea yusrun hasanah berkata

    Alhamdulillah akhirnya setelah bertahun-tahun akhirnya allah mempertemukan kembali alberta dengan sinta dalam from budaya. Mestipun sinta telah mempunyai keluarga. Rencana tuhan memang sangatlah indah pada waktunya dan tidak semua yg kita inginkan itu tercapai tapi nyakin lah pasti allah memberikan yang terbaik. Jika memang alberta berjodoh dengan sinta pasti allah akan mempertemukannya kembali dengan cara apapun tetapi klo mereka tidak berjodoh pasti allah akan memberikan yang lebih baik lagi.

  5. Ikha Solekha MPI-A/3 berkata

    Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Allah menciptakan perpisahan bukan bermaksud tidak ada perjumpaan lagi, tetapi sebaliknya dengan adanya perpisahan mengajarkan kita untuk tidak canggung untuk berjumpa kembali

  6. Nenis Nursona Jamil berkata

    Pertemuan yang menimbulkan kerinduan yang semakin menggejok tiada henti. Tenyata cinta dari keduanya masih tetap utuh, tetap hangat dan tidak ada sedikitpun persenan cinta yang hilang, meskipun keduanya sudah memiliki kehidupan yang berbeda.

  7. Dea yusrun hasanah berkata

    Alhamdulillah akhirnya setelah sekian lama bertahun-tahun alberta dan santi akhira bertemu dalam acara forum budaya. Memang rencana tuhan itu sangat indah pada waktunya. Sejauh manapun kita berjalan jika allah meridoi pasti akan di pertemukan kembali. Jika mamang alberta dan santi berjodoh pasti allah akan menyatukannya kembali dengan cara apapun.

  8. Fakhira Alifatunnisa berkata

    Ketika Alberta mengetahui perasaan Santi melalui mihrab cinta mereka, ia merasa berada di keadaan yang sangat bahagia.
    Meski cinta mereka tidak bisa dipersatukan dalam dimensi fisik secara bersama, tetapi Tuhan memberikan jalan untuk mereka bertemu, saling bertegur sapa, bahkan untuk mengingat kembali kenangan indah cinta mereka.

  9. Nisrina Aulia berkata

    Disaat rindu yang tidak dapat dibendung oleh apapun, hanya pertemuan yang dapat menawarnya. Walaupun singkat, namun sebuah pertemuan dapat selalu membahagiakan bagi setiap yang menunggunya.

  10. aUmmie Habibah T.IPS A/1 berkata

    Assalamualaikum,
    Kenyamanan, kerinduan. Rasa cintanya sulit untuk dipersatukan itu selalu menjadi suatu kenangan indah yang alberta pikirkan. Dan berharap kenangan tersebut bisa terulang kembali. Dan buktinya rencana Tuhan itu adil, akhirnya mereka dipertemukan dalam forum perdebatan.
    Wassalamialiaikum

  11. Bayu Hermawan berkata

    Allah selalu memiliki rencana yang indah, dan kita harus percaya itu.
    Akan selalu ada jalan bagi cinta yang sejati, dan saat Allah sudah berkehendak tidak ada yang tidak mungkin. Namun terkadang juga kita hanya dipertemukan saja dengan seseorang namun tidak untuk dipersatukan, tapi kita harus percaya bahwa Allah pasti punya rencana lain untuk kita.

  12. Rizka mawadah Apriliani berkata

    alberta merasa dirinya telah mengangkasa seakan-akan dia merasa sendirian dan pasrah pada sesuatu. meski takdir berkata lain karena dua cinta mereka sulit dipersatukan karena dua dimensi yang berbeda, meskipun begitu tuhan masih saja memberikan celah untuk mereka bisa bertemu.itulah yang dinamakan cinta yang penuh misteri.

  13. Fathurrakhman aji berkata

    Pertemuan yang tidak terduga di forum budaya adalah kehendak tuhan agar Alberta dan Santi dapat melepas rasa rindu yang terpendam, memang setiap manusia dapat hidup bebas tanpa batas tetapi tetap saja hanya tuhan yang mengatur setiap hal dalam kehidupan manusia, karena lahir, rezeki, jodoh, dan maut hanya Allah yang dapat menentukan.

  14. malikul arzak berkata

    kisah alberta dan sinta yang tidak sengaja bertemu disebuah forum budaya mengajarkan kita semua bahwa, kehidupan sudah ada yang mengatur, tinggal bagaimana mereka memanfaatkan dengan sebaik-baiknya

  15. dadan handriansyah berkata

    karena cinta sejati pasti selalu ada jalan untuk bertemu.. karena sesulit apapun kita bertemu masih ada tuhan yang mempertemukan..
    biarlah waktu yang mempertemukan kalian berdua, dan kenyataan nya alberta secara tidak di sengaja bertemu dengan santi sang cinta sejatinya di tempat yang indah pula,mereka langsung bercumbu seakan mengingat kisah cinta nya dulu.

  16. dadan handriansyah berkata

    karena cinta sejati pasti selalu ada jalan untuk bertemu.. karena sesulit apapun kita bertemu masih ada tuhan yang mempertemukan..
    biarlah waktu yang mempertemukan kalian berdua

  17. Putri Alfaniyah berkata

    Alberta sering disadarkan bahwa perasaan cinta tulusnya, dimiliki mereka berdua. Alberta masih berharap agar santi menjadi pendamping hidupnya. Santi juga sering merasakan kebahagiaan dan kedamaian setiap kali bertemu dengan alberta. Intinya terkadang Allah hanya mempertemukan bukan menyatukan dan Allah tidak pernah mengambil sesuatu yang kita sayang melainkan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik.

  18. Khaeron berkata

    Sebuah pertemuan keduanya semakin membuat mereka kini semakin dekat dalam sebiah pelukan yang hangat, rasa cinta dan sayang keduanya membuat mereka dapat membayangkan mimpi-mimpi masa dpan mereka. meskipun mereka tau haubungan itu sangat sulit untuk disatukan tapi karena cinta semuanya akan berjalan dengan baik. contailah pendidikan kita hingga kita merasa nyaman dalam pendidikan itu agar ketika kita dipertemukan dalam suatu keberhasilan pendidikan kita , kita dapat merasakan manisnya proses pendidkan yang kita jalanai.

  19. ELOK ALFAIN LUTHFIE berkata

    Saat alberta membaca semua surat surat yang disimpan oleh santi didalam laci mihrabnya, alberta merasa terbang keangkasa karena begitu bahagianya dia, mengetahui persaan santi yang sudah dipendamnya begitu lama alberta sangat bahagia sampai sampai dia tidak ingin jatuh.

  20. Mukhammad Hasanudin berkata

    Kita hidup bukan serta merta berjalan sesuai dengan keinginan kita. Namun hidup kita selalu diatur oleh tuhan yang maha kuasa. Akan selalu ada takdir yang tidak sesuai dengan keinginan kita.

    Semua yang terjadi kepada kita atas kehendak-Nya. Namun bukan berarti kita hanya menunggu takdir dari tuhan saja tanpa berusaha dan berdoa. Meskipun takdir kita sudah tuhan atur dan sudah tuhan tentukan, maka kita harus berusaha dan berdoa.

  21. Nurmila Herdianty T. IPS/1A berkata

    Assalamualaikum..
    Menurut pendapat saya sesudah membacanya, yang dimana dalam part 6 ini alberta yang sedang merasakan kerinduan amat dalam kepada santi dan dia berharap sekali dipertemukan dengan santi. Akhirnya pada suatu hari dengan izin Tuhan mereka pun dipertemukan kembali pada acara seminar kebudayaan dan mereka pun memadu kasih walaupun mereka tidak bisa bersatu. Jadi, jika kita menginginkan sesuatu berusahalah dan terus bersabar dengan menanti kehendak Tuhan. Namun jika Tuhan tidak berkehendak itulah yang diberikan Tuhan yang terbaik untuk kehidupan kita.

  22. siti a'isyah berkata

    Cinta sejati selalu menemukan jalan. percayalah pada pertemuan yang dirancang diam-diam. Masing-masing dari kita punya garis kehidupan yang telah digambarkan oleh tuhan.

  23. Sri Anisah berkata

    Ketika Allah Swt tlah menghendaki sesuatu maka akan terjadilah seperti halnya dengan janji Allah Swt tak akan pernah dusta. Seperti halnya santi dan alberta yang dalam rindunya hanya bisa dari jarak jauh dan bisa di pertemukan di tempat dan waktu yang tak pernah diduga . Namun ketika mereka berangan merencanakan suatu kebersamaan yang indah dengan di persatukannya dalam ikatan yang lebih jauh seperti hidup bersama dalam hubungan suami istri belum juga di kabulkan . Karena Allah Swt tlah menyiapkan sesuatu yang lebih indah untuk mereka sebagai ketetapan Allah Swt.

  24. Elin yulianingsih berkata

    Cinta memang tak harus memiliki, cinta yang tulus akan mempertahankan apa yang ia cintai meskipun sakit menimpa hatinya.

  25. M. Heriyanto PAI A/I berkata

    Kenapa cinta dia di korbankan, mungkin tuhan berkehendak lain…. bila jodoh suatu saat kan bersatu…

  26. Toto WIjaksana - PAI-A/III berkata

    Nampaknya cinta Alberta melambung tinggi mengcakar langit, meski dalam diamnya tak pernah digaungkan pada siapapun.

  27. Mahbub (PAI-B) Semester I berkata

    Ketika harapan dan kenyataan berjalan tak seiring tapi rasa cita-dan cinta tak akan punah walau di telan zaman dan makan

  28. Sopian Asep Nugraha - PAI - A SEMESTER 1 berkata

    ouuuwwwwhh so swet. maaf bukan lebay hehe… tapi iulah kalimat pertama yg mengawwali komentarku ini. ckckck…
    ternyata tuhan mampu menhadirkan smua doanyyya selama ini. dua cinta yang dipertemukan dalam satu hati.
    ahhh, ternyata tetap saa si alberta ini terlalu berharap lebih kepasa sinta meskipun ia sadar dan tahu bahwa sinta telah ada yg memilikinya

    1. alialamsyah
      alialamsyah berkata

      cinta tak harus memiliki, sakit memang… tapi ini tergambar dalam novel ini, yah walu pada pada akhirnya mungkin bersatu harus ada yang jadi korban.

  29. Badruzzaman PAI-A Semester 1 berkata

    Alberta dan Santi dua insan yang mabok asmara, cinta mereka tulus dan suci.namun apalah arti sebuah cinta suci jika keduanya masih berada dalam khayalan masa depan. harusnya Alberta dan Santi berusaha keras untuk menyatukan cinta mereka.

  30. Rifqoh Khasanah (PAI-A) Semester 1 berkata

    Walaupun keduanya tidak bisa bersatu, namun mereka masih ditakdirkan untuk saling bersua yang menjadikan cinta mereka semakin kuat. Semoga mereka diberi jalan yang terbaik.

  31. Nama : Aah Murtofa'ah dan M. Nawawi, NIM. 14166310002 dan 14166310008, PRODI : PAI, Smt : 1(satu) berkata

    Santi dan Alberta bertemu di forum ilmiah, seminar budaya. Mereka saling melepas rindu dan memadu asmara, merasa dirinya telah mengangkasa atau merasa di dalam samudra yang tanpa batas.

    Baca Selengkapnya https://www.lyceum.id/bertemu-di-forum-budaya/

  32. Lupita Fitriana M. berkata

    Ketika harapan dan kenyataan di pertaruhkan.
    Semoga Alberta dan santi mendapat jalan keluar yang terbaik

  33. suhadi 14166310029 (PAI-B) berkata

    keduanya alangkaah lebih baiknya menentukan sikap dan berpikir positif supaya keinginannya tercapai menyatukan hati dalam kesucian cinta

  34. Nama : M. Nawawi, NIM. 14166310008, PRODI : PAI, Smt : 1(satu) berkata

    Santi dan Alberta bertemu di forum ilmiah, seminar budaya. Mereka saling melepas rindu dan memadu asmara, merasa dirinya telah mengangkasa atau merasa di dalam samudra yang tanpa batas.

  35. Alfin Bisma Herda Pai B berkata

    Cinta yang melukai namun menjadi penawar.. Seberapa kuatkah ke dua insan tersebut bertahan dalam kabut asmara.

  36. Nuri Rizki Maulani rihaningsih Hidayat 14166310027 berkata

    tentang ucapanmu alberta,apakah itu tulus?
    ungkapa dan perasaan terkadang idak dapat saling mewakili. oleh karenanya cinta mu yg goyah pasti tak mah begiitu saja. alau takdr tak memihak sang hamba, ketir pilu akan menerima suratan itu pasti ada..
    relakah alberta melepas santi begitu saja?
    tersenym dalam luka itu menyakitkan.

    1. alialamsyah
      alialamsyah berkata

      tersenyum dalam luka memang menyakitkan, setuju tuh,, seperti dalam kisah Mozzarela..

  37. Didi Tarsidi 14166310005 (PAI-A) semester 1 berkata

    Setiap usaha yang dilakukan manusia tetap pada akhirnya Tuhanlah yang menentukan.
    Sepandai-pandainya manusia mengatur hidupnya tetap tidak akan bisa melawan kehendakNya.

  38. semoga pertemuan alberta dan santi bukan pertemuan yang terakhir,
    tetap semangat dalam nenjalani segala aktivitas kita sesuai dengan skenario alloh.

  39. Mei Yani Rahayu (PAI-B) berkata

    Takdir mempertemukan Alberta dan Santi… Sayang cinta mereka tak berujung pernikahan Santi sudah milik orang lain, Alberta nya dengan siapa ya apa masih mengingat Santi ataukah move on

  40. Yeti Ernawati berkata

    yaaa…malah ketemu tambah susah move on deh.
    Ikutin aja rencana Allah,karena apa yg kita inginkan belum tentu baik buat kita.
    So buat Alberta n Santi let it flow za…(PAI-A smstr 1)

  41. Neng Lia Y berkata

    Alberta mah bikin galau..
    Bagaimna bisa santi mnjalni hidup dngan orng lain ..
    Sedangkan hati santi sudah sepenuhnya di isi sma alberta sang pujaan hatinya..
    Yang ada hanya kerisauan yg di rasa alberta dn santi karna cintanya tak junjunh bersatu..

  42. Saefullah (PAI-A) Semester 1 berkata

    keajaiban tuhan turun untuk hamba yang selalu mengingatnya, Alberta dan santi dapat dipertemukan dalam waktu, tempat, dan situasi yang tidak terduga

  43. Syarifah berkata

    Semoga jodoh antara Alberta – Santi…
    Bagaimanapun cinta keduanya,. Di perjuangkan kaya apapun juga.. masih tetap jadi rahasia Tuhan.. “jodoh di dunia / Jodoh di Akherat?”
    Ah..menggemaskan

  44. Ipih hidawati berkata

    Ah santi dan alberta….. Perjuangkanlah cinta kalian utk sampai ke pernikahan…. Seindah apa pun kisah cinta kalian, kalo tdk berujung di pernikahan itu sgt menyakitkan…..

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.