Inspirasi Tanpa Batas

Buat Sistem Keamanan Rumah Untuk Membuat Hunian Yang Nyaman

0 6

Buat Sistem Keamanan Rumah Untuk Membuat Hunian Yang Nyaman – Rumah idaman adalah rumah yang layak sebagai tempat berteduh dan berkumpul seluruh keluarga. Jika Anda telah mampu memenuhi kebutuhan itu bagi keluarga Anda, lalu apa selanjutnya?

Tanggung jawab Anda sekarang adalah untuk melindungi keluarga Anda dari bahaya. Rumah adalah tempat yang tidak terlepas dari resiko kemanan. Sama seperti bangunan lain, rumah juga bisa dilanda bencana seperti misalnya kebakaran, kemalingan, atau gempa bumi. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mempersiapkan diri untuk menghadapi resiko-resiko tersebut.

Karena itulah sistem keamanan di rumah menjadi penting. Apa itu sistem keamanan rumah? Sistem keamanan rumah adalah seperangkat alat yang dipasang di rumah untuk misalnya mendeteksi api, kehadiran orang asing, kebocoran pipa, dan lain-lain. Perangkat keamanan yang standar dipakai di perumahan misalnya terdiri atas tombol, alarm, atau mungkin layar monitor dan kamera CCTV.

Mampu Mendeteksi Berbagai Macam Bahaya

Sistem keamanan di rumah harus mampu mendeteksi munculnya bahaya, dan memberitahu Anda melalui bunyi alarm. Bunyi alarm adalah perangkat utama untuk memulai tindakan pencegahan. Sistem keamanan rumah yang standar misalnya detektor api dan asap, alarm maling, dan kamera. Semua perangkat ini dioperasikan secara langsung atau dengan baterai dan terhubung pada alarm.

Singkatnya, jenis sistem keamanan rumah yang dapat Anda aplikasikan di rumah antara lain sebagai berikut.

1. Alarm maling
Alat ini digunakan untuk melindungi rumah Anda dari penyusup. Sensor ini dipasang di suatu tempat di rumah dan terhubung ke sistem alarm.

2. Kamera CCTV
Kamera CCTV dapat memberi tahu Anda mengenai keadaan ruangan tertentu di rumah. Jika rumah Anda besar, Anda tidak bisa setiap saat mengecek kondisi setiap ruangan. Untuk itu, pasanglah kamera CCTV dan pantaulah dari monitor di salah satu ruangan. CCTV biasanya diarahkan ke pekarangan rumah untuk melihat siapa yang datang.

3. Detektor asap dan api
Perangkat ini biasa dipasang di langit-langit rumah. Sistem ini terhubung dengan alat penyiram otomatis yang sangat sensitif dengan adanya kenaikan suhu atau keberadaan asap. Jika sensornya bekerja, alat ini akan menyiramkan air ke seluruh ruangan. Alat ini berfungsi untuk mencegah kerugian akibat kebakaran.

4. Detektor gas
Karbon monoksida adalah gas yang merugikan kesehatan manusia. Sumbernya bisa berasal dari kebocoran tabung gas di dapur atau cerobong asap. Untuk mendeteksi peningkatan adanya konsentrasi CO, gunakanlah detektor gas ini.

5. Detektor gempa
Detektor ini dapat mendeteksi guncangan atau getaran kecil dalam ruangan atau bangunan. Alat ini membantu kita untuk menghindari resiko tertimpa bangunan saat gempa bumi terjadi.

Komentar
Memuat...