Inspirasi Tanpa Batas

Bos McD Membeberkan Rahasia Tips Berbisnis Waralaba

0 12

Rahasia Tips Berbisnis Waralaba – Waralaba dapat menjadi sarana berbisnis bagi mereka yang belum berpengalaman. Pasalnya, bisnis jenis ini dinilai paling aman dibanding dengan memulai bisnis sendiri. Meski begitu, Anda harus cermat serta cerdas dalam memilih waralaba.

Jika Anda tertarik untuk menggeluti bisnis waralaba, saran dari Ray Kroc, pewaralaba pertama serta mantan CEO McDonald’s ini dapat menjadi referensi yang tepat. Berikut adalah saran Ray Kroc yang dikutip dari bukunya “McDonald’s: Behind The Arches.”

Temukan penjual waralaba berpengalaman

Pastikan bahwa penjual telah berkecimpung lama dalam bisnisnya. Hal ini menandakan penjual sudah berpengalaman dan juga telah terbukti sukses. Misalnya, kita dapat melihat dari laporan keuangan dan dari berbagai cabang yang telah sukses.

Pilih waralaba yang diterima pasar

Waralaba yang mudah diterima pasar, sekaligus memang kita sukai, akan mempermudah Anda dalam penerimaan pasar dan juga pengembangan usaha.

Pilih waralaba yang belum jenuh

Pilihlah bisnis yang terbilang belum jenuh atau masih dalam tahap perkembangan. Anda juga dituntut untuk peka terhadap jenis bisnis bersangkutan, termasuk tajam untuk dapat melihat peluang pasar. Sebaiknya Anda memilih jenis usaha yang memiliki keunikannya sendiri.

Cermati isi perjanjian waralaba

Anda perlu mencermati isi perjanjian dengan seksama, misalnya seperti persentase uang muka serta royalti. Sesuaikanlah dengan kemampuan dan budget Anda. Jangan memaksakan diri hanya demi mencari keuntungan.

Carilah sistem yang mudah dipelajari

Pastikan bahwa sistem dalam bisnis yang Anda tuju tersebut mudah dipelajari. Semakin sederhana suatu sistem, semakin baik. Ini akan memudahkan Anda dalam menjalankan usaha serta mengembangkan bisnis Anda.

Ambil waralaba yang mendukung

Pilihlah waralaba yang memberikan dukungan berupa manajemen atau juga iklan. Usahakan jangan membeli waralaba yang sistemnya jual-beli putus. Selain resikonya lebih tinggi, sistem ini juga tak cocok bagi Anda yang masih ingin coba-coba.

Komentar
Memuat...