Darah Perawan Gadis Muda | Candu Asmara Remaja Part – 2

39 1.622

Darah Perawan. Test Pack dan hasil pemeriksaan bidan terhadap air seni Kayla itulah, yang menyebabkan Indra pingsan. Hasil test itu, menunjukkan bahwa Kayla ternyata positif hamil. Semula Indra masih tidak yakin akan hasil test pack yang digunakan kepada air seni Kayla. Keraguan itu menyebabkan Indra harus memanggil seorang bidan dan ternyata hasilnya sama. Bidan menyatakan kalau Kayla memang benar-benar hamil. Bahkan usia kandungannya telah berlangsung selama tiga bulan. Betapa hal ini sangat mengguncangkan dan mengejutkan Indra. Kayla adalah anak yang sangat diidamkannya. Dia akhirnya hanya mampu menangis. Ya terus menerus menangis yang pada akhirnya pingsa.

Saat diketahui Kayla hamil, keluarga Indra terpukul hebat. Indra sadar bahwa Kakek Kayla adalah seorang tersohor dalam bidang agama dan tokoh masyarakat. Di kampung di mana dia hidup, mertuanya adalah tokoh yang cukup disegani. Ia dikenal begitu kuat mempertahankan nilai-nilai Islami dan demikian ekstrem jika ada tetangganya jika ketahuan melakukan hal-hal seperti itu.

Indra selalu berpikir, bagaimana anaknya atau cucu dari tokoh itu, ternyata tidak mampu menjaga wibawa keluarga besarnya. Tentu apalagi tak mampu menjaga nilai agama yang dianut kuat keluarga yang memang dikenal sangat taat. Tidak terbayang oleh Indra dan Shofia, bagaimana masyarakat mencibir jika situasi itu diketahui secara luas oleh masyarakat setempat.

Pertemuan dengan Kekasih Kayla

Setelah pencarian yang melelahkan, suatu siang, Indra yang diminta Shofia untuk datang ke rumah pacar Kayla itu akhirnya berkumpul. Shofia yang diantar supir dan Indra yang diantar anak laki-lakinya, akhirnya berkumpul di rumah kekasih Kayla. Tentu didalamnya ada pacarnya, Fredy. Dialah laki-laki yang diduga telah menghamili anak kesayangannya Kayla. Dalam pertemuan di rumah Fredy itu, orang tua Fredy tidak ada. Keluarga kaya ini rupanya berada di luar Kota. Ia termasuk pengusaha pakaian di Tanah Abang yang jarang pulang. Meski dengan sangat lemah, Indra dan Shofia berusaha mencari tahu, bagaimana cerita ini bermula. Mengapa semua itu harus dilakukan. Keduanya diam dan tak ada satupun yang buka mulut. Setelah tidak ada jawaban dan jalan keluar, mereka akhirnya pulang dengan membawa Kayla ke rumahnya.

Indra, Shofia dan supir serta adik Kayla pulang. Kayla yang sedang hamil muda tak menunjukkan gejala aneh selain terlihat sangat polos dan menununjukkan gelaja defresi. Di jalan mereka bersepakat untuk tidak memberitahu siapapun akan apa yang menimpa Kayla. Mereka mencari jalan ke luar agar situasi ini tertutup rapat. Mereka berupaya untuk tetap biasa dan situasi ini berjalan apa adanya. Tidak terkesan ada sesuatu yang membahayakan secara sosial terhadap keluarga besarnya.

Kemarahan Indra dan Shofia terhadap Kayla, mampu dijaga begitu mereka masuk ke rumahnya. Kayla disuruh tidur di kamarnya. Kayla yang tidak menunjukkan rasa sesal hanya terlihat defresi itu, berebah di kamarnya. Ia didampingi Shofia, ibunya. Saat mereka berada di kamar Kayla itu, tanpa diduga, Shofia menemukan buku harian Kayla. Di buku itu dijelaskan bagaimana perjalanan dan situasi yang menyebabkan Kayla hamil

X File Menjelaskan Segala Peristiwa

.Dalam X File itu, terkisah semua pertiswa yang menimpa Kayla. Dengan sangat hati-hati, Shofia membaca satu kata dengan kata lain, yang mencatatkan bagaimana peristiwa yang menimpa Kayla bermula. Inilah petikan cerita itu.

“Hari ini, Januari 2005, aku pulang sekolah. Supir keluarga tidak menjemputku ke sekolah entah mengapa. Siang itu, akhirnya aku berjalan ke luar sekolah pula dengan mengendarai angkot. Saat berada di jalan sambil menunggu angkot itu, tiba-tiba aku digoda tiga orang pemuda. Parasku memang sering disebut sangat cantik dan lembut. Seksfil-ku juga katanya banyak menarik laki-laki siapapun yang melihatnya. Termasuk banyak guru laki-laki yang menggodaku. Tiga laki-laki itu tampak seperti sedang mabuk. Godaan ketiganya, sudah sangat keterlaluan dan membuat aku sangat ketakutan.

Dalam suasana yang kalut dan ketakutan itulah, tiba-tiba tanpa diduga, muncul sosok laki-laki pendek, tidak ganteng dan terkesan kumuh membantuku. Tiga laki-laki itu dipukul dengan keras dan ketiganya tumbang. Mereka lari tunggang langgang. Akhirnya, aku selamat. Setelah reda, laki-laki itu memperkenalkan diri dengan menyebut namanya Fredy. Entah mengapa, aku merasa aman dan nyaman. Aku merasa terlindungi oleh laki-laki pendek itu.

Inilah awal ceritanya. Setelah kejadian itu, aku memberi nomor Hand Phon dan Fredy juga memberi nomor HP-nya kepadaku. Akhirnya kami sering saling ngontak, saling kirim sms dan saling janjian. Termasuk ketika Kayla akan pulang sekolah. Singkatnya, Aku sering diajak pulang bareng bersama Fredy.

Cintapun Akhirnya Bersemi

Berbagai pertemuanku dengan Fredy, membuat aku yang baru berumur 17 tahun ini, akhirnya luruh dalam hati Fredy. Umurnya dua tahun lebih tua dariku. Sampai suatu waktu, aku diajak main ke rumah Fredy. Aku sedikitpun tidak pernah merasa takut dan dalam kasus tertentu aku senang. Entah mengapa, sejak kejadian itu, aku merasa nyaman dan tenang, bareng berjalan bersamanya. Pun ketika aku diajak ke rumahnya, sejujurnya aku sangat bahagia.

Di rumah Fredy suasana rumah sangat sepi. Orang tua Fredy adalah pebisnis di Tanah Abang yang jarang pulang. Suhu udara tak biasanya sangat dingin. Fredy yang sudah terbiasa memegang tangan Kayla saat boncengan naik motor atau naik mobil, tidak sedikitpun menggangguku. Malah sejujurnya aku bahagia dibuatnya. Namun saat berada di rumah Fredy, kebiasaan itu bertambah agresif. Mungkin karena didukung suasana romantisme alam yang melingkupi kami semua.

Baca Juga : Novel Candu Asmara Remaja Part-1

Di rumah itulah, aku untuk pertama kalinya dipeluk dan dicium Fredy dengan hangat. Inilah ciuman pertamaku dalam hidup. Aku mengatakan ke Fredy: Ka … Inilah ciuman pertamaku. Jujur aku hampir pingsan dibuatnya saking sangat romantisnya.” Keningku dicium dengan manja. Lalu lama kelamaan, ia mencium pipi dan terakhir bibirku.

Sampai pelukan dan ciuman seperti ini, aku ikut merasakan bagaimana bahagianya dia menikmati suasana romantis yang baru pertama kali aku peroleh dari laki-laki yang merasa telah menjadi pahlawanku. Namun ketika ciuman itu, memasuki unsur-unsur tertentu yang sangat sensitif dalam tubuhku,  aku berontak dan menolak dengan sangat kasar.

Ssst … Fredy. Jangan … ini bahaya. Aku tidak suka. Fredy dengan santun mengatakan, mohon maaf. Kayla aku lupa diri. Akhirnya mereka berdua tersenyum dan menghentikan aktivitas ciumannya. Mereka, kembali duduk di balai rumah sambil menyaksikan bagaimana burung-burung bersiul, bernyanyi satu sama lain yang dimiliki orang tua Fredy.

Saat-saat Kayla Terangsang Asmara

Lama mereka tinggal di teras rumah itu. Sampai aku kata Kayla tampak haus dan minta idzin untuk mengambil air. Tetapi Fredy buru-buru mengambilnya dan mohon maaf dia lupa tidak memberinya air sejak kedatangannya di rumah itu. Saat sampai di dapur itulah, Fredy justru berulah. Dia memasukkan obat perangsang –yang sebenarnya mungkin sudah dia rencanakan– ke dalam air putih yang dicampur es dan dikuceknya dengan kuat. Air di gelas itu tidak menunjukkan warna apapun kecuali air bening itu sendiri yang bercampur es.

“Tanpa berpikir panjang, aku meneguk air minum itu dengan kuat. Semula aku seperti segar. Namun 10 menit kemudian, pandangan mataku menjadi aneh. Jika tadi saat aku berciuman pertama, aku yang meminta menghentikan ciuman itu. Tetapi, sesaat itu, justru akulah yang agresif. Akulah yang pertama kali memegang tangan Fredy dengan lembut dan hangat. Aku ingin memeluk dan ingin dipeluk Fredy dengan kuat. Kepalaku disandarkan kepada bahu Fredy. Fredy kemudian beraksi dengan mencium pipi dan bibirku dengan hangat juga. Dipeluknya aku dengan erat dan aku begitu bersemangat melakukan hal yang sama.

Saat itu, Fredy yang justru berkata: “Kayla jangan”. Kata kamu ini bahaya. Tetapi, aku demikian agresif dan membuka satu persatu pakaiannya. Ia juga membuka satu persatu pakaian yang digunakannya. Akhirnya, kami berdua menjadi telanjang dan bergumul di sebuah kasur empuk layaknya suami istri. Aksi itu, baru berakhir, ketika aku dan Fredy sama-sama puas. Kebahagian itu tak pernah aku miliki. Aku juga berkata: “Terima kasih Ka Fredy. Aku sangat bahagia”. Sambil mencium bibir Kayla dengan lembut, Fredy-pun mengatakan hal yang sama, terima kasih kepadaku .”

Bercak Darah Keprawanan

Ketika mereka bangun, di Sprey putih terdapat beberapa bercak darah merah. Itulah darah keperawanan Kayla. Kayla berkata: Lihatlah kesucian cintaku. Itulah darah keperawananku yang kuberikan hanya untuk kamu. Dan kamulah yang mengambilnya. Mereka tersenyum bahagia. Aku meminta idzin untuk mandi. Akhirnya, kami berdua mandi bersama. Kami saling membersihkan tubuh masing-masing. Lalu aku pamit minta pulang dan dianter Fredy dengan penuh semangat. By. Charly Siera — Bersambung.

  1. Nita Anita, berkata

    Berdasarkan novel candu asmara part 2 yang saya baca. Pentingnya adanya keterbukaan serta saling memahami satu sama lain, yakni salah satunya agar tidak terjadi hal negatif yang tidak diinginkan, begitupun pentrasferan pendidikan dari orang tua ke anak secara hati ke hati itu sangatlah penting. Agar tumbuh kembang anak berproses dan hasilnya baik.

  2. Andriyani berkata

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Setelah saya membaca novel candu asmara remaja part 2 ini saya pribadi sudah mulai mengetahui dan memahami atau sudah mulai jelas awal kejadian yang terjadi pada kasus keluarga ini, nah ini kenapa harus adanya keterbukaan serta saling memahami satu sama lain, salah satunya agar tidak terjadi hal negatif yang tidak diinginkan, begitupun pentrasferan pendidikan dari orang tua ke anak secara hati ke hati itu sangatlah penting sekali, kerena itu bisa menjadi kontrol bagi pribadi emosional seorang anak

  3. Dede Chrismaylindra MPI A semester 3 berkata

    Assalamualaikum
    Keadaan keluarga sangatlah berpengaruh terhadap tingkah laku / perkembangan psikis remaja. Apabila keadaan orang tua tidak harmonis maka perkembangan psikis anak akan terganggu dan anak cenderung mencari kesenangan di luar. Karena anak merasa orang tua tidak memberi kasih sayang, sehingga anak mencari pelampiasan dengan cara bergaul secara bebas.

  4. Reza Fawziyyah MPI A semester 3 berkata

    Assalamualaikum
    Dalam part ini sudah jelas alasan mengapa kayla terjerumus pada pergaulan bebas, yaitu karena kurangnya kasih sayang yang diberikan orang tuanya sehingga dia mencari seseorang yang mampu memberikannya kasih sayang yang lebih dibandingkan orang tuanya. Orang tuanya mungkin karena mereka terlalu sibuk atau bahkan tidak begitu peduli mengenai anak-anak mereka. Kegagalan mereka untuk mengawasi anaknya dapat membuat anak merasa terpencil dan diasingkan. Orangtua yang semacam ini seringkali tidak terlibat dalam mengasuh anak dan sering hidup terpisah dari anak-anak mereka. Orangtua ini hanya mengajarkan anak-anak mereka bagaimana untuk hidup, tetapi tidak mengajarkan bagaimana caranya untuk bertahan hidup.

  5. M fatkhurizqo MPI B SMT 3 berkata

    Kalo sudah melihat novel ini sangat memperhatinkan karena pergaulan yang tidak baik disini orang tua sangat penting untuk membimbing anaknya agar tidak terulang lagi di kelurganya

  6. haniza mariana berkata

    Menuru saya di part 2 ini adalah penyesalan itu datangnya pasti di akhir dan orang tua itu memang tugasnya mendidik anaknya dengan baik tapi jika si anak sudah di beri penringatan tapi tidak di drngarkan jangan salahkan orang tua salahkan diri kamu sendiri kenapa kamu berpacaran sampai melanggar norma agama.. Bpacaran yang baik itu harus dilandaskan dengan iman dan harus mencintai karna allah.. Agar tidak terjadi hubungan seksual

  7. Muhamad Hananda berkata

    Di dalam novel ini peran keluarga sangatlah penting dalam mendidik anaknya agar anaknya itu tidak terjerumus kedalam hal-hal yg negatif ,karena pendidikan keluarga merupakan pendidikan yg pertama yg diberikan oleh orang tua kepada anaknya ,seperti pendidikan. Moral, akhlak ,sopan santun, dan agama.

  8. FATLIKHA WATI berkata

    Assalamualikum wr wb
    Kurangnya kasih sayang dan perhatian orang tua terhadap anak memang sangat diperlukan, pada tahap ini umur belasan tahun para remaja memang sedang mencari jati diri yang sesungguhnya, yang menyebabkan anak bisa saja menghanjurkan martabat orang tua, hal ini yang dilakukan oleh kayla terhadap orang tuanya.
    Oleh karena itu peran orang tua sangat di perlukan, pada dasarnya pendidikan yang pertama dan utama adalah keluarga .jadi mau gak mau orang tua harus berperan penting dalam pendidikan anaknya

  9. Musfiq Hadining Amrullah berkata

    Assalamualiakum wr .wb
    Setelah saya membaca novel candu asmara remaja part 2 kali ini dapat metik pelajaran bahswa pengawasan orang terhadapa anaak nya itu sangat penting apalagi apa anaknya sudah memasuki masa remaja pendidikan tentang sexs pun seharusnya sudah ditanamkan sejak dini mungkin agr ketika menemui lawan jenis tahu batatasan yang perlu diperhatikan .

  10. Rismawati berkata

    Dari novel part 2 ini, orangtua sangatlah menjadi peran utama dan terpenting untuk membangun jiwa seorang anak yang bernorma, berakhlak mulia. seharusnya orangtua menjadi pacuan bukan melalaikan tanggung jawabnya sebagai seorang pendidik. Orangtua memberikan pendidikan agama bagaimana pergaulan yang baik hingga tidak terjerumus dalam pergaulan bebas. Dalam keluarga ini kurangnya pendidikan agama bagi anaknya.

  11. Anton Mulyono berkata

    Alangkah lebih baiknya kita selaku orang tua ketika dihadapkan kepada keputusan yang sulit harus lah orang tua terlebih dulu memberikan kepercayaan kepada anaknya bahwa hal yang mereka lakukan akan lebih baik jika orang tua dan akan saling mengerti satu sama lain dalam memecahkan masalah. Dengan begitu pendidikan pun terjadi dalam proses penyelesaian masalah seperti halnya, keluarga adalah tempat dimana kita saling menasehati satu sma lain.

  12. Danty Adi Sudarno Jafar berkata

    Pelajaran yang saya dapat ialah, seharusnya perempuan bisa menjaga harga dirinya dari laki-laki. Dan orang tua seharusnya bisa membagi waktu untuk anak-anak nya dirumah. Bagi orang tua yang selalu sibuk dengan pekerjaan nya, jangan mensalahkan anak jika anak berubah pergaulannya. Karena anak tersebut mungkin kurang nya perhatian / kurang nya kasih sayang kepada anak nya.

  13. Merlindia Widia Ningsih berkata

    Assalamualikum Wr.Wb
    Dalam novel candu asmara part 2 Ini dapat disimpulkan, bahwa komunikasi antar orang tua dan anak Itu sangat penting, Karena perkembangan anak sangat ditentukan oleh orang tua. Tetapi jika orang tuanya sendiri tidak memperhatikan perkembangan anaknya, maka anak tersebut akan tertutup Dan akan mencari tempat curhatan Diluar.

  14. Nisa berkata

    Assalamu’alaikum..
    Peran pendidikan orangtua dalam keluarga terhadap anaknya benar-benar sangat dibutuhkan. Ketika seorang anak sudah terjerumus dan menyebabkan hancurnya masa depan, orangtua lah yang merasa terpukul, karena telah gagal dalam mendidik anaknya. Sebagai orangtua harusnya lebih memperhatikan anaknya agar tidak adanya suatu kejanggalan terhadap kedua belah pihak, misal keduanya bisa saling terbuka dalam masalah atau hal apapun. Jika sudah seperti itu, dapat membuat keduanya saling berjauhan.

  15. Muhammad Khaaris Baehaqi berkata

    Assalamualaikum.., dri part 2 ini, sbagai orang tua harus memantau anaknya yg sudah beranjak dewasa itu harus di pantau dri sisi jasmani maupun rohani. Di zaman era globalisasi ini dimana pergaulan bebas sudah merajalela terhadap generasi2 muda di negara kita ini, makannya peran dri orang tua itu sangatlahh penting sebagai orang yang pertama memberikan pengetahuan agama. Dan penyesalan itu datangnya terakhir.

  16. Muhammad Ghowtsul Alam berkata

    dalam part 2 ini, dapat disimpulan bahwa dalam kehidupan ini jangan terlalu percaya lebih kepada orang yang baru kita kenal meskipun orang itu mampu dan bisa membuat kita nyaman ketika berada disisinya. karena kita belum mengenal betul bagaimana dan seperti apa sifat seseorang itu. jikalau salah dalam mempercayai seseorang mengkin akibatnya akan yang seperti dialami oleh kayla. solusinya adalah dengan selalu menerapkan nilai dan norma dalam manjalani kehidupannya. serta selalu dalam pengawasan orang tua dan keluarga.

  17. Siti maryatul qibthiyah berkata

    peran keluarga adalah yg paling utama orang tua itu ibaratkan madrasah yg pertamakali akan memberikan pemahan kepada anak.trus juga seorang anak itu harus bisa menjaga nama baik keluarganya d masyarakat,dengan cara perakhlak yg baik.jiga sudah seperti novel d atas kita ambil hikmah dan pelajaran lagi bagi kedepanna dan harus d pertanggung jawabkan karena itu kesalahan dari dirinya,harus tetap menjalani kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya.manusia tidak hanya di uji dari musibahnya saja tapi manusia juga d uji dengan dirinya sendiri.

  18. Siti maryatul qibthiyah berkata

    Disini lemahnya pendidikan/pengetahuan agama terhadap anak tersebut mungkin di karenakan orang tuanya terlalu sibuk dengan urusannya masing-masing.sehingga seorang anak itu tidak memilikk pondasi keimanan untuk bisa mengontrol diri dalam situasi lingkungan yang keras.seharusnya peran orang tua itu sebagai orang yang pertama kali memberikan pendidikan dan pengetahuan agama.peran keluarga adalah yg paling utama orang tua itu ibaratkan madrasah yg pertamakali akan memberikan pemahan kepada anak.trus juga seorang anak itu harus bisa menjaga nama baik keluarganya d masyarakat,dengan cara perakhlak yg baik.jiga sudah seperti novel d atas kita ambil hikmah dan pelajaran lagi bagi kedepanna dan harus d pertanggung jawabkan karena itu kesalahan dari dirinya,harus tetap menjalani kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya.manusia tidak hanya di uji dari musibahnya saja tapi manusia juga d uji dengan dirinya sendiri.

  19. Afni Nursofiya berkata

    Assalam’ualaikum
    Anak adalah suatu amanah yang ditipkan Allah kepada kedua orang tuanya. orang tua memiliki peran yang sangat penting dan tanggung jawab yang besar dalam pendidikan anak. Orang tua harusnya mengerti dan memahami apa yang harus dan wajib dilakukan untuk membimbing dan mendidik anak-anaknya dengan nilai-nilai keislaman.Banyak orang tua yang tega membiarkan anak-anaknya tumbuh jauh dari agama, membiarkan anaknya bergaul dengan orang-orang yang jauh dari ketaatan. Namun alangkah lebih baiknya jika orang tualah yang mengawali dalam memberikan pendidikan agama, bahkan sejak dalam kandungan ibunya.

  20. Wahyuni Wati Nengsi MPI A smt 3 berkata

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Dalam naskah candu asmara part2 ini, bisa dipelajari dari peran orang tua kepada anak sangat penting dan sangat berpengaruh. Orang tua harus bisa lebih membagi waktu pada anak, dan mempunyai jiwa yang bisa memahamu usia anak, agar anak bisa menganggap orang tuanya sebagai “teman” dalam arti, orang yang slalu dekat dengannya, sebagai teman curhatnya, dan tentu akan merasa nyaman.

  21. Vina Rosseliana berkata

    Dari novel tersebut kita bisa mengetahui bahwa peran orang tua sangatlah penting , orang tua tersebut haruslah bisa membagi waktunya untuk anak2nya. Karena fungsi kontrol orang tua itu amat lah penting bagi kepribadian anak. Apalagi jika pada era globalisasi ini dimana berbaurnya laki2 dan perempuan di pandang hal yang wajar. Dalam konteks ini orang tua haruslah tegas untuk mendidik anak nya terutama anak perempuan agar tidak terjadi hal-hal yg tidak diinginkan dan tanamkan nilai2 islami dalam kehidupan sehari-hari agar anak mengerti dan bisa memilah pergaulan yang baik dan buruknya.

  22. Irfan Sahroni berkata

    Peran kedua orang tualah yang sangat penting untuk mendidik anak mulai dari kecil hingga remaja, dan juga harus memperhatikan tingkah laku anak agar tidak jangan terjerumus kepada hal-hal yang negatif. Dan dari pihak keluargalah yang amat terpukul malu bila anaknya mengalami masalah yang sama seperti novel diatas.

  23. Cahya Hadi Kusuma ( T.IPS A/1 ) berkata

    Dalam part 2 ini kita seharusnya tidak mudah percaya dulu kepada orang yang baru kita kenal meskipun oran itu berbuat baik kepada kita bisa saja semua itu hanya akal-akalan belaka yang sudah direncanakan. Orang tua juga harus bisa memperhatikan anaknya apa yang tiap hari anak kerjakan bahwasannya masa remaja adalah masa-masa yang penuh gairah cinta dan masa-masa untuk mencari jati diri sendiri. Orang tua harus bisa mengayomi anaknya untuk menuju kearah baik.

  24. Aji santoso T.IPS A/1 berkata

    Assalamu’alaikum, baik langsung saja pada bagian part 2 dalam nilai pendidikannya ialah disini orang tua harus bisa memberikan teladan dan kebiasan-kebiasan sehari-hari yang baik sehingga dapat dijadikan contoh bagi anaknya dan juga orangtua sebaiknya memperhatikan pendidikan anak-anaknya karena peran orang tua sangat penting dalam proses pendidikan bagi mereka. selain itu dalam konteks lingkungan sosial orang tua wajib untuk mendidiknya agar dapat menjahui lingkungan sosial yang buruk dan berbahaya. seorang anak juga membutuhkan arahan, perhatian, dan pengawasan dari orang tua agar anak tersebut tidak mengarah ke hal-hal yang negatif. karena jika orang tidak memberikan arahan, perhatian, dan pengawasan mungkin moral anak bisa rusak karena pengaruh-pengaruh dari luar. terimakasih, wassalamu’alaikum.

  25. Safa amaliatus saadah berkata

    Segimana orang tua kita kharismatik ataupun tidak jika lingkungan kita kurang baik atau tanpa pengawasan dari orang tua kita bakal terpengaruh apalagi bergaul sma lelaki yang kurang baik, atau lelaki yang tidak mau menjaga kehormatan perempuan lelaki bukan ada sejatinya melainkan hanya nafsu belaka yang tidak bisa di tahan, sealim dan sekuat apapun pedoman agamanya jugah jika di beri godaan seorang wanita pasti akan mau melakukan hal seperti itu apalagi wanitanya malah mempasrahkan dirinya sendiri, lelaki mana yang tidak mau, maka dari itu sebagai wanita kita sangat dianjurkan untuk menjaga kehormatan kita sendiri dan itu sebagai kewajiban muslimah agar tetap menjaganya

  26. Nina Nur'aeni berkata

    assalamualaikum wr.wb
    mengenai novel candu asmara part 2 ini sangat banyak hal yang menjadi acuan kita sebagai calon pendidik pertama dalam keluarga (orang tua). kurangnya kasih sayang dan perhatian orang tua mampu mempengaruhi karakteristik seorang anak. dimana pertumbuhan dan perkembangan karakteristik anak ini sangat ditentukan oleh kita sebagai orang tua. kita sebagai calon orang tua harus lebih selektif dalam mendidik anak kita nanti. selektif disini bukan berarti kita mengekang anak kita tidak boleh melakukan ini dan itu tetapi lebih kepada menjadi “teman” dekat anak kita sendiri agar kelak anak tidak akan mencari teman curhat di luar yang justru akan membuat anak tertutup kepada orang tuanya sendiri. sehingga banyak hal yang anak lakukan diluar dugaan orang tuanya. biasanya seorang anak tretutup terhadap orang tuanya karena malu atau takut atau justru karena kita sendiri yang menjauhkan diri dari anak kita karena sibuk dengan pekerjaan masing-masing sehingga kewajiban kita mendidik anak terabaikan sehingga menyebabkan anak tidak betah berarda dirumah dan memilih keluar untuk mencari apa yang membuatnya nyaman dan bahagia. untuk itu kita sebagai calon orang tua harus mempunyanyi strategi bagaiman agar kita dapat dekat dengan anak kita nantiagar ketika mereka curhat mengenai apapun kita dapat mereka tidak segan dan kita dapat menjadi pendengar juga pemberi solusi yang baik.

  27. Intan Tresna Dwi berkata

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Mendidik adalah kewajiban kedua orangtua bagaimanapun keadaanya tidak boleh mengabaikan pertumbuhan dan perkembangan anak.Apabila seorang anak dibiarkan tumbuh dan berkembang tanpa adanya pengawasan maka anak akan terjerumus kepada hal-hal negatif seperti yang dilakukan tokoh Ferdy, bagaimanapun keluarga adalah institusi pertama tempat pertama dimana seorang anak mengenal lingkungannya, mengenal norma-norma yang ada di masyarakat. Disamping itu penanaman nilai agama sangat penting diberikan agar anak dapat memilah apa yang baik dan yang buruk untuk dirinya. Orangtua harus selalu memberi perhatian dan menjaga komunikasi dengan anaknya agar anak tidak merasa kehilangan kasih sayang dari kedua orangtuanya.
    sekian
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  28. Fitria dewi berkata

    Dalam novel candu asmara remaja part 2 ini. Orang tua harus memperhatikan perkembangan anaknya sehingga anak dapat terawasi atau terkontrol dan anak tetap berada dijalan yang benar. Seseorang jangab gampang mempercayau orang asing yang baru dikenal. Orang yang baru dikenal dipandang baik belum baik belum tentu hatinya baij. Karena kifa belum tau latar belakang orang tersebut. Jadi jangan gamoang terlalu percaya sama orang yang baru dikenal (asing).

  29. Miftahul Janah berkata

    Assalamu’alaikum wr.wb. dalam candu asmara part 2 ini,menunjukan bahwa mendidik anak adalah tanggung jawab orang tua agar anaknya ber akhlak mulia,karena sejatinya orang tua adalah orang yang pertama dan utama dalam mendidik anaknya,apabila orang tua lalai dalam mendidik anaknya maka anak tersebut akan terjerumus dalam pergaulan bebas.

  30. ikbal pauji berkata

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Dalam naskah Candu Asmara Remaja part 2 ini sudah mulai terbuka bagaimana awal kisah kecelakaan ‘moral’ yang dialami kayla. Kita bisa lihat ‘komunikasi’ antara anak dan orangtua itu sangat penting, Saling terbuka dan tanpa egois itu harus terjalin dengan baik, sehingga anak merasa nyaman terhadap orangtuanya sendiri.
    Untuk anak remaja yang masih labil seperti Kayla, Orang tua harusnya lebih peka dengan dunia mereka yang pada masa sedang mencari jati diri, karena Fantasi mereka sedang diatas puncak, Kalau orangtua lengah sedikit -apalagi banyak-, maka kasus2 seperti yang dialami Kayla akan menjadi penyakit masyarakat.
    Kalau sudah terjadi demikian siapa yang terkena aib? Pada intinya orangtua juga bahkan keluarga besar.
    Jadi, Peliharalah keharmonisan dalam lingkup keluarga, jagalah komunikasi yang menyolusi tidak hanya egois pada idealisme satu pihak, Pengertian serta peka pada dunia anak, Jangan merasa bebas tugas ketika kita sebagai orang tua telah berhasil menyekolahkan anak ke sekolah favorit(dsb) dan menyerahkan 100% pendidikan anak pada lingkungan sekolah tanpa menyentuh nurani anak ketika di rumah.

  31. Nurul Faridah berkata

    Kurangnya didikan daei orang tua, kurangnya bimbingan orang tua terhadao anak remajanya,sebab pada masa-masa itu seorang remaja cenderung ingin mencoba hal baru. Jika tidak di beri arahan oleh orang tuanya hal-hal yang tidak di inginkan pun bisa terjadi. Kurangnya saling keterbukaan antara orang tua dengan anaknya, hal ini lah salah satu pemicu tindakan anak yang tidak sesuai dengan norma-norma yang ada.

  32. Milha Nurseha berkata

    Assalamualaikum,,
    Dalam part II ini banyak skali plajaran yang saya dapat baik itu untuk skrang maupun untuk nanti berkluarga,.
    dari hasil analisa saya part ini mengajarkan kepada kita bahwa kita tidak seharusnya mempercayai orang asing yang baru di kenal kita,contohnya pada diri kayla yang terlalu mempercayai fredy,sehingga saat fredy mengajak kayla pada hal yang tidak sepatutnya pun kayla hanya diam,dan juga di dalam part ini mengajarkan bahwasannya sebagai orang tua di zaman skrang tidak boleh lengah dalam memantau anak-anaknya,karena walaupun ada fasilitas yang di berikan itu tidak menjamin anak itu menjadi tidak tercampuri oleh lingkungan bebas diluar sana,,
    sekian
    Wassalamualaikum..

  33. Suyana berkata

    asalamualaikum
    pada part 2 candu asmara ini terdapat hal yang perlu di perhatikan bagi orang tua bagi perkembangan anaknya yang beranjak dewasa perlu adanya bimbingan yang baik dari segi fikiran maupun kerohanian dan bagi seorang anak harus lebih berhati hati dan waspada terhadap ajakan hal hal negatif dari orang orang di sekitar kita jangan hanya melihat keindahan sajatapi harus memikirkn konsekuensinya juga karna penyesalan itu datangnya di aakhir

  34. Dede hidayatulloh berkata

    Ya .. di dalam candu asmara part 2 ini .
    Berisikan bahwa penyesalan itu akan terjadi apa bila suatu hal yang kita kerjakan tidak sesuai dengan kebenaran .
    Dan hal tersebut tidak hanya berdampak pada diri sendiri bahkan orang tua kake nenek dal lain lain atau keluarg itu akan merasakan dampak nya .
    Maka seharusnya berhati hati terhadap hal hal yang tidak baik ..
    Dan di samping itu anak juga harus memiliki bimbingan dari orang tuanya

  35. Maulidiya berkata

    Assalamua’laikum wr.wb
    Pada candu asmara part 2 ini,bahwa perhatian dan pengawasan orang tua sangatlah di perlukan terhadap anak-anaknya,sehingga anak itu merasa dirinya penuh kasih sayang dan kenyamanan dalam keluargan.Agar anaknya tidak akan melakukan hal yang diluar batas,seperti kasus kayla dia merasa dirinya kurang perhatian dan kurangnya komunikasi terhadap orang tuanya sehingga ia terjerumus dalam hal tersebut.orang tua seharusnya mengajarkan agama terhadap anaknya sehingga anak itu bisa memilih mana hal yang baik dan buruk.

  36. lyceum
    lyceum berkata

    Karena itu, fungsi utama orang tua sebenarnya adalah menjaga anak agar tetap berada di jalan yang benar

  37. Nur iqrima Diniyatin Hidayah berkata

    Assalamualaikum
    Dalam candu asmara remaja part 2 ini, saat saya membaca kutipan buku harian yang tertera di atas. Menunjukkan bahwa kurang adanya hal komunikasi antara anak dan orang tua, kurang nya perhatian orang tua terhadap anaknya dan kurang menanamkan pendidikan agama dalam keluarga. Hal ini yang menyebabkan seorang anak dapat melakukan hal yang orang tua tidak tau. Berawal dari yang kecil yang orang tua tidak tahu, hingga hal besar pun dapat mereka lakukan hingga lupa hal akhir nanti yang mereka dapatkan. Seorang anak, tidak akan menutupi hal sekecil apapun jika orangtua peduli, saling komunikasi dan menanamkan hal hal agama atau hal hal yang positif terhadap diri anak tersebut.
    Terimakasih.

    1. lyceum
      lyceum berkata

      Jadi apa kira-kira hikmah yang dapat dipetik jika anda berada dalam posisi seperti ini.

  38. Robi'atul Adawiyah berkata

    Assalamu’alaikum wr. wb
    Bimbingan dan perhatian orang tua sangat diperlukan agar remaja tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif, pendidikan agama yang baik dalam keluarga adalah salah satu contoh perhatian orang tua terhadap anak agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang bermoral. Salah satu faktor yang menyebabkan kayla terjerumus pada hal itu adalah kurangnya pendidikan agama dalam keluarga.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.