Cara Ampuh Membuat Ramuan Buah Kersen Bagi Kesehatan

2 44

Kersen mempunyai nama latin Muntingia calabura L. Tanaman ini merupakan tanaman yang masih asing didengar terlebih oleh mereka yang hidup di pedesaan. Tanaman ini hanya ada dibeberapa daerah, seperti Jakarta, Madura dan Jawa. Orang Jakarta menyebutnya ceri dan orang Madura menyebutnya baleci sedangkan orang Jawa menyebutnya talok. Bagi orang- orang yang hidup diperkotaan hampir rata-rata sudah mengenal dan mengatahui buah kersen, hanya di pedesaan baru beberapa orang yang mengatahuinya.

Secara morfologi, kersen merupakan pohon yang dapat mencapai ketinggian sampai kurang lebih 12 meter, dan memiliki percabangan. Batangnya berkayu dan dilapisi dengan kulit, daunnya berwarna hijau dan dibagian bawah daun terdapat bulu halus. Buahnya berwarna hijau kekuningan ketika masih muda dan berwarna pink sampai kemerahan ketika sudah masak atau tua. Didalam buahnya terdapat biji yang sangat kecil dan bergerombol berwarna cokelat. Rasa yang terkandung dalam buah kersen yaitu manis seperti madu.

Kersen biasanya hidup tidak ditanam dengan bantuan manusia, atau orang sunda menyebutnya pelekah. Diperkotaan khususnya di kota Cirebon dimana tempat penulis tinggal, kersen hidup di depan pekarang rumah yang terdapat lahan kosong, dan hampir di setiap rumah dan jalan terdapat pohon kersen.

Buah kersen sering dikonsumsi secara langsung ternyata sangat banyak manfaatnya buah kersen untuk kesehatan. Bagian yang dimanfaatkan dari pohon kersen terutama dalam kesehatan yaitu bagian buah dan daun. Kandungan yang terdapat didalamnya yaitu tanin, flavonoids, dan saponin. Khasiat buah kersen dalam dunia kesehatan yaitu untuk mengobati tekanan darah tinggi, asam urat, dan diabetes.

Cara Penggunaan:

  1. Untuk mengobati tekanan darah tinggi. Langkah pertama ambil daun kersen kemudian dijemur dibawah terik matahari sampai kering. Setelah mengering, seduh daun tersebut secukupnya dengan air panas seperti menyeduh air teh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum air seduhan tersebut sebanyak dua kali sehari.
  2. Untuk mengobati atau mengurasi rasa nyeri asam urat, cukup dengan mengkonsumsi langsung buah kersen secukupnya sebanyak tiga kali sehari.
  3. Untuk mengobati diabetes dan kolesterol tinggi, ambil daun kersen secukupnya, kemudian direbus dengan air setelah mendidih sisakan air rebusan setengah dari yang awal pertama memasukan.

 Selamat Mencoba! Jadikan semua ikhtiar untuk segala hal yang kita harapkan!

*** Paridah Zakiyah

 

  1. Anan Abdul Hanan berkata

    Makasih info nya , perlu di coba .

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.