Biografi Nanan Abdul Manan “Sosok Muda Revolusioner”

1 69

Nanan Abdul Manan, lahir di Kuningan tanggal 11 Februari 1982. Anak bungsu dari empat bersaudara, terlahir dari buah cinta Bapa KH. Aep Saepudin dan Ibu Atun Mutatun. Memiliki seorang Bapak yang memiliki semangat juang tinggi. Dalam keterbatasan ekonomi seorang PNS Guru zaman dulu telah mampu menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang sarjana, semoga menjadi tauladan bagi anak-anaknya. Memiliki seorang ibu yang penuh sabar mengurus, mendidik dan menemani anak-anaknya menuju gerbang kehidupan yang penuh profan. Semoga almarhumah damai dalam menjalani panorama cinta Ilahi.

Memiliki istri tercinta yang senantiasa menyapa dengan kemesraan, menemani dalam motivasi dan memesona dalam hidup adalah Badroeni, M.Pd. Ia tidak sekedar seorang istri, namun ia adalah seorang yang piawai menempatkan kegelisahan hatinya dikala suaminya sibuk dalam tugas dan kewajiban kantornya,  ia citrakan dalam senyum menawan yang penuh kasih ketika menyambut sang suami tiba di rumah. Syah Rafardan Al-Karami adalah buah cintanya yang hadir sebagai anak yang lucu dan cerdas, semoga menjadi inspirasi kesuksesan hidup orang tuanya dan menjadi anak sholeh.

Jenjang Pendidikan

Pendidikannya bermula di RA PUI Timbang, MI dan MTs PUI dilalui di yayasan yang sama di Desa kelahirannya. Pendidikan berikutnya  adalah di SMA Negeri 1 Cilimus adalah sekolah lanjutannya dengan konsentrasi IPA. Menjadi seorang ahli eksak bidang fisika murni atau matematika adalah impiannya namun gagal di gerbang UMPTN. Kegagalan itu yang menghantarkannya kembali ke takdir sebagai anak turunan guru. IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan jurusan Bahasa Inggris adalah tempat berlabuh sarjana strata satu nya. S2 dilanjutkan di Universitas Negeri Jakarta dengan konsentrasi Bahasa Inggris. Saat ini penulis sedang memulai petualangan di Negeri Jiran pada Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia, konsentrasi pada Teaching English as Second Language, Doctoral Program.

Karir dan Pekerjaan

Pekerjaan yang pernah dilalui menjadi instruktur bahasa di IAIN Syekh Nurjati (2008), Dosen BSI Jakarta (2010), Dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan (2011-sekarang). Disamping sebagai dosen pengajar Bahasa Inggris, ia juga diberi amanah sebagai Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan. Adapun organisasi yang pernah ia ikuti adalah Himpunan Mahasiswa Islam dari pengurus Komisariat (2003) hingga Pengurus Besar HMI (2010). Adapun organisasi di kampus bermula sebagai Kosma, Divisi pendidikan di BEM Jurusan, dan sebagai Presiden Mahasiswa STAIN Cirebon tahun 2006 (kini IAIN Cirebon). Aktif pula di sekretaris Baladhika Karya Kota Cirebon tahun 2008, Wakil Ketua KNPI Kota Cirebon Bidang Riset  dan Teknologi tahun 2008-2012, Ketua Fasilitator Program PPK-IPM Kota Cirebon tahun 2007.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.