Cinta adalah Puncak Ibadah kepada Allah

1 124

Islam telah memperkenalkan bergai jenis ibadah [ritual] kepada pengikutnya. Islam tidak hanya memperkenalkan kegiatan ritual harian, mingguan, bulanan dan tahunan, atau sekali seumur hidup, tetapi, seluruh nafas dan pergerakan umat Islam, sesungguhnya adalah ibadah.

Banyak orang menganggap bahwa ibadah itu senderung formal. Sebut misalnya, ibadah harian seperti shalat wajib lima waktu, mingguan seperti shalat Jumai??i??at atau tahunan atau seumur hidup seperti puasa dan haji. Padahal seluruh ghayat umat Islam, pada hakikatnya adalah ibadah. Bernafas sekalipun adalah ibadah. Sepanjang semua akivitas itu, dalam kerangka menuju Tuhan atau hidup bersama Tuhan. Semua tindakan yang seperti itu, dapat disebut sebagai ibadah.

Jarang di antara umat Islam yang merasa misalnya, beramal shaleh untuk kebaikan dan kemaslahatan umat manusia sebagai ibdah. Apa yang dilakukan Thomas Alva Edison, haruslah difahami sebagai ibadah. Atau misalnya, membuat jalan yang baik, sesungguhnya adalah ibadah. Bagi pelajar, belajar sungguh-sungguh adalah, ibadah.

Kegiatan biasapun dapat disebut ibadah. Sebut misalnya makan, minum, belajar, bekerja, tidur, membersihkan rumah, membantu teman, adalah ibadah. Itulah yang dinamakan amal shaleh. Kegiatan dimaksud, sekali lagi akan bermakna sebagai ibadah, jika semua bentuk kegiatan tadi, diarahkan untuk membangun jiwa-jiwa kemanusiaan.

Dalam al Qurai??i??an surat Adz Dzariat [51]: 56 Allah mengisyaratkan hal ini melalui firman-Nya. “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Kuai???. Tidak mungkin manusia dapat melakukan kegiatan apapun, atas ayat dimaksud, jika misalnya ayat ini tidak memperluas makna ibadah. Ibadah dalam pengertian ini, berartiAi??bentuk ketaatan atau ketundukkan manusia secara maksimal kepada Tuhan-Nya, itulah yang disebut dengan ibadah.

Ibadah itu Tindakan Kemanusiaan

Ibadah akan mencakup semua tindakan manusia dalam bentuk ucapan atau perbuatan; tampak atau yang tidak! Semua tindakan manusia jika tidak dilarang Allah, dan didalamnya mengandung semangat kebaikan, maka, itu adalah ibadah. Jadi ibadah dalam Islam semua tindakan kemanusiaan secara keseluruhan.

Di letak ini, saya melihat bahwa Islam sesungguhnya tidak hanya berisi tentang perintah dan larangan, tetapi, penting mengkaji ragam seruan kebaikanAi??dalam pengertian membangun kemanusiaan tadi.

Bersikap rendah hati dan cinta yang mendalam kepada Allah, itu puncak ibadah umat Islam. AkhirAi?? dari tingkatan cinta adalah pengabdian kepada Allah. Cinta kita kepada Allah itu, harus melebihi cinta kita kepada sesuatu. Semua kecintaan kepada makhluk harus merupakan ekspresi cinta kepada Tuhan.

Jadi ibadah dalam Islam itu meliputi seluruh persoalan ketuhanan, kemanusiaan dan kelasaman. Aspek-aspek yang terkait dengan kehidupan manusia akan bermakna ibadah. Jadi pembagian yang hanya dua; mahdzah [langsung bersma Tuhan] dan ghaer mahdzah [ibadah sosial], dalam kasus tertentu. cenderung disederhanakan. Rumusan ini, sekaligus membatasi ruang gerak pemaknaan atas ibadah itu sendiri.

Ibadah itu kepentingan manusia. Allah sedikitpun tidak butuh atau tidak mengambil manfaat atas ibadah manusia. Sebetaapun seluruh makhluk berpaling, Allah tidak akan rugi, Dia tetaplah Dia. Pencipta dan pemelihara, seluruh pemilik seluruh jagad raya.

Begitupun sebaliknya. Puji-pujian hamba-Nya tidk akan menambah kekuasan-Nya. Allah tetap berdiri sebagai Allah Dzat Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Tidak akan menyruh sesuatu pada hamba-Nya melainkan ada kebaikan dan kemaslahatan bagi hamba itu sendiri. Firman Alloh dalam Surat Luqman [31]:Ai?? 12 menyatakan: ai???Barang siapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk kepentingan dirinya sendiri. Dan barang siapa yang kufur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya dan Maha terpujiai???. Team lyceum

  1. Cahya Hadi Kusuma berkata

    Iyah benar bahwasanya apa yang dilakukan kita sekarang ini ibadah kecuali melakukan hal yang tidak benar. Suatu perbuatan yang baik merupakan ibadah, contohnya senyum, salam, berjabat tangan itu juga termasuk sebuah ibadah. Nah dengan ibadah sendiri bisa mendekatkan kita pada Allah. Dengan ibadah juga kita bisa dijauhkan dari bahaya dan perbuatan yang tidak baik. Jadi hidup itu adalah Ibadah.
    Terimakasih

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.