Buah Blustru (Oyong) Terbukti Dapat Mengobati Sesak Napas dan Batuk

0 109

Buah Blustru dengan nama latin Luffa cylindrica (L.) M. Roem, dishrag gourd, sponge gourd. Tanaman yang masih asing nama nya di tataran orang Suda. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan memanjat dengan panjang batang dapat mencapai kurang lebih 10 m. Tumbuhan ini diakatakan masih asing nama nya di tataran orang Sunda karena tumbuhan ini mempunyai nama yang berbeda-beda di setiap daerah nya. orang sunda menyebut Blustru ini dengan sebutan buah Oyong, orang Jawa menyebutnya blestru, orang Palembang menyebutnya katola atau timput.

Secara morfologi tumbuhan ini tumbuhan yang memanjat seperti dapat dilihat di atas genteng-genteng apabila di tanam di pelataran rumah, daun nya tunggal dengan letak daun berselang seling, berbentuk bulat telur melebar dengan warna daun hijau. Bunga nya berekelamin tuggal, hanya terdapat pada satu pohon dan bermahkota kuning. Buah biasanya bergantungan atau beregeletak dimana tumbuhan itu merayap.

Tumbuhan ini bisa hidup dipekarangan rumah atau kebun yang sudah disediakan lahan nya, karena tanaman ini memanjat tumbuhnya.

Tumbuhan ini biasanya digunakan sebagai lauk nasi, disayur herang orang Sunda menyebutnya. Dengan bumbu masakan dapur yang sealakadarnya pun bisa nikmat disantapnya ketika dihadapkan di rumah sudah tidak tersedia apa-apa, tumbuhan ini selalu menjadi solusi nya. selain itu juga, tumbuhan ini pun mempunyai banyak manfaat dalam duni kesehatan.

Berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuan, sehingga manfaat tumbuhan ini dalam kesehatan sudah diketahui. Bagian yang dimanfaatkannya diantaranya yaitu buah, biji, daun, akar, dan batang nya. kandungan yang terdapat dalam buah tumbuhan ini yaitu saponin triterpin, luffein (zat pahit), citruline, dan cucurbitacin. Adapun kandungan dalam bijinya yaitu minyak lemak, squalene, spinasterol, cucurbitacin B, dan protein. Bunga nya mengandung glutamin, asam aspartat, arginin, lisin, dan alanin. Daun dan batang mengandung saponin dan tanin serta dalam getahnya mengandung saponin, lendir, lemak, protein, xylan dan vitamin (B dan C).

Manfaat buah Blustru dalam pengobatan diantaranya sebagai obat peluruh dahak, penghenti perdarahan, peluruh kencing, perangsang muntah, pencahar, pemberantas cacing perut, peluruh haid, merangsang pengeluaran asi, dan melancarkan sirkulasi darah.

Cara penggunaan :

1. Haid tidak teratur

Ambil buah Blustru sebanyak empat buah, kemudian bersihkan terlebih dahulu. Parut keempat buah blustru tersebut, ditambahkan air setengah cangkir air masak, dan ditambahkan garam halus seujung sendok teh, diampurkan hingga merata. Setelah itu dperas dan disaring. Dapat diminum sekaligus. Lakukan sebyak tia kali dalam sehari.

2. Ibu menyusui ASI nya tidak lancar

Cukup dengan mengambil buah Blustru dan ditambahkan dengan daun katuk kemudian disayur bening sehingga bisa dikonsumsi langsung dengan nasi.

3. Mengatasi sesak napas

Diambil daun blustru yang masih muda kurang lebih lima helai, kemudian diasapkan sebentar dan dimakan langsung dengan nasi digunakan sebagai lalapan.

4. Mengobati batuk yang disertai sesak.

Ambil bunga blustru kemudian dicuci sampai bersih, direbus dengan tiga gelas air sampai tersisa hanya satu gelas. Setelah dingin, disaring dan ditambahkan madu secukupnya dalam saringan air tersebut. Dilakukan

5. Obat bisul

Bagi anda yang ounya penyakit bisul, ambilah akar blustru kemudian dicuci sampai bersih kemudian dipotong-potong seperlunya. Kemudian direbis dengan tiga gelas air sampai tersisa hanya satu gelas sama seperti pada pengbatan batuk yang disertai sesak. Masih angat-angat di oleskan pada bisul.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat! Ikhtiar Untuk Mempertahankan Kehidupan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.