Solusi Sederhana Mencegah Bau Mulut Saat Menjalani Ibadah Puasa

0 9

Rutin menggosok gigi dan berkumur ternyata tidak cukup untuk menghilangkan bau mulut. mengonsumsi sayur dan buah saat sahur di Bulan Ramadan jadi solusi mencegah bau mulut saat menjalani ibadah puasa.

Menurut beberapa ahli kesehatan mulut, sayur dan buah merupakan makanan pembersih gigi alami yang dapat membantu menghilangkan plak dan sisa-sisa makanan dari sela-sela gigi. Sayuran dan buah-buahan juga merupakan bahan antioksidan yang dibutuhkan untuk kesehatan mulut.

Berikut ini beberapa jenis buah dan sayuran yang bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah bau mulut:

Buah Jambu biji

Buah yang satu ini terbilang mudah di dapat, selain kaya manfaat Jambu biji juga memiliki aroma kuat untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Cukup dengan makan 1 atau 2 buah setelah mengkonsumsi makanan yang berbau pekat.

Buah Apel

Buah-buahan ini kaya akan serat, plus mengunyah makanan semacam ini akan membantu mulut memproduksi air liur. Kedua hal ini akan mencipta semacam pembersih mulut.

Buah Durian

Jika Anda tak bisa melewati hari tanpa makan makanan yang bisa memicu bau napas tidak sedap, makanlah buah durian setelah menyantap makanan pemicu bau tak sedap tersebut. Daging buah durian, biji serta kulitnya memiliki aroma kuat. Apalagi, buah durian Durian juga banyak mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C; serta kalium, kalsium dan fosfor yang banyak bermanfaat bagi kesehatan.

Buah Pir

Buah Pir termasuk pada buah yang tinggi kadar airnya, serta memiliki rasa yang manis dan lezat. Pir adalah buah impor, namun kini di Indonesia sudah banyak dijual, bahkan dipasar tradisional sekalipun. Selain lezat dan segar, buah pir juga mengandung dan nilai gizi yang tinggi serta mengandung zat yang memproduksi air liur agar mulut tidak kering.

Daun kemangi

Daun kemangi memiliki aroma harum yang cukup menyengat, sangat ampuh menghilangkan bau mulut. Jika kebetulan makan ikan baker, daun kemangi bisa di kunyah dan sebagian di remas-remas dengan jari agar bau tak sedap di mulut dan tangan, hilang

Batang kayu manis

Bisa membantu memadamkan bau tidak menyenangkan dari bawang bombay dan bawang putih. Minyak dari kayu manis juga bisa membunuh bakteri pada mulut agar tidak berkembang lebih banyak.

Selain jenis buah dan sayuran yang bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah bau mulut tersebut diatas,  Rupanya untuk mencegah bau mulut saat puasa kita juga harus menghindari beberapa makanan berikut :

Hindarilah mengonsumsi bawang mentah

Aroma bawang mentah akan sangat kuat tertinggal di seputar mulut, sekuat apa pun Anda menggosok gigi. Bawang mentah juga akan menetap cukup lama di aliran darah dan kemudian terbawa sampai paru-paru.

Hindari Mengonsumsi kopi dan keju

Kopi dan keju cenderung menimbulkan bau yang kurang sedap setelah masuk ke tubuh kita. Lebih baik dihindari saat sahur agar tidak bau mulut saat puasa.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.