Cara Mudah Registrasi Ulang Kartu dari Seluruh Provider Indonesia

Cara Mudah Registrasi Ulang Kartu dari Seluruh Provider Indonesia
0 3.739

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah memutuskan untuk memberlakukan registrasi nomor pelanggan yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Tujuannya Demi peningkatan perlindungan hak pelanggan jasa telekomunikasi. Registrasi ulang akan dimulai 31 Oktober 2017 secara masal untuk seluruh pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Dilangsir dari detik.com, Penetapan ini diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, yang telah diubah dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menkominfo Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Registrasi ini dikatakan sebagai upaya pemerintah dalam mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan, terutama pelanggan prabayar sebagai komitmen melindungi konsumen dan untuk kepentingan national single identity.

Penyelenggara jasa telekomunikasi akan mengaktifkan nomor pelanggan paling lambat 1×24 jam. Penyelenggara jasa telekomunikasi wajib menyelesaikan registrasi ulang pelanggan prabayar yang datanya belum divalidasi paling lambat 28 Februari 2018.

Penyelenggara jasa telekomunikasi juga wajib menyampaikan laporan kemajuan proses registrasi ulang pelanggan prabayar setiap 3 (tiga) bulan kepada Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) selama jangka waktu registrasi ulang.

Menurut Kominfo, perpanjangan batas waktu penyesuaian pelaksanaan registrasi pelanggan jasa telekomunikasi ini mempertimbangkan kesiapan dan keandalan sistem untuk melakukan validasi data pelanggan dan mempertimbangkan perlindungan terhadap kepentingan pelanggan jasa telekomunikasi.

Lalu bagaimana cara registrasi ulang kartu yang benar? Disini kami akan menjelaskan cara registrasi ulang kartu perdana anda dari seluruh provider di Indonesia.

1. Cara Registrasi Kartu Telkomsel (Simpati, Loop, Kartu AS)

Datang ke GraPARI/Outlet/Konter

Datangi kantor GraPARI/Outlet/Konter terdekat sembari membawa KTP asli dan kartu keluarga, dan bilang saja ingin melakukan registrasi ulang kartu prabayar.

Dengan Cara Melalui SMS

SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK# untuk kartu perdana.

Sedangkan pelanggan lama, maka dapat melakukan registrasi dengan format ULANG#NIK#NomorKK#. Informasi tersebut harus sesuai dengan NIK yang tertera di Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) dan KK

2. Cara Registrasi kartu XL dan Axis

Dengan Cara Melalui SMS

ketik ULANG#nmrKTPk#nmrKK kirim ke 4444, contoh: ULANG#332410xxxxxx#332410xxxxx  Atau ketik ULANG#NIK#NAMA IBU KANDUNG, contoh: ULANG#332410xxxxx#ANGELINA JOLIE

Datang ke XL Center/Outlet/Konter

Datangi kantor XL Center/Outlet/Konter terdekat sembari membawa KTP asli dan kartu keluarga, dan bilang saja ingin melakukan registrasi ulang kartu prabayar.

3. Cara Registrasi Kartu 3/Tri

Datangi Outlet/konter/kantor 3 Care Terdekat dan bilang ingin melakukan registrasi ulang sim card sembari menunjukan KTP-el asli.

SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK# untuk kartu perdana. Sedangkan pelanggan lama, maka dapat melakukan registrasi dengan format ULANG#NIK#NomorKK#. Informasi tersebut harus sesuai dengan NIK yang tertera di Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) dan KK

4. Cara Registrasi Kartu Indosat

Datang ke Gerai Indosat

Datangi Gerai Indosat Ooredoo/Outlet/Konter terdekat sembari membawa KTP asli dan kartu keluarga, dan bilang saja ingin melakukan registrasi ulang kartu prabayar.

Melalui SMS

Ketik: ULANG#No. eKTP#Kartu Keluarga# kirinm ke 4444 contoh: ULANG#2011851708450017#0017201185170845# atau ULANG#No.eKTP#Nama IBU# kirim ke 4444 contoh: ULANG#2011851708450017#ANGELINA JOLIE# kirim ke 4444

Catatan:

  • Kamu wajib Registrasi ulang kartu prabayar mulai tanggal 31 Oktober 2017 hingga 28 Februari 2018. (4 bulan)
  • Bila sampai dengan 28 Februari 2018 belum melakukan registrasi, maka diberi waktu 15 hari, bila tidak maka akan diblokir untuk panggilan keluar dan pengiriman SMS keluar. Kemudian 15 hari berikutnya jika belum mendaftar ulang akan diblokir seluruh layanan, termasuk data internet.
  • Data yang masuk menggunakan nomor KK dan eKTP yang tidak sembarangan orang bisa mengacaknya, Informasi tersebut harus sesuai dengan NIK yang tertera di Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) dan KartuKeluarga agar proses validasi ke database Ditjen Dukcapil dapat berhasil.
  • Jika data yang dimasukkan calon pelanggan dan pelanggan lama tidak dapat tervalidasi meskipun telah memasukkan data yang sesuai dengan yang tertera pada KTP-el dan KK, maka pelanggan wajib mengisi Surat Pernyataan.
Komentar
Memuat...