Cermati Perbedaan Waralaba Dengan Business Opportunity

0 51

Perbedaan Waralaba Dengan Business Opportunity – Saat ini banyak pengusaha yang mengembangkan usahanya dengan kemitraan dengan sistem waralaba. Dapat kita lihat, waralaba jenis kuliner seperti makanan dan minuman, mulai dari dengan paket booth hingga berbentuk resto kini terus menjamur.

Namun, masyarakat yang ingin menjadi terwaralaba atau si pihak yang mendapatkan hak untuk menjalankan usaha waralaba juga harus jeli. Jeli melihat apakah usaha yang ditawarkan itu benar-benar mapan untuk diwaralabakan atau hanya sekadar business opportunity alias BO.

Saat ini banyak usaha yang sebetulnya belum sempurna, baik standarisasi maupun SOP yang ada namun telah ditawarkan kepada masyarakat. Hal inilah yang akhirnya membuat usaha tersebut tak tahan lama.

Ikuti Tips Tips Ini

Untuk itu simak beberapa tips yang perlu diperhatikan masyarakat sebelum berinvestasi pada salah satu usaha yang ditawarkan agar tidak salah memilih usaha.

  1. Investor harus menanyakan kapan usaha tersebut mulai berdiri serta mulai ditawarkan menjadi usaha waralaba.
  2. Jika telah diwaralabakan, tanyakan siapa terwaralaba pertamanya dan mintalah nomor kontaknya untuk menanyakan keberhasilan usaha yang telah dijalankan.
  3. Perhatikan keunikan usaha tersebut, sebab hal ini menjadi nilai tambah di tengah persaiangan usaha yang semakin ketat.
  4. Tanyakan omzet yang diraih, kemudian analisa penjualan rata-rata yang sudah berjalan, baik secara triwulan dan tahunan. Bila grafiknya menanjak berarti usahanya prospektif

Apabila mereka tidak mau menyampaikan hal yang ditanyakan tersebut, maka itu bukan usaha waralaba tapi BO, dan usahanya bisa dikatakan belum mapan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.