Buat Dapur Cantik di Lahan Sempit

0 17

Membuat Dapur Cantik: Perubahan gaya hidup masyarakat urban saat ini rupanya menaikkan peran dapur dari yang sekedar ruang memasak menjadi ruang kumpul sekaligus menyiapkan makanan. Tak heran, banyak orang rela mengeluarkan dana besar hanya demi mewujudkan dapur berkelas.

Tak perlu ruang yang besar untuk membuat dapur anda nyaman dan sedap dipandang mata. Biarpun berukuran mungil, bila anda merancang dan menatanya dengan apik, dapur cantic pun bisa terwujud. Bahkan, di lahan yang sangat terbatas sekalipun, kita dapat membuat dapur yang memiliki fungsi ganda, misalnya dapur sekaligus ruang makan atau dapur sekaligus ruang cuci.

Dalam mendesain setidaknya anda cukup memiliki luas 2m x 2,5m atau maksimal 3m x 3,5m. Dengan ukuran ini, anda sudah dapat mengutak-atik layout dapur yang anda inginkan. Untuk layout biasanya disesuaikan dengan ukuran dapur. Untuk ukuran 3m x 3,5m, anda sudah dapat menghadirkan dapur multifungsi.

Sementara itu, dari sisi desain ia mengungkapkan tren dapur saat ini lebih banyak dipenuhi dengan konsep simple tapi fungsional. Perkara keterbatasan lahan, lagi-lagi menjadi alasan. Ya, ukuran hunian yang semakin kecil membuat ukuran setiap ruang menjadi sangat terbatas. Oleh sebab itu, untuk menyiasati keterbatasan tersebut para desainer atau pemilik rumah lebih suka menggunakan warna-warna terang untuk memberi kesan lapang.

Lahan semakin sempit, membuat masyarakat ingin membangun dapur yang clean dan simple tapi fungsional. Jadi, tidak perlu menggunakan material yang berlebihan.

Tren Rak Terbukaan

Minimnya lahan juga menciptakan tren baru di ranah dapur mungil, yakni penggunaan rak simpan dengan konsep semi terbuka. Misalnya dengan menghadirkan ambalan atau cabinet tanpa pintu. Konsep penyimpanan terbuka membuat dapur mungil terlihat lebih simple dan lega, sehingga menghindari terkesan penuh.

Konsep rak terbuka ini juga membuat dapur yang terkesan gelap dan kecil jadi lebih lapang. Namun, kekurangan konsep ini barang-barang yang anda simpan harus selalu rapih. Meski demikian, desainnya yang simple dan mudah membuat para desainer interior kini menerapkan konsep ini pada dapur dengan area terbatas.

(Baca: Buat Dapur Cantik di Lahan Sempit)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.