Inspirasi Tanpa Batas

Cara Mendidik Anak Generasi Z bagi Orang Tua di Zaman Digital

0 51

Konten Sponsor

Di era zaman sekarang, menyesuaikan pendidikan anak dengan perkembangan gadget memang terasa susah-susah gampang. Pasalnya, anak generasi Z dengan mudah mendapatkan informasi selain dari orang tua atau guru. Generasi yang di sebut dengan generasi Z ialah mereka yang lahir di tahun 1994-2010. Hal ini membuat petumbuhan mereka sangat dinamis. Tak jarang Gen Z lebih memiliki pengetahuan yang luas dibandingkan dengan orangtua mereka sendiri.

Hal itu pun membuat pertumbuhan mereka menjadi sangat dinamis. Bahkan, meskipun minim pengalaman, tak jarang Gen Z memiliki pengetahuan lebih luas dari orang tuanya. Dan hal tersebut membuat orang tua harus menyesuaikan dengan perkembangan mereka untuk dapat mendidiknya.

Lalu bagaimana cara mendidik Gen Z ??

  1. Ketahui dulu karakter mereka. Ada 4 karakter yang dimiliki oleh Gen Z, yaitu:
Self Direction

Gen Z ini cenderung lebih terbuka. Tidak terlalu bertele-tele. Jika mereka suka, mereka bilang suka, dan jika tidak suka, mereka bilang tidak suka. Tergugah untuk mencari sesuatu, keingintauan yang luas dan research byself adalah beberapa ciri yang mencerminkan sikap Self Direction mereka.

Digital Natives

Gen Z pasti tidak mau ketinggalan tentang sebuah identitas. Mereka merasa perlu untuk dikenal orang lain. Karena itulah mereka dengan antusias membuat akun di Facebook, Twitter, Youtube, dan sosial media lainnya. Mereka sangat cepat dengan perkembangan dunia digital. Sikap narsis mereka merupakan hal yang wajar karena mereka menemukan media yang dapat memuaskan hasrat untuk eksis.They Respond & Entrepreneurialism

Gen Z merupakan seseorang yang senang berinovasi dan tergolong mandiri. Mereka lebih cepat dalam merespon dan mengeksplorasi. Sebab mereka suka membuat dan menjelajah. Kemampuan belajar mereka jauh lebih cepat karena segala informasi saat ini hanya tinggal mereka (click) saja.

Spirit of Ingenuity

Gen Z merupakan Generasi yang ingin tampil berbeda. Mereka tidak ingin terlihat biasa-biasa saja. Tetapi tidak juga terlihat seperti meniru. Rasa ingin mereka untuk selalu up to date adalah dasar dari Gen Z yang lekat dengan karakter Spirit of Ingenuity.

  1. Ikut bergaul dengan mereka. Duduk bersama dan libatkan Gen Z dalam sebuah kegiatan untuk berpartisipasi. Buat tujuan bersama-sama dan minta saran ataupun kritik dari mereka. Lalu, biarkan mereka mengambil keputusan. Hal ini bisa dimulai dengan belanja online. Karena, selain bisa akrab dengan menggunakan gadget, berbelanja online bersama Gen Z juga bisa jadi pengalaman unik untuk kedua pihak.
  2. Jangan melarang mereka untuk berkembang menjadi generasi Z. Yang terpenting ialah upaya untuk mendidik mereka hidup dengan baik dan benar. Mempergunakan gadget dengan bijaksana. Sebagai orangtua harus dapat membimbing dan memfasilitasi agar Gen Z. (sumber : https://www.blibli.com/friends/articles/tiga-langkah-mudah-mendidik-generasi-z/)

Perkembangan zaman yang semakin pesat, dapat memperngaruhi gaya hidup Gen Z. Untuk itu orangtua harus selalu mengawasi perkembangannya. Itulah sedikit cara mendidik Gen Z. semuanya kembali lagi pada orangtua atau yang mendidik. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar