Inspirasi Tanpa Batas

Cara Menyusun Abstrak dalam Penelitian

0 56

Konten Sponsor

Membuat abstrak dalam penelitian, adalah bagian penting lain yang wajib tersajikan. Abstrak tidak mungkin diabaikan dalam sebuah penelitian. Mengapa? Sebab setiap penelitian, mengharuskan adanya narasi yang menggambarkan keseluruhan isi sebuah penelitian.

Abstrak bersipat singkat namun padat. Abstrak harus mampu menyuguhkan sejumlah informasi yang penting dalam sebuah penelitian.

Abstrak secara umum diartikan sebagai suatu objek atau peristiwa khusus yang tidak dapat dilihat. Abstrak adalah penyajian singkat mengenai isi tulisan pada sebuah tulisan penelitian.  Ia selalu menjadi bagian tersendiri dengan fungsi menjelaskan secara singkat isi seluruh tulisan kepada pembaca. Umumnya hanya berisi satu lembar dengan hanya menggunakan satu spasi

Tulisan ini menguraikan tentang tata cara menyusun abstrak dan apa saja yang isi yang terkandung dalam abstrak.

Alinea –  1

Di alinea satu dalam abstrak, harus mampu menyajikan latar belakang masalah. Substansi dari masalah yang anda kaji, harus mampu disusun dalam alinea pertama. Masalah dalam penelitian, berisi tentang masalah yang terjadi [yang ditemukan], padahal seharusnya tidak hal itu terjadi. Alinea pertama, maksimal berisi antara 125-175 karakter.

Alinea – 2

Alinea dua, berisi tentang tujuan penelitian. Tujuan penelitian di sini, berisi tentang tujuan-tujuan yang terdapat dalam proposal penelitian atau tersedia dalam bab 1. Isi dari tujuan penelitian, tidak lebih dari 150 karakter. Dituliskan secara naratif dan tidak terstruktur seperti yang terdapat dalam bab I penelitian. Karakternya tidak pointers

Alinea – 3

Alinea tiga berisi tentang dasar pemikiran peneliti. Bagian ini, juga dapat berisi landasan teori yang digunakan peneliti. Umumnya, landasan teori berisi tentang pokok-pokok pikiran peneliti yang didasarkan atas variabel penelitian [kuantitatif], dapat juga berisi penjelasan atas inti kajian [kualitatif]. Jumlah karakter dalam bagian ini, kurang lebih antara 150-175.

Alinea – 4

Alinea empat berisi metode penelitian [kualitatif/kuantitatif]. Alinea ini harus mampu menjabarkan pilihan metodis, mengapa memilih metode dimaksud. Harus juga digambarkan tentang waktu penelitian, cara pengambilan data, dan teknik analisa data. Di alinea ini, harus dibatasi sampai di sini. Tidak boleh sampai pada tahap kesimpulan. Bagian ini, setidaknya memuat antara 125 – 175 karakter.

Alinea – 5

Alinea lima berisi tentang kesimpulan dari rangkaian penelitian. Harus diingat bahwa kesimpulan bukan resume, tetapi, jawaban dari masalah penelitian. Beberapa kekeliruan yang sering muncul dari mereka yang baru melakukan penelitian, kesimpulan sering disamakan dengan resume. Padahal, kesimpulan adalah jawaban dari masalah atau atas apa yang terjadi di latar belakang masalah. Alinea ini berisi kurang lebih 75 – 100 karakter. Cecep Sumarna

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar