Bukan Makna Dalam Kumpulan Puisi Cinta

0 248

Bukan Makna Dalam Kumpulan Puisi Cinta. Selama hidup, cinta tidak akan bisa lepas dari manusia. Mengapa? Karena cinta hadir bersama hadirnya manusia. Karena cinta bahkan manusia ada. Tanpa pernah memiliki rasa cinta, manusia, tidak kan pernah ada. Adam mengambil resiko hidup di dunia dan meninggalkan Syurga, hanya dengan satu alasan, cinta.

Cinta dalam narasi cerita, ternyata tidak hanya punya satu makna. Sampai mungkin kita pernah kebingungan hanya karena pemaknaan cinta. Makna akan kata yang kita sebut cinta, bisa salah bisa benar. Namun yang pasti, Cinta adalah fitrah. Meski banyak yang merasa gagal, sakit, patah dan jatuh karena kata ‘Cinta’. Tetapi, tidak sedikit mereka yang justru sangat bahagia, karena kata cinta.

Untuk pembaca, silahkan definisikan makna cinta menurut gaya masing-masing, Yang pastim cinta tidak pernah bisa dipaksa, Cinta hadir karena kesemestaan.  Untuk itu penulis tidak memaksa pembaca untuk membaca sebuah puisi sederhana ini, karena aku merasa mencinta anda semua.

Makna Cinta

Ku cari makna cinta mulai dari ontologi
Sedikit kutemukan meski telah sampai ke epistimologi
Akhirnya kuhentikan di titik aksiologi

Entah pada siapa rasa ini ku utarakan
Banyak yang gagah lalu lalang
Namun tak ada satupun pancaran Tuhan
Hingga fitrah ini masih rapih tersimpan

Ah sudahlah, tak ada guna aku berandaI
Membayangkan hal penuh estetika
Sampai lupa akan hukum dunia
Bahwa tak semua hal tentang hedonisme saja

Aku berbalik arah
Bahwa cinta bukan dicari makna
Cinta tak selamanya pada makhluk dunia
Cinta tak selalu pada kesenangan semata

Tetapi cinta sejati
Ternyata hanya mampu kuutarakan
Ya … Kuutarakan
pada Sang Pencipta Pemberi Cinta ***Inten Cahya***

Analisa Sastra Puisi

Puisi ini telah menghentak ragam persepsi. Mengapa? Sebab menurut Cecep Sumarna, puisi menghadirkan dimensi filosofi, ketuhanan dan kemanusiaan. Puisi ini mengajak banyak pihak untuk menyimak dan memperhatikan kepada siapa sesungguhnya, puisi ini dipersembahkan dan untuk apa sesungguhnya manusia berkiprah.

Dalam analisa Lyceum Indonesia, penulis dan Novelat yang coba disughkan Inten Cahya, memang selalu menelisik lubuk hati banyak orang. Jika anda tahu, sosok Inten ini, ia tampil dalam segenap kesahajaan namun darinya terpancar sejumlah imaginasi misterius. Jika pembaca memperhatikan ragam tulisan yang dia disuguhkan, kami percaya asumsi semacam ini, akan selalu hadir mengitarinya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.