Buku Yang Wajib Entrepreneur Baca, Rockefeller Habits 2.0 – Scaling Up

0 56

Mendirikan usaha memang tidaklah mudah, apalagi jika harus mengembangkan skala perusahaannya menjadi lebih besar dan luas. Dua masalah inilah yang masih menjadi tantangan untuk sebagian besar entrepreneur di Indonesia. Menurut data yang dikutip dari Sandiaga Uno, bangsa Indonesia memiliki kira-kira 55 juta pebisnis skala mikro, kecil serta menengah dan 99% dari mereka adalah para pengusaha mikro yang walaupun sudah bertahun-tahun lamanya menjalankan bisnisnya, tetap tak beranjak ke dalam fase scaling-up. Mereka terjebak dalam fase starting-up karena kebanyakan belum mengetahui cara strateginya atau merasa telah puas dan merasa cukup dengan yang dicapai selama ini.

Karena hal tersebut, mereka yang telah berwirausaha perlu memperluas cakrawalanya mengenai scaling-up. Istilah ini merujuk terhadap upaya dan strategi yang dilakukan oleh sebuah startup/ usaha rintisan supaya skala usahanya semakin besar. Misalnya, dari hanya satu toko kecil atau warung, menjadi memiliki beberapa cabang di lokasi berbeda, atau juga merambah pasar yang baru, mengembangkannya menjadi jaringan walaraba dan sebagainya. Intinya, eksekusi scaling-up yang sukses akan dapat membuat sebuah bisnis mikro menjadi raksasa.

Salah satu hal yang dapat para entrepreneur dan pendiri startup lakukan untuk memperkaya pengetahuan mengenai scaling-up yang baik adalah dengan membaca buku yang berkualitas. Di antaranya yakni “Scaling Up: How a Few Companies Make It…and Why the Rest Don’t (Rockefeller Habits 2.0)” yang disusun oleh Verne Harnish. Buku ini sendiri adalah versi revisi dari sebuah buku yang berjudul “Mastering the Rockefeller Habits” (2009).

Dalam buku pertamanya, Verne Harnish berhasil menyuguhkan berbagai gagasan sintesis atau juga gabungan dari sejumlah penulis tersohor lainnya menjadi sebuah rencana yang solid dan kohesif yang dapat dipakai startup untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka. Di sini, pembaca akan dapat menemukan pemikiran-pemikiran pengusaha kaliber dunia asal AS, John D. Rockefeller. Pembaca bisa mempelajari ritme bisnis, data dan prioritas-prioritas yang ditempuh oleh sang entrepreneur hebat itu semasa hidupnya. Dengan membaca buku tersebut, entrepreneur diharapkan akan bisa menyingkirkan aktivitas yang kurang berguna dan lebih berfokus pada hal-hal yang diperlukan agar bisnis yang mereka jalani berhasil. Tentu tidak semuanya harus Anda terapkan begitu saja mentah-mentah ke dalam startup/ perusahaan baru Anda tetapi setidaknya ada hal-hal yang dapat Anda pelajari dan kemudian anda terapkan untuk memperbaiki kinerja usaha Anda.

Di buku kedua yang lebih tebal, Verne Harnish memaparkan gagasan-gagasannya secara lebih komplit, sistematis dan runtut. Beragam jenis alat dan teknik untuk membuat bisnis yang unggul diberikan di sini. Pendekatan-pendekatan ini sudah teruji selama lebih dari 3 dekade, karena telah diberikan pada puluhan ribu CEO dan eksekutif bisnis serta membantu memberikan berbagai nasihat bisnis yang diperlukan saat sebuah startup yang mau menaikkan skala bisnisnya.

Uniknya, meskipun seolah-olah buku tersebut diperuntukkan untuk para pengambil kebijakan kunci di perusahaan dan startup, semua orang masih dapat mengkonsumsinya. Bahasa dan cara pemaparannya mudah dipahami sehingga para pekerja hingga jajaran manajemen top bisa bersama-sama belajar darinya dengan mengetahui hal-hal yang bisa mereka lakukan dalam lingkup kewenangan mereka.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=Ym2Z6tYrZwQ?feature=player_detailpage]

Isi Buku Scaling Up

Berikut adalah sejumlah bab dalam buku “Scaling Up : How a Few Companies Make It…and Why the Rest Don’t (Rockefeller Habits 2.0)”.

The Introduction – Tools for Scaling Up

The Overview – People, Strategy, Execution, Cash
The Barriers – Leadership, Infrastructure, and Market Dynamics

Scaling Up People

The Leaders – The Face and Pace of the Company
The Team – Attracting and Hiring
The Managers – Keeping and Growing (Educating) the Team

Scaling Up Strategy

The Core – Values, Purpose, and Competencies
The 7 Strata of Strategy – The Framework for Dominating Your Industry
The One-Page Strategic Plan – The Tool for Strategic Planning

Scaling Up Execution

The Priority – Focus, Finish Lines, and Fun
The Data – Powering Prediction
The Meeting Rhythm – The Heartbeat of the Organization

Scaling Up Cash

The Cash – Accelerating Cash Flow
The Accounting – Driving Profitability
The Power of One – 7 Key Financial Levers

Buku ini ingin agar entrepreneur “mendirikan perusahaan yang di dalamnya tim mereka bisa dilibatkan secara aktif; para konsumen melakukan pemasaran; dan setiap orang dapat menghasilkan uang”. Agar semua tujuan dapat tercapai, upaya scaling-up perlu berfokus pada 4 poin utama yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh: SDM, Strategi, Eksekusi dan Kas.

Jika Anda berpikir buku ini hanya berputar di tataran teoretis, Anda kurang benar. Harnish pun menyertakan sejumlah alat baru yang disajikan dalam selembar termasuk versi terkini dari “One-Page Strategic Plan” dan “Rockefeller Habits ChecklistTM”, yang telah digunakan lebih dari 40 ribu perusahaan di seluruh dunia untuk membesarkan bisnis mereka. Banyak yang dapat mencapai 1 miliar dollar AS bahkan lebih tinggi lagi dari itu.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.