Inspirasi Tanpa Batas

Cek Email Kamu Disini!! Jika Muncul Maka segera Lakukan Ini

0 35

Konten Sponsor

Kabar mengejutkan dari datang dari dunia teknologi. Baru-baru ini pakar keamanan komputer menemukan daftar spam yang berisi 711 juta alamat email. Awalnya ditemukan oleh Seorang peneliti keamanan  (security researcher) yang berbasis di Paris yang dikenal sebagai Benkow, database tersebut berisi dua data terpisah, satu database berisi alamat email server untuk mengirimkan email spam, sementara database kedua berisi alamat email yang lebih mengejutkan yaitu berisi alamat email beserta passwordnya.

Jutaan email tersebut itu merupakan informasi penting bagi para spammer untuk menjalankan operasi malware dalam skala besar untuk menghindari (mem-bypass) filter spam dengan mengirimkan email melalui mail server yang sah.

Pemiliki situs “Have I Been Pwned” sebuah situs yang berisikan daftar email yang telah diretas, Troy Hunt, melakukan analisa terhadap data yang ditemukan, dan menjelaskan di blognya. Ia menyebutnya itu adalah jumlah data hasil pembobolan terbesar yang masuk ke dalam notifikasi di situsnya.

Ini adalah kumpulan data tunggal terbesar yang pernah dia muat ke dalam Have I Been Pwned, dan bahwa “untuk skala tertentu, itu hampir satu alamat untuk setiap pria, wanita, dan anak di seluruh Eropa .”

Untuk mengetahui apakah alamat Email kamu salah satu dari 711 juta emai yang ada di database sial tersebut lakukan hal berikut ini:

  1. Kunjungi situs haveibeenpwned.com
  2. Kamu masukan alamat email kamu pada kotak yang tertera disitus tersebut. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar dibawah ini:

Jika email kamu salah satu korban maka akan muncul tanpilan seperti ini:

Cek Email Kamu Disini!! Jika Muncul Maka segera Lakukan Ini
Screnshot: Tampila situs haveibeenpwned.com yang muncul ketika email yang kamu masukan, salah satu korban dari database tersebut.

Dan jika email kamu tidak termasuk korban maka akan muncul tampilan seperti ini:

Screnshot: Tampila situs haveibeenpwned.com yang muncul ketika email yang kamu masukan, bukan salah satu korban dari database tersebut.

Jika email kamu terdaftar didatabase tersebut apa yang harus kamu lakukan?

  1. Kamu harus cepat-cepat ganti password email kamu dengan password yang belum dipakai sebelumnya.
  2. Gunakan password yang unik (memilki angka, huruf besar dan symbol) contoh “[email protected]” tapi ingat memilih pasword unik harus yang benar-benar kamu mudah mengigatnya. Jangan sampai kamu lupa password.
  3. Hapus semua spam yang ada di kotak masuk email kamu. Lebih baik sebelum kamu hapus belokir dulu spam-spamnya.
  4. Jangan sesekali buka link yang dikirim oleh para spamer.

Sekilas Bahaya Email yang “Bocor”

Jika email kamu bocor atau password email kamu berpindah tangan, tentu ini merupakan kerugian besar yang harus kamu waspadai. Apalagi di Zaman modern ini banyak sekali transaksi online, mau belanja pakaian, belanja alat dapur, belanja elektronik dll semua bisa dilakukan secara online. Dan hampir di semua transaksi online harus menggunakan email, dimana kode pembelian, kode Verifikasi, dan bahkan password akan dikirim ke email yang sebelumnya kamu daftar di tempat belanja kamu tadi. Dan masih banyak lagi.!

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar