Cobalah Masak Bersama Pasangan Dan Rasakan Manfaatnya

2 23

Cobalah Masak Bersama, Pasangan Dan Rasakan Manfaatnya. Dalam rumah tangga memasak biasanya dilakukan para kaum istri, atau pembatu rumah tangga. Namun taukah kamu memasak sesungguhnya bukan kewajiban seorang istri, melainkan kewajiban suami. Ini bukan tanpa dasar, dan bukan tanpa alasan. Pertanyaan “adakah kewajiban mencuci dan memasak dalam Islam” sudah sejak dulu di perdebatkan. Pertanyaan ini cukup menarik, karena sudah menjadi tradisi dan budaya di masyarakat bahwa salah satu kewajiban seorang wanita ketika sudah menikah adalah mengurus rumah tangga.  Seperti mencuci, memasak, dan pekerjaan rumah lainnya. Lalu bagaimana menurut anda?

Terlepas dari polemik tentang kewajiban siapa memasak, keduanya sama-sama memiliki alasan yang rasional, jika dikatakan kewajiban istri itu benar, karena sesungguhnya istri harus melayani suami, dan jika dikatakan kewajiban suami juga benar karena suami wajib menafkahi istri. Adapun semua yang menyangkut urusan rumah tangga selayaknya harus berlandaskan saling ridho dan dilandasi dengan musyawarah. Masing-masing pihak harus saling ikhlas menerima apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan pasangannya. Suami Istri harus saling menasihati, saling membantu untuk menunaikan tanggung jawab sebagai suami istri serta mengurus anak-anak dan pendidikan mereka.

Harmoni Keluarga Dari Memasak

Ada baiknya semua urusan rumah tangga dilakukan bersama-sama, nah untuk kali ini penulis akan sedikit mengulas tentang manfaat memasak bersama pasangan. Berikut ini manfaat masak besama pasangan:

  1. Meningkatkan komunikasi. Dalam memasak kita akan mengambil dakeputusan bersama tentang apa yang akan dimasak. Itu terjadi karena sebelumya pasti pasangan tersebut berkomunikasi tentang masakan yang dinginkan pasangan hingga cara masaknya.
  2. Meningkatkan kehangatan keluarga. Memasak bersama istri memang terasa mengesankan, apalagi bagi yang tergolong pasangan baru,  Anda akan merasa lebih ‘nyambung’, sehingga dengannya dapat membantu membangun kualitas hubungan.
  3. Contoh buat anak, jika sudah menikah aktifitas memasak bersama bermanfaat sebagai contoh buat anak kita. Selain melatih sensitifitas, mengenal rasa, dan tanggung jawab, memasak juga menumbuhkan cinta pada diri sendiri dan menghadirkan pola hidup sehat buat si anak.
  4. Masak besama sebagi pengganti waktu yang hilang. Bagi pasangan yang super sibuk kadang lupa pentingnya kebersamaan, dengan memasak diharapkan menjadi penggati, walaupun hanya sebentar namun berkualitas.

Selain manfaat yang telah dipaparkan di atas manfaat dari memasak bersama pasangan, sedikit banyak akan menghemat cost belanja jajan Anda. Dengan mengolah dan memasak sendiri diharapkan cost untuk bulanan akan lebih hemat dan variasi masakan pun akan dapat kita siasati tiap harinya. Rumah tangga tidak akan menggapai sakinah jika hubungan sebagai suami istri  yang dibangun atas penuntutan hak dan kewajiban. Hal sederhana ini jarang dilakukan sebagian besar keluarga. Gunakanlah waktu luang untuk membagun harmoni keluarga. [AL]

  1. Lisna apriliana berkata

    Rekomendasi banget Untuk diterapkan. Apalagi di jaman Sekarang, orang tua cenderung hanya memikirkan ekonomi Dan kebutuhan rumah tangganya saja.

    1. Nurul Fikri berkata

      Udah cpt mau nikah yahh… Hehe
      Tapi memang benar, keluarga harmonis tidak pernah melupakan hal-hal Kecil yg membuat keluarga harmonis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.