Take a fresh look at your lifestyle.

Bisnis Rumahan Ini Cocok Untuk Para Entrepreneur Cilik

0 61

Bisnis Rumahan Ini Cocok Untuk Para Entrepreneur Cilik – Ada banyak kegiatan bermanfaat yang bisa diisi anak-anak dalam menikmati masa liburannya. Satu diantaranya dengan belajar menjadi entrepreneur. Bagaimana caranya? Mudah saja. Ciptakan peluang usaha yang didasari atas hobi si anak dan yang bisa dilakukan di rumah, misal membuat pernak pernik, membaca buku, mengoleksi mainan, memasak dan lain sebagainya. Dalam hal ini, Anda sebagai orangtua wajib memotivasi, mengarahkan serta membimbing bisnis si kecil tersebut.

Menumbuhkan jiwa entrepreneur dalam diri seseorang selayaknya dilakukan sejak dini. Di beberapa negara maju, entrepreneurship telah menjadi kurikulum di sekolah atau lembaga pendidikan dengan maksud mencetak para entrepreneur muda berkualitas serta menciptakan lapangan pekerjaan demi kestabilan ekonomi bangsanya.

Sayangnya Kurikulum Indonesia Tentang Kewirausahaan Terbatas

Di Indonesia kurikulum kewirausahaan memang masih sebatas wacana namun bukan berarti ide itu tak bisa diterapkan dalam kehidupan keseharian. Sebenarnya, semangat berbisnis dapat tercipta dalam lingkup keluarga sebagai elemen sosial terkecil dalam masyarakat. Untuk mewujudkannya, orangtua harus berperan sangat aktif, misalnya dengan memberi pengarahan atau turut berpartisipasi membuka wawasan sang anak agar memiliki cita-cita membuka lapangan pekerjaan dengan cara menjadi entrepreneur. Lalu, usaha apa yang kira-kira cocok dikelola oleh si buah hati?

Jenis bisnis yang bisa dilakukan anak-anak pada dasarnya sangat beragam. Bisnis yang paling mudah dijalani adalah yang sesuai hobi, bakat atau kemampuan anak. Sebagai pemula, bisa mencoba usaha sederhana yang dapat dikontrol dari rumah. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menjual buku bekas atau mainan bekas. Buku untuk dijual bisa diperoleh dari koleksi anak Anda yang sudah tak terpakai atau hasil pengumpulan buku bekas dari lingkungan sekitar pemukiman. Penjualannya bisa dilakukan di area rumah yakni garasi, teras, halaman atau bisa juga dengan menjualnya secara online. Bisnis ini juga bisa diterapkan dengan menjual mainan yang sudah tak terpakai namun masih layak pakai.
  2. Menjual aksesoris rambut. Kalau anak perempuan Anda menyukai pernak-pernik hiasan rambut, usaha aksesoris mahkota kepala ini sangat cocok untuk dijalani olehnya. Bimbing anak dalam membuat aneka macam hiasan rambut, mulai dari bando, pita rambut sampai dengan pengikat rambut dengan desain yang unik dan menarik. Sebagai promosi, anak Anda bisa memperlihatkan karyanya kepada tetangga atau kerabat dekat dengan mengenakan hiasan rambut hasil karyanya sendiri.
  3. Menjual minuman atau makanan ringan. Bila anak Anda senang berada di dapur dan suka membuat aneka macam minuman atau snack, arahkan hobi tersebut menjadi sebuah peluang usaha. Biarkan si kecil berkreasi lalu bimbing dia untuk menjualnya.
  4. Kerajinan tangan. Jangan marahi anak Anda jika ia berkreasi dengan lilin/malam. Itu menandakan si kecil sangat kreatif. Bina saja kreatifitas dia dan siapa tahu anak Anda bisa menciptakan suvenir atau pajangan mungil dengan desain unik yang bisa dijual di pasaran.

Selain peluang-peluang usaha rumahan yang telah tercantum diatas, masih ada banyak peluang bagi si kecil yang bisa tercipta. Belajar memeroleh uang dari hasil jerih payahnya sendiri merupakan momen yang sangat baik bagi kemandirian anak. Tapi yang perlu diperhatikan di sini adalah Anda sebagai orangtua jangan terlalu memaksa anak untuk berbisnis atau bahkan sampai mengeksploitasinya, cukup dengan mengarahkannya saja. Sebab bagaimana pun juga, anak tetaplah kanak-kanak yang masih membutuhkan masa-masa bermain untuk tumbuh kembangnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar