Coba Teknik Untuk Mendorong Kreativitasmu Untuk Inovasi Baru

0 10

Coba Teknik Untuk Mendorong Kreativitasmu Untuk Inovasi Baru – Entrepreneur harus selalu berinovasi. Itulah yang demikian selalu kita dengar. Mendengar dan juga mengucapkan memang mudah tetapi bagaimana agar dapat selalu berinovasi? Adakah panduan untuk dapat menjadi entrepreneur yang selalu inovatif?

Untuk Anda yang belum mengetahui apa saja yang dapat dilakukan untuk menghasilkan inovasi bisa menggunakan berbagai teknik berikut yang bertujuan agar membantu meningkatkan kreativitas yang sangat diperlukan guna menghasilkan inovasi.

Curah gagasan

Menurut teknik ini, seorang entrepreneur dapat melakukan diskusi santai dengan beberapa orang. Diskusi ini bisa terjadi secara terencana atau juga secara spontan. Konteks, tema, dan diskusi dapat ditentukan secara acak. Diskusi juga sebaiknya diikuti oleh orang yang tak terlalu banyak. Sepuluh bisa dianggap sebagai jumlah terbanyak. Setiap orang dapat dengan bebas melontarkan pemikirannya.

Tidak ada yang harus disaring, ditentang, disetujui, atau juga dievaluasi dalam bentuk apapun. Jangan lupa untuk mencatat semua ide yang keluar sehingga setelah diskusi dapat diulas kembali. Waktu pelaksanaan curah gagasan bisa fleksibel, mengikuti selera. Namun idealnya adalah sekitar 40 hingga 60 menit. Tempat duduk juga lebih nyaman dengan susunan melingkar atau juga seperti tapal kuda (U) sehingga setiap orang dapat memandang orang yang berbicara secara langsung.

Pemetaan pikiran

Teknik ini intinya ialah teknik grafis yang memungkinkan orang dalam mengeluarkan ide-idenya baik yang berasal dari belahan otak kanan dan otak kiri. Teknik ini menjelaskan hubungan antaride dengan gambaran visual serta mengembangkan kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dari berbagai cara sudut pandang.

Pemetaan pikiran dilakukan dengan menggunakan sebanyak mungkin gambar atau dengan ikon yang relevan dengan ide yang tengah menjadi pusat masalah. Tuliskan semua ide yang muncul yang dapat digunakan sebagai solusi dengan membuat garis yang menghubungkan berbagai ide yang relevan. Berhenti keluarkan ide saat sudah agak lambat mengeluarkannya. Rehat sejenaklah untuk kemudian melakukan penyatuan ide-ide tersebut dalam satu jaringan peta pikiran.

Triz

Teknik asal Rusia tersebut berasal dari teori pemecahan masalah inventif yang dirancang tahun 1946 oleh Genrich Altshuller. Menurut tekniknya, masalah didekati secara sistematis dan teknis. TRIZ memanfaatkan otak kiri, ilmu dan juga dilakukan secara bertahap dan disusun berdasarkan paten inovatif di seluruh dunia.

Rapid prototyping

Teknik ini meliputi 3 prinsip: rough (kasar), rapid (cepat), dan right (tepat). Yang artinya kesempurnaan membuat model purwarupa (prototype) tidaklah mutlak. Yang lebih penting ialah kecepatan dan juga ketepatannya. Ini didasarkan pada pelaksanaan transformasi ide menjadi model purwarupa sebenarnya dapat menyebabkan munculnya berbagai kesalahan atau error dalam ide asli.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.