Cara Menyusun Kesimpulan Penelitian

0 6.235

Kesimpulan penelitian adalah jawaban dari masalah penelitian. Bukan rangkuman penelitian atau rangkuman penulisan. Jadi, kesimpulan dalam penelitian pasti satu, karena masalah dalam penelitian seperti saya sampaikan sebelumnya, hanya memuat satu masalah. Kesimpulan mesti difahami sebagai konklusi dari masalah yang dimunculkan.

Kesimpulan dapat berupa sistematisasi dari keseluruhan aspek penelitian yang terdiri dari masalah, kerangka teoritis, metodologi penelitian dan penemuan penelitian dan pembahasan hasil penelitian. Dalam kesimpulan, juga diterangkan tafsiran peneliti dan teknik analisis data yang dipergunakan.

Kesimpulan ditulis pada bab tersendiri sebagai bab akhir. Dalam penyusunan kesimpulan, manurut George J. Mauly, penelitian bersifat terpadu dan menyeluruh. Penulisan kesim-pulan, peneliti meninggalkan peranannya sebagai ilmuwan. la harus beralih menjadi seorang filosof.

Justifikasi terhadap metode, sikap dan aktivitas ilmiah yang digunakan sebagai sarana pemecahan masalah, akan memperkuat hasil penelitian. Simpulan adalah jawaban dari sesuatu yang dianggap sebagai masalah atau dapat disebut sebagai pemahaman yang didapatkan sebagai hasil dari pemecahan masalah.

Simpulan bukan berarti titik akhir penelitian. Simpulan tidak dapat dipegang secara dogmatis. Sebab sejarah ilmu menunjukkan bahwa apa yang dianggap benar pada hari ini, benar dalam konteks tertentu dan benar dalam tempat tertentu, bisa jadi dianggap salah untuk masa yang akan datang, konteks dan situasi dan tempat yang berbeda akan membedakan hasil penelitian.

Simpulan bahkan dapat merekomendasikan hal apa yang belum dapat dikerjakan peneliti, untuk memberi bekal atau bahan kepada peneliti yang akan datang.

Untuk mengetahui cara penyusunan proposal penelitian yang lebih luas nya silahkan baca artikel berikut ini: Cara Menyusun Proposal Penelitian

Dampak Hasil Penelitian

Setiap kesimpulan dapat salah (fallible), namun ia dapat dijadikan sebagai premis untuk penyelidikan lebih lanjut. Dari kesimpulan ini kemudian akan terumuskan rekomendasi ilmiah yang meyarankan kepada peneliti berikutnya tentang objek yang mungkin selesai dipecahkan melalui penelitian yang akan dilakukan di masa yang akan datang, baik oleh dirinya maupun orang lain.

Langkah terakhir yang harus dilakukan peneliti adalah mencoba menela’ah dampak bagi kehidupan manusia, dari ilmu yang tadi sebagai hasil penelitian berhasil dilahirkan peneliti.

Setidaknya dari hasil penelitian itu dapat menghasilkan dua persoalan yang mungkin dapat menghasilkan dampak dari ilmu pengetahuan yang didapatkan. Kedua dampak itu adalah: 1) Dampak ilmu, teknologi dan industri melalui ilmu terapan; 2) Dampak ilmu di dalam masyarakat dan peradaban. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.