Cinta Bersemi dalam Nikah Poligami | Nokhtah Kerinduan Tuhan Part – 4

31 141

Jika Linda dan Yanti masing-masing menikah dalam usia yang relatif muda, Ghina, menikah justru dalam usia yang relatif tua. tentu jika dibandingkan dengan kedua Yanti dan Linda. Ghina menikah diusianya yang melewati umur ke 30. Pernikahan baru dihelat Ghina setelah ia berkarier di kantor perusahaan itu sekitar 7 tahun. Ghina sangat fokus mengurusi perusahaan yang dimliki bossnya.

Setelah menyelesaikan gelar sarjana S1 dalam bidang teknik sipil, Ghina menjadi perempuan karier di sebuah perusahaan multi nasional. Ia begitu gajih dengan model cukup pantastik.Ia bukan hanya mandiri, tetapi, menjadi wanita mapan yang tidak memiliki ketergantungan secara ekonomi dengan siapapun, termasuk dengan kaum laki-laki. Karena itu, menjadi wajar jika dia terlambat menikah. Ia tumbuh menjadi sosok percaya diri atas dirinya sendiri.

Setahun setelah dia menikah, di usianya yang genap 31 tahun, Ghina memperoleh kesempatan untuk mengikuti Post Graduate Program di Salah satu Universitas ternama di Jerman. Ia memperoleh beasiswa dari perusahan di mana dia bekerja karena dianggap memiliki loyalitas, dedikasi dan kemampuan inovasi tinggi.

Ghina dikenal cukup imaginer dalam mengembangkan desain-desain kantor yang cukup menjulang. Tangan dingin dialah yang menyebabkan salah satu faktornya, perusahaan dimaksud, tidak pernah sepi kehabisan order. Perusahaan desainer konstruksi ini, bahkan diperkirakan mampu bertahan hingga 20 tahun ke depan. Ia diangkat menjadi direktur konstruksi bangunan kawasan pegunungan yang rawan longsor.

Ia beberapa kali diundang menjadi pemateri dalam seminar pengembangan pembangunan nasional yang ramah lingkungan. Dialah sosok yang mampu memberi penjelasan rinci bukan hanya dalam konteks perusahaan, tetapi, juga mewakili bangsa Indonesia jika event itu bersipat internasional. Itulah mengapa nama Ghina tumbuh menjadi sosok populer di tanah air dalam beberapa tahun waktu itu.

Ghina Menjadi Motivator Agama

Lain di kantor lain di masyarakat. Ghina yang pernah menjadi aktivis Masjid saat mengikuti kuliah S1 itu, selain tumbuh menjadi desainer konstruksi bangunan yang tangguh, juga memiliki talenta motivasi keagamaan yang baik. Waktu sore hari sehabis melaksanakan tugasnya di perusahaan, Ghina seringkali keliling dari satu Majelis Taklim ke Masjid Taklim lain.

Itulah Ghina. Dengan segenap keunikan dan kesahajaannya, ia tumbuh menjadi panutan umat yang banyak dan kompleks. Kalimatnya datar namun penuh makna. Banyak ibu-ibu mengidolakan sosok ini, sebagai perempuan ideal dalam konteks keagamaan.

Saat Ghina sering melakukan motivasi keagamaan itulah, ia dipertemukan Tuhan dengan seorang laki-laki yang sempat menjadi mentornya sewaktu kuliah S1 di Bandung. Ia dengan laki-laki itu, memiliki selisih usia sekitar 6 tahun. Laki-laki itu, sehabis mengikuti pendidikan di Kampus yang sama dengan Ghina, ia meneruskan perusahaan Travel Haji dan Umrah milik ayahnya.

Terhadap laki-laki itu, Ghina bukan hanya sekedar jatuh hati, tetapi rela menjadikan dirinya sebagai istri kedua. Ghina sadar bahwa menjadi kedua atau ketiga, tidak terlalu penting, yang penting baginya laki-laki itu adalah shalih. Inilah pendidikan keagamaan yang diterapkan selama dia mengikuti kajian sewaktu kuliah tak mampu dia rubah, pun ketika dia sudah menjadi seorang direktur.

Laki-laki itu bernama Muhammad Luthvi. Dia sama dengan Ghina memiliki profesi sebagai arsitek. Hanya saja, Lutvi lebih konsen pada Teknik Mesin. Kedunya adalah jembolan dari kampus yang sama dengan Ghina. Luthvi tampaknya lebih senang memilih posisinya sebagai Direktur Travel, dibandingkan dengan mengembangkan diri dalam dunia keteknikan-nya sebagai ahli mesin.

Ta’aruf Ghina dengan Istri Luthvi

Beberapa kali Ghina dengan Luthvi bertaaruf (berkenalan). Sampai kemudian Ghina benar-benar siap dan sanggup menjadi istri keduanya. Setelah itu,  Luthvi melakukan ta’aruf di sebuah Masjid yang disetujui mereka bersama dengan istri pertama Luthvi. Istri pertama Luthvi itu bernama Ani, kebetulan juga sama mentor Ghina di Salman ITB Bandung. Keduanya sudah lama kenal. Ghina juga tahu tentang Ani. Ia dianggap sebagai senior sekaligus guru bagi Ghina.

“Dalam sebuah ta’aruf itu, Ani berkata kepada Ghina: “Ghina adindaku, kita mencintai laki-laki yang sama, itupun jika benar suamiku mengatakan bahwa kamu mencintainya. Tetapi aku percaya, bahwa suamiku selama ini tidak pernah berdusta kepadaku. Aku sadar tuntutan keagamaan seharusnya aku mampu memberi pelayanan yang baik kepada suamiku. Tetapi, berhubung tugas-tugas kami masing-masing sangat banyak dan padat, dan karenanya tidak mungkin aku untuh melayaninya, maka, aku takut Tuhan melaknatku dan tidak merindukanku, karena secara tidak langsung, aku telah berbuat nusuz atas ketidakmampuanku melayaninya.

Karena itu pula, aku meminta bantuan kepadamu, bantulah aku menjaga suamiku. Insyaallah dia baik dan menjaganya adalah pahala juga. Sekuat mungkin aku tak kan pernah cemburu secara membuta kepadamu, karena sejak awal aku tahu betapa kamu tumbuh sebagai sosok perempuan Muslim yang taat. Saat itu, Ghina hanya menganggukan kepala dan pasrah atas situasi apapun yang bakal dihadapinya. Ia seperti berada dalam mimpi, karena dilamar oleh istri pertama dari seorang laki-laki yang bakal menjadi suaminya juga”

Sehabis taaruf itu, Ghina datang kepada kedua orangtuanya bersama Luthvi dan Ani. Keluarga Ghina yang Muslim dan taat serta kaya raya ini, mengidzinkan anaknya untuk dinikahi Luthvi sebagai istri keduanya. Perkawinanpun berlangsung secara sederhana di rumah Ghina saat itu juga. Ia tidak mengundang siapapun, termasuk tidak mengundang Yanti dan Linda teman sejatinya. By. Charly Siera –Bersambung–

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

  1. Mumtaz berkata

    Rasa ikhlas mungkin sulit bagi manusia..
    Rasa ikhlas memang harus dimiliki bagi setiap kaum muslim.

  2. khofifah berkata

    pologami memang di bolehkan dari zaman rasulullah juga,tapi poligami memiliki tujuan tertentu bukan dengan tujuan hanya untuk yang tidak-tidak.jika laki-laki itu tidak bisa berperilaku adil pada istrinya lebih baik menikahi satu istri saja.

  3. siti khodijah mpi A-3 berkata

    berpologami adalah sesuatu yang dilarang oleh allah swt oleh karena itu kita harus bisa menghindari perbuataan untuk berpoligami.. jadi kita tidak boleh untuk melakukan hal yag seperti itu.

  4. Uun Unesih berkata

    Bismillah… Dalam islam berpoligami itu diperbolehkan, bahkan laki laki pun boleh mempunyai istri lebih dari satu, asalkan salah satunya dia bisa berbagi dan tidak pilih kasih. Dalam bacaan tersebut, terlihat bahwasanya seorang istri yang rela dengan sangat tulus memberikan suaminya kepada perempuan lain, hanya karena si istri kurang memberikan pelayanan yang baik terhadap suami. Dalam hal ini, saya sangat kagum dengan sesosok istri yang dengan ikhlas membagi suaminya dengan perempuan lain.

  5. eka ali wahab berkata

    noktah kerinduan tuhan part-4
    subhanallah sekali melihat akhlak ani yang sangat mulya. dia rela di poligami dengan ghina dan begitupun sebaliknya. di zaman sekarang jarang sekali dan tidak pernah mau seorang istri di poligami oleh suaminya. karena pada esensinya poligami itu di perbolehkan oleh agama islam asalkan sang suami dapat berbuat adil.

  6. Febrialdy Imandyanto Kusuma berkata

    Poligami, poligami diboleh kan oleh agama (islam) tapi harus memenuhi pesrsyaratan terlebih dahulu, yaitu salah satunya adalah berlaku adil, jika seorang laki2 tersebut bisa berlaku adil dan juga wanita tersebut siap dipoligami itu sah2 saja. sejatinya poligami itu melaksanakan kewajibannya (bagi yang mampu dan berlaku adil).

  7. Mohamad Adha berkata

    memang jalan hidup seseorang itu sudah diatur oleh Allah SWT, jadi sebagai manusia kita harus tetap berusaha dalam menjalani hidup ini. Termasuk dalam perihal jodoh sejatinya sebelum manusia dilahirkan sudah di tentukan baik itu jodoh, lahir dan kematian ditulis dalam lauh mahfuz.

  8. siti khodijah mpi A-3 berkata

    berpoligami adalah kesalahan yang dilarang oleh agama islam dan yang tidak diperbolehkan juga perbuatan yang seperti itu karena perbuatan itu sangat bersalah dan tidak boleh dilakukan.. maka dari itu jauhi lah dengan perbuatan yang tidak baik seperti di atas..

  9. KORIATUNISA berkata

    Agama tidak melarang seorang laki-laki berpoligami dengan syarat laki-laki tersebut harus adil dalam memberikan nafkah dan kasih ayang dan tidak pernah membeda-bedakan antara kedua istrinya, karena seprang istri tentunya mempunyai sifat yang berbrda sehingga laki-laki tersebut harus bisa membagi waktu antar kedua isterinya.

  10. siti alifah berkata

    dalam islam memang betul dibolehkan untuk kaum laki-laki berpoligami, namun dibolehkan tersebut harus persetujuan terlebih dahulu oleh istri pertamanya, dan jika diijinkan diharuskan untuk suami harus bersikap adil atau merata tidak memilih satu pihak saja.

  11. Zainal Ma'arif berkata

    pada dasarnya berpoligami itu boleh, akantertapi terdapat ketentuan-ketentuan didalamnya, diantaranya ialah suami harus adil dalam melayani istrinya.

  12. Rifa Awaliyah berkata

    Berpoligami dalam agama islam memang dibolehkan, dengan syarat harus bisa adil. Melihat contoh dari cerita di atas, istri tuanya sangatlah menerimanya dengan ikhlas dan dia berusaha “tidak akan cemburu sedikitpun” MasyaaAllah jika dijalani dengan hati dan perasaan pasti memang sulit, tapi kita semua harus berserah diri dan ikhlas kepada Allah mungkin itu sudah menjadi qada dan qadar hidupnya.

  13. Birnawati berkata

    Perihal jodoh, rezeki, dan maut Allah sudah atur. Jadi tidak perlu ada yang dirisaukan lagi. Tidak perlu difikirkan. Karena itu adalah sesuatu yang sudah pasti Allah janjikan. Perihal rezeki sebagaimana kita harus berusaha… Karena tidak mungkin rezeki itu datang tiba2 tanpa adanya usaha. Perihal jodoh pula seperti itu… Sebagaimana kita menginginkan jodoh (Laki-laki atau perempuan yang baik) kita juga harus bisa memperbaiki diri kita. Tapi bukan karena sidia (jodoh kita) tapi memperbaiki diri dihadapan Allah SWT. Kelak nanti Allah akan datangkan yang baik pula. Karena janji Dia (Allah) Laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik, begitupun sebaliknya). Perihal menikah tidak dipandang dari umur, status dan sbagainya… Jika sudah saatnya Allah pantaskan kita waktunya akan menikah, kelak kita juga pasti akan menikah. Tidak perlu risau. Urusan poligami. Jujur saya pribadi sebagai perempuan yang masih berumur 19 tahun ini rasarasanya kalau dipoligami belum bisa. Bahkan tidak bisa. 😁

    1. Febrialdy Imandyanto Kusuma berkata

      alasan anda tidak siap untuk dipoligami kenapa?

  14. Neila nur zuhrufillah berkata

    Sungguh di zaman yg sekarang jarang sekalia wanita seperti ani yg merelakan suaminya untuk menikah kembali bahkan dia yag melamar ghina sangat menyentuh, yg menjadi pelajarannya bahwa wanita itu karinnya jangan terlalu tinggi2 terlebih dahulu karena laki2 manapun akan minder jika menikahi wanita yg memang karirnya sudah sangat tinggi jadi jika ada lelaki yg memang sudah siap untuk menikahimu di umur yg memang kurang dr 25 maka tak apa untu meberimanya jangan di tolak.

  15. Yandhika Chika Pratama berkata

    Assalamualikum wr.wb
    pada part ini bahwasanya kita boleh berpoligami asalkan kita sebagai laki-laki bisa Adil kepada istri-istrinya
    dan bagi istri yang ke 1 itu bila dia ikhlas mengijinkan suami nya maka jaminan nya syurga.

  16. MUNIRUDIN berkata

    Bagi seorang suami berpoligami memanglah di bolehkan dalam agama islam, tapi asalkan memenuhi aturan agama yaitu harus adil terhadap istri dan anaknya.

  17. Siti MH berkata

    Ada yang berpendapat berpoligami itu jaminannya surga untuk istri pertamanya iya jika istri pertama tersebut ikhlas dan ridho

  18. Fariz Aldi Dwi Rahmawan TipsA/1 berkata

    Cinta Bersemi Dalam Nikah Poligami | Nokhtah Kerinduan Tuhan Part – 4
    memilih poligami boleh saja akan tetapi , lebih baik mempunnyai satu orang isteri jika memilih poligami, dalam menanggapi kedua isteri ,harus bersikap adil karena menyangkut perasaan seorang wanita .seorang wanita yang berjiwa baja.

  19. Mariyo Tadris IPS/A Semester 1 berkata

    Cinta Bersemi Dalam Nikah Poligami | Nokhtah Kerinduan Tuhan Part – 4

    SYARAT-SYARAT POLIGAMI
    1. Berlaku Adil Terhadap Para Isteri Dalam Pembagian Giliran Dan Nafkah
    2. Kemampuan Melakukan Poligami
    – Kemampuan Memberi Nafkah
    – Kemampuan Menjaga Kehormatan Isteri-Isterinya

    ADAB-ADAB POLIGAMI
    1. Dengan Berpoligami, Seorang Laki-Laki Janganlah Menjadi Lalai Dalam Menjalankan Ketaatannya Kepada Allah
    2. Seorang Laki-Laki –dari umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam – Tidak Boleh Beristeri Lebih Dari Empat Dalam Satu Waktu
    3. Seorang Laki-Laki Tidak Boleh Memperisteri Dua Wanita Bersaudara Dalam Satu Waktu
    4. Seorang Laki-Laki Tidak Boleh Memperisteri Seorang Wanita Dan Bibinya Dalam Satu Waktu.
    5. Boleh Berbeda Mahar Dan Walimah Bagi Isteri-Isteri. Yaitu Nilai Mahar dan Besarnya Walimah Di Antara Para Isteri Tidak Harus Sama
    6. Seorang Suami Yang Menikah Lagi Dengan Gadis, Maka Dia Tinggal Bersamanya Selama Tujuh Hari, Kemudian Melakukan Giliran Yang Sama Setelah itu. Jika Yang Dinikahi Janda, Maka Dia Tinggal Selama Tiga Hari, Kemudian Baru Melakukan Giliran
    7. Seorang Wanita Yang Dipinang Oleh Seorang Laki-Laki Yang Telah Beristeri, Tidak Boleh Mensyaratkan Kepada Laki-Laki Itu Untuk Menceraikan Isterinya
    8. Suami Wjib Berlaku Adil Dalam Memberi Giliran Pada Isteri-Isterinya
    9. Suami Tidak Boleh Berjima’ Dengan Isteri Yang Bukan Pemilik Hak Giliran, Kecuali Dengan Izin Dan Ridha Pemilik Hak

  20. Mariyo Tadris IPS/A Semester 1 berkata

    Cinta Bersemi Dalam Nikah Poligami | Nokhtah Kerinduan Tuhan Part – 4
    Assalamualaikum.
    Poligami merupakan hal yang diizinkan dalam agama seperti di terangkan dalam surat An Nisa ayat 3 yang artinya “Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya”
    sebuah pelajaran bagi kaum adam jika ingin memiliki istri lebih dari satu harus mendapatkan izin dari istri pertama terlebih dahulu. bila perlu istri pertama yang melamarkan istri kedua untuk suaminya seperti diatas, yang menunjukan keiklasan sejati istri sejati

  21. Adelia Pramesetia berkata

    Dalam novel ini jelas sekali mempelajari tentang keikhlasan dan ketaatan. Dengan ketaatan ghina terhadap agamanya maka Allah datangkan jodoh walaupun harus berpoligami, namun dengan keikhlasannya ghina maka istri pertama dari luthvi, ani, pun menyambut baik ghina. Dan ghina menerima dengan segala penuh keikhlasan apapun yang akan dia hadapi kedepannya.

  22. ifa nurfaizah berkata

    Dalam al-qur’an surah an-nisa ayat 3 dijelaskan bahwa :
    وان خفتم الاتقسطوافى اليتمى فانكحواماطاب لكم من النساءمثنى وثلث وربع
    “Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya)maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi dua,tiga,atau empat.
    Jadi poligami dalam islam dibolehkan kecuali poliandri, dengan syarat istri pertama meridhoi suaminya menikah kembali.

  23. Iqbal ismail berkata

    novel ini buat motfasi untuk kalang pemuda masa kini.untuk itu pemuda belajar lah dari novel ini kare mempelajari tentang arti keikhlasan dan ketaatan dalam kehidupan Islam agar kita hidup lebih bermakna dan tentram

  24. Luinah berkata

    Dalam part 4 ini yang saya tau menjelaskan tentang bagaimana kita jadi umat muslim yang baik. Belajar tentang keikhlasan, ketaatan dan ketakwaan. Karena dengan ikhlas, taat, dan takwa hidup kita akan dapat tentram dunia akhirat. Begitupun dengan sifat2 yang ada pada novel ini, sangatlah bagus, memotivasi dan menginspirasi untuk kalangan anak muda.

  25. Lia Herliana berkata

    Sesungguhnya jika kita menerima apapun dengan ikhlas niscaya akan menghasilkan hasil yang baik. Ya seperti pada novel kali ini istri pertama Luthvi ia memang mencintai suaminya tetapi dia ikhlas jika suaminya menikah dengan orang lain agar dapat melayaninya dengan baik. Pada agama islam berpoligami itu boleh asalkan kita bisa berperilaku adil dalam hal apapun kepada istri-istrinya.

  26. Aninda fidiya sari berkata

    Assalamualaikum.
    Poligami merupakan hal yang diizinkan dalam agama islam seperti di terangkan dalam surat an nisa ayat 3 yang artinya “Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya” tetapi haruslah adil antara istri pertama dan istri kedua.

  27. Peggi Agisna IPS 1/A berkata

    bahwa di usia (muda atau tua) tidak menjadi masalah untuk tidak dapat menikah ataupun menggali ilmu lebih dalam. justru dengan mementingkan mencari ilmu lebih dalam lalu menikah itu akan lebih baik karena kita telah memperoleh jabatan dengan tinggi yang membuat kehidupan tenang dalam kebutuhan

  28. Qorry Yafatihana berkata

    dalam part 4 ini, belajar tentang keikhlasan menerima karena ketidakmampuan melayani dengan baik. maka dari itu isteri pertama dari luthvi ini menerima ghina sebagai isteri kedua dari suaminya. dan dari sinilah timbulnya kerjasama untuk melayani dengan baik.

  29. Ririn Fitriani 3 MPI B berkata

    Ketaatan,ketakwaan,serta keikhlasan yg tumbuh dari seorang wanita memiliki rasa percaya diri yg tinggi. Subhanallah cerita yg sangat menginspirasi yg di dalamnya banyak interpretasi nilai-nilai Alqur’an,laki-laki boleh mempunyai lebih dari satu atau dua istri akan tetapi Rasul mengajarkan untuk bersikap adil terhadap istri-istri yg dinikahi tersebut.

  30. Azis surokhmat berkata

    Keikhlasan akan membuahkan rasa damai dan tentram, dengan kesadaran yang ditunjukan oleh sang istri bahwa dia takut akan ketidaksanggupan melayani sang suami karena kesibukan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.